Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Tidak Bisa Dicharge

Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Tidak Bisa Dicharge – Sesuai dengan namanya, smartphone merupakan ponsel pintar yang telah bisa menjalankan berbagai macam fungsi mulai dari sebagai sarana hiburan, sebagai alat komunikasi, hingga untuk menunjang pekerjaan ataupun bisnis. Untuk bisa melakukan fungsinya tersebut, tentu saja sebuah smartphone membutuhkan sumber energi yakni dalam bentuk baterai. Baterai sendiri merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada sebuah smartphone karena tanpa adanya baterai, maka smartphone tidak bisa berfungsi.

Seiring dengan waktu di mana Andamenggunakan smartphone, tentu saja daya baterainya akan habis sehingga Andaharus melakukan charging untuk mengisi daya baterainya. Meskipun demikianterkadang smartphone Android mengalami masalah di mana Anda tidak bisa mengisidaya baterainya. Apabila hal ini terjadi, maka tentu saja akan menyebabkanmasalah serius karena Anda tidak bisa lagi menggunakan smartphone jika dayabaterainya habis, pada kesempatan kali ini akan kami ulas beberapa cara untukmengatasi smartphone Android yang tidak bisa dicharge.

Cara Mengatasi Smartphone Android Yang Tidak Bisa Dicharge

1. Restart Smartphone

Hal pertama yang harus dilakukan untuk mengatasi smartphone Android yang tidak bisa dicharge adalah dengan merestart smartphone tersebut. Cara yang satu ini sangat penting untuk dilakukan karena dengan merestart smartphone, maka Anda juga akan mereset semua aktivitas yang sedang berjalan pada sistem sehingga setelah melakukan restart, maka kinerja smartphone bisa berjalan dengan normal.

2. Istirahatkan Smartphone

Cara berikutnya yang juga bisa Anda lakukan untuk mengatasi perangkat Android yang tidak bisa dicharge yakni dengan mengistirahatkan smartphone terlebih dahulu. Perlu Anda ketahui bahwa smartphone yang digunakan secara terus menerus akan membebani kerja prosesor sehingga membuat suhunya menjadi meningkat, oleh karena itulah Anda sebaiknya mengistirahatkan smartphone terlebih dahulu.

3. Membersihkan Ujung Kabel Charger

Anda bisa mengatasi masalah smartphone yang tidak bisa dicharge dengan membersihkan ujung kabel charger, pasalnya masalah yang satu ini juga bisa disebabkan karena kabel charger yang kotor sehingga aliran listrik tidak bisa masuk ke smartphone. Caranya pun sangatlah mudah di mana Anda bisa menggunakan tisu bersih dan menggosok-gosokkannya hingga bersih.

4. Mengganti Kabel Charger

Jika Anda sudah membersihkan ujung kabel charger tetapi masih belum bisa melakukan charging, maka Anda bisa mengganti kabel charger dengan yang baru. Kabel yang rusak tentu saja sudah tidak akan bisa digunakan untuk menghubungkan smartphone dengan sumber listrik. Namun perlu diperhatikan bahwa alangkah baiknya jika Anda mencoba menggunakan kabel charger lain terlebih dahulu untuk memastikannya.

5. Bersihkan Port USB

Perlu Anda ketahui bahwa masalah smartphone yang tidak bisa dicharge bukan hanya disebabkan karena masalah pada kabel maupun adapter chargernya, namun bisa saja masalah tersebut diakibatkan karena port USB yang ada di smartphone sudah kotor. Port USB di smartphone memang sering menjadi sarang debu, Anda bisa menggunakan cotton bud yang lembut untuk membersihkannya.

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah smartphone yang tidak bisa dicharge, maka Anda bisa mengatasinya dengan cara di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *