Cara Membuat Telur Kuah Kuning

Apakah Anda bosan dengan menu sarapan yang itu-itu saja? Ingin mencoba sesuatu yang baru dan menarik? Cobalah menikmati kelezatan Telur Kuah Kuning yang lezat ini! Dengan kombinasi sempurna dari kunyit, cabai, dan bumbu-bumbu lainnya, telur lezat ini pasti akan membuat lidah Anda bergoyang. Tidak hanya mudah dan cepat untuk dibuat, tetapi juga memberikan kehangatan dan rasa yang nikmat di tiap suapan. Jadi, siapkanlah bahan-bahan yang diperlukan, ikuti langkah-langkah yang kami sediakan, dan nikmati hidangan istimewa ini bersama keluarga tercinta!

Cara Membuat Telur Kuah Kuning yang Menggugah Selera

Salah satu hidangan yang sangat populer di beberapa negara Asia adalah telur kuah kuning. Telur yang dimasak dalam kuah kuning yang lezat dan kaya rasa ini memberikan sensasi nikmat di lidah. Jika Anda ingin mencoba membuat hidangan ini di rumah, berikut adalah cara sederhana yang dapat Anda ikuti.

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

– 4 butir telur ayam

– 2 sendok makan minyak sayur

– 1 buah bawang putih, cincang halus

– 1 buah bawang merah, cincang halus

– 2 batang serai, memarkan

– 2 daun jeruk, iris tipis

– 1 sendok teh kunyit bubuk

– 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

– 500 ml kaldu ayam

– Garam secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan

1. Pertama-tama, siapkan telur yang sudah bersih. Kocok lepas telur dalam sebuah mangkuk besar. Tambahkan sedikit garam dan aduk hingga rata.

2. Tuangkan minyak sayur ke dalam wajan dan panaskan dengan api sedang. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.

3. Masukkan batang serai dan daun jeruk ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga aromanya tercium.

4. Turunkan api menjadi kecil. Tambahkan kunyit bubuk ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu. Biarkan bumbu matang selama beberapa saat.

5. Selanjutnya, tuangkan larutan tepung maizena ke dalam kaldu ayam. Aduk hingga rata dan tuangkan campuran ini ke dalam wajan. Aduk terus hingga kuah mengental.

6. Setelah kuah mengental, tuangkan telur yang sudah dikocok ke dalam wajan. Aduk perlahan hingga telur tercampur rata dengan kuah kuning.

Baca juga:  Cara Membuat Tongseng Ayam Tanpa Santan

7. Masak hingga telur matang dan kuah kuning terasa lebih kental.

8. Matikan api dan hidangkan telur kuah kuning dalam mangkuk saji.

Anda dapat menambahkan bawang goreng atau daun seledri sebagai garnish untuk memberikan sentuhan tambahan pada hidangan ini. Telur kuah kuning siap untuk dinikmati bersama dengan nasi putih hangat.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat telur kuah kuning yang lezat di rumah. Hidangan ini cocok dijadikan makanan pendamping dalam menu makan sehari-hari atau pada acara khusus bersama keluarga. Selamat mencoba!

Untuk membuat telur kuah kuning yang lezat, pertama-tama siapkan bahan-bahan seperti telur, bawang putih, bawang merah, cabai merah, kemiri, ketumbar, kunyit, air asam jawa, serai, daun jeruk, santan, garam, dan gula. Tumis bawang putih, bawang merah, dan cabai merah sampai harum, lalu tambahkan kemiri, ketumbar, dan kunyit yang telah dihaluskan. Setelah itu, masukkan serai dan daun jeruk, aduk rata. Tuang santan dan air asam jawa, lalu masak dengan api kecil sampai mendidih. Selanjutnya, pecahkan telur ke dalam kuah, beri garam dan gula sesuai selera, aduk perlahan sampai matang. Hidangkan telur kuah kuning ini dengan nasi hangat dan lauk-pauk pilihanmu. Selamat mencoba!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Telur Kuah Kuning

Apa itu telur kuah kuning?

Telur kuah kuning adalah hidangan khas Indonesia yang terbuat dari telur yang dimasak dengan bumbu kuning berupa santan dan rempah-rempah.

Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat telur kuah kuning antara lain telur, santan, serai, daun salam, lengkuas, bawang merah, bawang putih, kunyit, garam, gula, dan minyak goreng.

Bagaimana cara membuat telur kuah kuning?

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat telur kuah kuning:
1. Rebus telur hingga matang, kupas dan sisihkan.
2. Tumis bawang merah, bawang putih, serai, daun salam, dan lengkuas hingga harum.
3. Tambahkan kunyit dan aduk hingga rata.
4. Masukkan santan ke dalam tumisan rempah-rempah, aduk hingga mendidih.
5. Masukkan telur rebus ke dalam santan dan rempah-rempah, masak hingga kuah kuning mengental.
6. Tambahkan garam dan gula secukupnya, aduk rata.
7. Telur kuah kuning siap disajikan.

Baca juga:  Cara Menggoreng Ikan Lele Tidak Lengket

Berapa lama telur kuah kuning bisa disimpan?

Telur kuah kuning bisa disimpan dalam lemari es selama 2-3 hari.

Apa yang bisa dijadikan pendamping telur kuah kuning?

Telur kuah kuning biasanya disajikan dengan nasi putih dan lauk lainnya seperti opor ayam, rendang daging, atau sayur lodeh.

Apakah telur kuah kuning bisa dimakan dalam keadaan dingin?

Telur kuah kuning lebih enak jika dimakan dalam keadaan hangat, tetapi bisa juga dinikmati dalam keadaan dingin sebagai hidangan pelengkap atau cemilan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *