Cara Membuat Gemblong Beras Ketan

Siapa yang tidak menginginkan cita rasa manis dan lezat dari sepotong gemblong beras ketan yang renyah dan gurih? Tidak perlu khawatir, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah! Gemblong beras ketan adalah salah satu jajanan tradisional Indonesia yang terkenal dan digemari banyak orang. Resep ini menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan di pasaran. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, kamu dapat menciptakan camilan lezat ini di dapur sendiri. Yuk, simak cara pembuatan gemblong beras ketan yang praktis dan berhasil ini!

Cara Membuat Gemblong Beras Ketan: Lezat dan Gurih!

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai membuat gemblong beras ketan, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan. Bahan-bahan yang harus disiapkan antara lain:

– 500 gram beras ketan

– 150 ml air matang

– 250 gram kelapa parut kasar

– 250 gram gula merah, serut halus

– 1/2 sendok teh garam

2. Mempersiapkan Beras Ketan

Pertama-tama, rendam beras ketan dalam air selama kurang lebih 1-2 jam. Setelah itu, tiriskan air dan kukus beras ketan selama 30-40 menit hingga matang sempurna. Pastikan beras ketan sudah benar-benar lunak agar gemblong memiliki tekstur yang lezat.

3. Mengolah Gula Merah

Sementara beras ketan dikukus, kita bisa membahas bagaimana mengolah gula merah. Panaskan panci dengan api kecil, kemudian masukkan serutan gula merah. Tambahkan 150 ml air matang dan aduk rata hingga gula merah larut sempurna. Setelah itu, angkat dan saring larutan gula merah untuk menghilangkan kotoran dan serpihan gula yang masih ada.

4. Membuat Adonan Gemblong

Setelah beras ketan matang, angkat dan tuangkan dalam sebuah wadah yang tahan panas. Tambahkan garam dan tuangkan larutan gula merah yang sudah disaring. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna dan adonan memiliki kepadatan yang pas.

5. Membentuk dan Menggoreng Gemblong

Selanjutnya, siapkan loyang datar dan taburi dengan kelapa parut kasar. Ambil sejumput adonan gemblong lalu bulatkan dan pipihkan. Letakkan di atas loyang yang telah diberi kelapa parut. Ulangi langkah ini hingga semua adonan habis.

Baca juga:  Cara Mengurangi Asin Pada Masakan Rendang

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng gemblong hingga kecokelatan dan matang merata. Angkat dan tiriskan gemblong dari minyak.

6. Penyajian Gemblong Beras Ketan

Gemblong beras ketan siap disajikan. Anda bisa menikmatinya dalam keadaan hangat atau dingin. Gemblong ini cocok disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup yang lezat. Rasakan gurihnya beras ketan yang dipadukan dengan manisnya gula merah!

Nah, itulah cara membuat gemblong beras ketan yang lezat dan gurih. Selamat mencoba!

Untuk membuat gemblong beras ketan yang lezat, pertama-tama campurkan beras ketan dengan air sedikit demi sedikit hingga beras terendam. Diamkan selama 4-5 jam. Setelah itu, tiriskan air dan kukus beras ketan selama 30-40 menit hingga matang. Selanjutnya, campurkan beras ketan yang telah matang dengan kelapa parut, garam, dan air daun pandan hingga semua bahan tercampur rata. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil dan gulingkan ke dalam gula merah cair. Goreng bola-bola adonan hingga berwarna kecokelatan. Sajikan gemblong beras ketan ini hangat atau dingin sebagai camilan yang manis dan gurih.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Gemblong Beras Ketan

1. Apa yang dibutuhkan untuk membuat gemblong beras ketan?
– Beras ketan
– Gula merah
– Air kelapa
– Daun pandan
– Minyak goreng

2. Bagaimana langkah pertama dalam membuat gemblong beras ketan?
Langkah pertama adalah mencuci beras ketan sampai bersih, kemudian rendam dalam air selama minimal 4 jam atau semalaman.

3. Apa yang harus dilakukan setelah merendam beras ketan?
Setelah merendam, tiriskan air beras ketan dan kukus dengan menggunakan kukusan sampai matang.

4. Bagaimana membuat larutan gula merah untuk gemblong beras ketan?
Untuk membuat larutan gula merah, potong gula merah menjadi potongan kecil dan larutkan dengan air kelapa serta daun pandan. Panaskan hingga gula merah larut dan menjadi sirup.

5. Apa langkah selanjutnya setelah beras ketan matang?
Langkah selanjutnya adalah menggoreng beras ketan dalam minyak panas hingga berwarna kuning kecokelatan, kemudian tiriskan.

6. Bagaimana cara memberi sentuhan akhir pada gemblong beras ketan?
Setelah digoreng, celupkan beras ketan dalam larutan gula merah, pastikan semua bagian beras ketan terlapisi dengan baik. Angkat dan diamkan sejenak hingga gula merah mengering.

7. Apa yang harus dilakukan dengan sisa larutan gula merah?
Sisa larutan gula merah dapat disimpan dan digunakan untuk penyajian gemblong beras ketan.

8. Bagaimana cara menyajikan gemblong beras ketan?
Gemblong beras ketan dapat disajikan dalam keadaan hangat atau dingin. Anda dapat menyajikannya dengan ditaburi kelapa parut atau langsung disantap.

9. Berapa lama gemblong beras ketan dapat bertahan?
Gemblong beras ketan dapat bertahan hingga 3-4 hari jika disimpan dalam wadah kedap udara.

10. Apakah gemblong beras ketan dapat divariasikan dengan bahan lain?
Ya, gemblong beras ketan dapat divariasikan dengan tambahan kacang tanah, wijen, atau kelapa parut untuk memberikan rasa dan tekstur yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *