Cara Praktis Menanam Tanaman Rambat Lee Kuan Yew Untuk Menghiasi Rumah Anda

Cara Menanam Tanaman Rambat Lee Kuan Yew – Anda tentunya pernah atau sering melihat dinding pagar, balkon bahkan atap gedung tinggi dihiasi tanaman hias yang menjuntai dari atas ke bawah. Yap, penggunaan tanaman sebagai tirai hidup ini memang sedang tren beberapa tahun terakhir ini. Tanaman merambat tsb bernama tanaman lee kwan yew.

Tanaman merambat Lee kuan yew merupakan tumbuhan yang cocok sekali dijadikan sebagai pengisi roof garden maupun vertical garden. Alasannya karena tanaman ini cukup rimbun dan memiliki bentuk yang sangat artistik.

Nah bagaimana cara menanam tanaman rambat lee kuan yew? Dan bagaimana cara merawat tanaman merambat penghias rumah tsb? Namun sebelum membahas hal tsb sebaiknya Anda kenali tanaman tsb …

cara menanam tanaman rambat lee kuan yew

cara menanam tanaman rambat lee kuan yew (image: pinterest.com)

Mengenal Tanaman Lee Kwan Yew Sebagai Penghias Gedung dan Pagar

Tanaman Lee Kwan Yew memiliki nama latin Vernonia Elliptica dikenal juga dengan nama Janda Merana. Di luar negeri, tanaman lee kuan yew ini dikenal dengan nama curtain creeper atau vernonia creeper atau Tarlmounia. Tanaman juntai ini aslinya berasal dari negara India, Burma, dan Thailand yang kemudian menyebar ke berbagai belahan dunia.

Apa Saja Manfaat Tanaman Lee Kuan Yew untuk Rumah Anda?

Tanaman Lee Kwan Yew ini memang sangat populer karena dapat menghias rumah ataupun gedung secara alami sehingga tampak natural dan hijau segar. Penggunaan tanaman juntai ini sebagai tanaman hias tanpa harus mengotori dinding atau pagar.

Mengapa Tanaman Rambat Lee Kwan Yew Dipilih Sebagai Tanaman Hias?

Berikut ini alasannya:

  • Tanaman ini mampu hidup subur di berbagai kondisi seperti di bawah terik matahari maupun di tempat yang agak teduh.
  • Perawatan tanaman lee kwan yew sangat mudah, cukup memotong ujung-ujungnya saja agar tetap terlihat rapi.
  • Tidak mengotori atau merusak cat dinding maupun pagar karena akar hanya tumbuh di ujung tanaman yang menancap ke tanah, sementara di setiap ruas batangnya tidak terdapat akar.
  • Warnanya yang hijau segar sangat cocok ditanam untuk menghiasi balkon ataupun pagar.

Berapa Harga Tanaman Harga Tanaman Lee Kuan Yew?

Anda dapat membeli bibit  tanaman lee kwan yew di toko tanaman di dekat rumah Anda ataupun beli tanaman lee kwan yew secara online. Harga tanaman ini bervariasi, namun rata-rata harga 4-20 rupiah per polybag yang berisi 3-4 batang dengan ketinggian 20-60cm.

Kebutuhan tanaman per meternya adalah sekitar 20 polibag tanaman. Namun bila Anda ingin hemat, Anda membeli bibit tanaman secukupnya saja lalu Anda dapat memperbanyak tanaman lee kuan yew ini dengan cara stek batang.

Bagaimana Cara Menanam Tanaman Rambat Lee Kuan Yew?

Tanaman lee kwan yew paling sering ditanam di dinding ataupun pagar bangunan. Walaupun demikian, tanaman vernonia ini dapat juga digunakan untuk menghiasi bagian plafon, dak, jendela, balkon, gerbang, dan lain-lain.

Cara Menanam Lee Kuan Yew

Untuk menaman tanaman rambat lee kuan yew dapat menggunakan pot biasa ataupun pot gantung sebagai wadah penanamannya. Sebetulnya tidak ada aturan khusus mengenai jarak tanam tumbuhan ini, namun biasanya untuk membuat taman vertical yang indah diperlukan sekitar 20 pot yang dibuat dalam 2 baris per meternya. Semakin rapat jarak penanamannya, maka semakin rimbun pula tirai hidupnya. Jarak tanam tanaman rambat ini yang terlalu jauh justru akan seperti sulur-sulur hijau tetapi tidak bisa membentuk tirai dengan sempurna.

Walaupun tanaman lee kwan yew termasuk tanaman yang bandel, namun sebaiknya ditanam di tempat yang mendapatkan sinar matahari langsung agar dapat tumbuh subur.

cara menanam lee kwan yew
cara menanam lee kwan yew (image: javalandscape.com)

Cara Merawat Tanaman Lee Kwan Yew

Perawatan tanaman rambat ini cukup mudah yaitu dengan penyiraman, pemupukan, dan pemangkasan secara rutin.

  • Penyiraman cukup dilakukan setiap hari.
  • Pupuk untuk lee kuan yew cukup NPK daun. Pemupukan dilakukan secara berkala sesuai petunjuk penggunaan di kemasan pemasok.
  • Pemangkasan ujung-ujung dilakukan untuk menjaga agar taman tirai hidupnya tetap rapih dan enak dipandang.

Cara Memperbanyak Tanaman Lee Kuan Yew

Cara menanam tanaman rambat lee kuan yew memang dapat dibilang cukup mudah. Untuk menghemat biaya pembelian tanaman ini, sebaiknya Anda memperbanyak lee kuan yew sendiri di rumah dengan teknik stek batang.

  • Pilih batang tanaman yang cukup tua namun masih sehat.
  • Potong batang tsb dengan cara menyerong.
  • Kurangi daun pada batang tsb hingga disisakan beberapa lembar daun saja. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penguapan pada batang tsb.
  • Celupkan bagian batang yang dipotong tadi ke cairan perangsang penumbuh akar sekitar 5-10 menit sebelum batang tsb ditanam di media tanam atau tanah kebun yang telah disediakan. Pencelupan ke perangsang akar tsb untuk mempercepat tumbuhnya akar. Namun bila tidak ada, cukup langsung tanam saja batang tsb.
  • Tanam 2-3 batang per polibag / potnya.
  • Tempatkan polybag / pot yang berisi batang tsb di tempat yang teduh terlebih dahulu.
  • Siram secukupnya hingga lembap. Penyiraman hanya dilakukan bila media tanam tampak agak kering.

Nah itulah informasi seputar tanaman lee kwan yew dan cara menanam tanaman rambat lee kuan yew yang mudah di rumah. Semoga bermanfaat …

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara memperbanyak tanaman lee kuan yew -cara menanam lee kuan yew -cara stek tanaman lee kuan yew -cara tanam lee kwan yew -media bunga lee kuan yu -memperbanyak li kuan yu -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *