Cara Membuat Keripik Gemblong Singkong

Siapa yang tidak suka dengan keripik? Rasanya yang renyah dan gurih membuat kita sulit berhenti mengunyahnya. Namun, tahukah Anda bahwa ada satu jenis keripik yang lebih unik dan menarik, yaitu keripik gemblong singkong? Kombinasi antara rasa manis dan gurihnya membuat segala orang tergoda untuk mencicipinya. Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba membuatnya sendiri di rumah, simaklah resep dan cara pembuatannya berikut ini!

Cara Membuat Keripik Gemblong Singkong yang Gurih dan Renyah

Keripik gemblong singkong adalah salah satu camilan yang digemari banyak orang. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuatnya menjadi pilihan tepat untuk dinikmati saat sedang bersantai. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat keripik gemblong singkong sendiri di rumah, ikuti beberapa langkah berikut ini.

1. Persiapan Bahan

Yang pertama kali perlu Anda siapkan adalah bahan-bahan yang diperlukan. Anda akan membutuhkan singkong segar, gula merah, air, minyak goreng, dan sedikit garam. Pastikan singkong yang Anda pilih dalam keadaan segar dan tidak terlalu tua agar menghasilkan keripik yang enak.

2. Mengupas dan Mencuci Singkong

Setelah semua bahan tersedia, langkah berikutnya adalah mengupas dan mencuci singkong dengan bersih. Singkong diiris tipis-tipis dengan ketebalan sekitar 1-2 mm menggunakan pisau atau alat pengiris.

3. Membuat Caramel dari Gula Merah

Masukkan gula merah dan air ke dalam wadah kemudian panaskan dengan api sedang. Aduk-aduk hingga gula merah larut dan membentuk karamel yang kental. Setelah itu, masukkan irisan singkong ke dalam wadah dan aduk rata dengan menggunakan sumpit kayu atau sendok kayu.

4. Menggoreng Singkong

Setelah singkong terbalur dengan caramel, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Angkat irisan singkong satu per satu dan masukkan ke dalam wajan yang sudah panas. Goreng singkong hingga berubah menjadi kuning keemasan dan terlihat renyah. Pastikan sekali lagi minyak yang digunakan cukup banyak agar singkong bisa terendam sepenuhnya dalam minyak.

5. Menyajikan dan Menyimpan

Angkat keripik gemblong singkong yang sudah matang dan tiriskan dalam wadah berisi tisu dapur. Tunggu hingga keripik dingin dan siap untuk disajikan. Anda bisa menyimpan keripik gemblong singkong dalam wadah kedap udara agar tetap renyah dan tahan lebih lama.

Baca juga:  Resep Buka Puasa Sop Buah Segar dan Nyess di Tenggorokan

Itulah beberapa langkah sederhana untuk membuat keripik gemblong singkong sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang simpel, Anda bisa menikmati camilan yang lezat ini kapanpun Anda mau.

Membuat keripik gemblong singkong sangatlah mudah dan menyenangkan. Pertama, kupas dan iris singkong tipis-tipis. Kemudian, rendam singkong dalam larutan air dan garam selama beberapa menit. Setelah itu, tiriskan dan goreng singkong hingga menjadi kecokelatan. Campurkan gula pasir dan air dalam panci, masak hingga gula larut dan berwarna kecokelatan. Masukkan singkong goreng ke dalam panci, aduk rata hingga rasa sirup gula meresap ke dalam singkong. Terakhir, tiriskan dan biarkan hingga keripik gemblong singkong kering sempurna. Selamat mencoba dan nikmati keripik gemblong singkong yang renyah dan manis ini!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Keripik Gemblong Singkong

1. Apa yang dibutuhkan untuk membuat keripik gemblong singkong?

Kamu membutuhkan singkong, gula merah, air, santan, garam, dan minyak goreng.

2. Bagaimana cara membuat adonan untuk keripik gemblong singkong?

Caranya adalah dengan memasak gula merah, air, santan, dan garam dalam panci hingga gula larut. Selanjutnya, tuangkan adonan ke dalam wadah dan biarkan dingin.

3. Apa yang harus dilakukan setelah adonan dingin?

Setelah adonan dingin, tambahkan singkong yang telah dipotong tipis ke dalam adonan. Pastikan singkong tercampur rata dengan adonan.

4. Bagaimana cara menggoreng keripik gemblong singkong?

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Selanjutnya, goreng keripik gemblong singkong sampai berwarna kecokelatan dan renyah. Angkat dan tiriskan keripik.

5. Bagaimana cara menyimpan keripik gemblong singkong agar tetap renyah?

Untuk menjaga kelezatan keripik gemblong singkong, simpan dalam wadah kedap udara setelah benar-benar dingin. Usahakan juga untuk tidak menumpuk keripik agar tetap renyah.

6. Berapa lama masa simpan keripik gemblong singkong?

Masa simpan keripik gemblong singkong bisa mencapai 1-2 minggu jika disimpan dengan benar dalam wadah kedap udara.

7. Apakah ada variasi rasa untuk keripik gemblong singkong?

Ya, kamu bisa menambahkan bubuk cabe, bawang putih, atau rempah-rempah lainnya ke dalam adonan untuk memberikan variasi rasa pada keripik gemblong singkong.

Baca juga:  Cara Membuat Ayam Goreng Nasi Padang

8. Apakah keripik gemblong singkong dapat disajikan sebagai camilan?

Ya, keripik gemblong singkong sangat cocok dijadikan camilan karena memiliki tekstur yang renyah dan rasa manis gurih.

9. Bagaimana cara mengolah singkong sebelum dimasak?

Singkong perlu dikupas, dicuci bersih, dan dipotong tipis sebelum dimasak untuk membuat keripik gemblong singkong.

10. Apakah keripik gemblong singkong bisa dijadikan oleh-oleh?

Tentu saja, keripik gemblong singkong dapat dijadikan oleh-oleh karena memiliki daya tahan yang cukup lama dan rasanya yang unik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *