Cara Membuat Gemblong Dari Singkong

Apakah Anda pernah mencicipi lezatnya gemblong dari singkong? Jika belum, maka yang Anda butuhkan adalah panduan praktis dalam membuatnya. Ternyata, proses pembuatan gemblong dari singkong tidaklah sulit, dan Anda dapat mencobanya sendiri di dapur rumah. Mulai dari memilih singkong yang tepat hingga mengolahnya dengan bahan-bahan yang sederhana, Anda akan merasakan gurihnya gemblong dari singkong yang hasilnya bisa memanjakan lidah dan perut Anda. Siapkan bahan-bahan dan ikuti langkah-langkah dalam panduan ini, dan Anda akan dapat menikmati hidangan khas yang begitu memikat selera ini.

Cara Membuat Gemblong Dari Singkong

Berbeda dari pisang goreng yang biasa kita temui di pasar, gemblong adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari singkong. Rasanya yang gurih dan renyah membuat gemblong menjadi salah satu jajanan favorit. Tidak hanya lezat, gemblong juga mudah dibuat di rumah. Yuk, simak cara membuat gemblong dari singkong berikut ini!

Bahan-Bahan:

– 1 kg singkong

– 200 gram kelapa parut kasar

– 200 gram gula merah, serut halus

– 100 ml air

– Minyak goreng secukupnya

Langkah-Langkah:

1. Mengolah Singkong

Siapkan singkong yang sudah dikupas kulitnya lalu cuci bersih. Parut singkong menggunakan parutan kasar, lalu peras hingga airnya keluar. Singkong yang sudah diperas kemudian dicampur dengan gula merah yang sudah diserut halus.

2. Membuat Adonan

Tambahkan air sedikit-sedikit pada campuran singkong dan gula merah tadi. Aduk hingga adonan tercampur rata dan tidak terlalu cair atau terlalu kering. Pastikan adonan bisa diambil dengan sendok tanpa terlalu mudah melorot.

3. Menyiram Adonan

Goreng kelapa parut kasar dengan sedikit minyak hingga berubah warna kuning keemasan. Angkat dan sisihkan. Kemudian, panaskan minyak goreng dalam wajan. Gunakan sendok sayur untuk mengambil sejumput adonan singkong lalu siramkan ke dalam minyak panas. Ulangi proses ini hingga semua adonan habis. Goreng gemblong hingga berwarna kecokelatan.

4. Menyajikan Gemblong

Tiriskan gemblong yang sudah digoreng agar minyak berlebih tersisa. Setelah itu, gulingkan gemblong di atas kelapa parut yang sudah digoreng tadi hingga terbalut rata. Biarkan gemblong hingga dingin, lalu hidangkan sebagai camilan atau jajanan tradisional.

Baca juga:  Cara Membuat Mayonaise Putih Telur

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat gemblong dari singkong yang lezat dan menggugah selera. Gemblong ini bisa menjadi teman yang sempurna saat santai di sore hari bersama keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba!

Sebagai seorang praktisi, saya ingin berbagi tentang cara membuat gemblong dari singkong yang lezat. Pertama, kupaslah singkong dan potong menjadi bagian kecil. Kemudian, rebus singkong hingga lunak dan haluskan dengan blender. Campurkan dengan kelapa parut, gula merah, dan sedikit garam sesuai selera. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulatan kecil dang gelap dengan tangan yang sudah diolesi minyak kelapa. Selanjutnya, goreng gemblong hingga kecokelatan dengan api kecil. Sajikan gemblong singkong hangat-hangat sebagai camilan yang lezat. Nikmatilah kelezatannya bersama keluarga dan teman-teman terdekat.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Gemblong Dari Singkong

Apa itu gemblong dari singkong?

Gemblong dari singkong adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari adonan singkong yang digoreng dengan gula kelapa karamel.

Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat gemblong?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat gemblong dari singkong antara lain: singkong, gula kelapa, kelapa parut, air, dan minyak goreng.

Bagaimana cara membuat gemblong dari singkong?

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat gemblong dari singkong:
1. Kupas dan parut singkong yang telah dikupas.
2. Peras singkong parut untuk menghilangkan banyaknya air.
3. Campurkan singkong parut dengan gula kelapa, aduk rata.
4. Bentuk adonan menjadi bulat pipih.
5. Panaskan minyak goreng dalam wajan.
6. Goreng adonan gemblong hingga berwarna keemasan.
7. Angkat dan tiriskan.
8. Gulingkan gemblong dalam kelapa parut.

Apa manfaat mengonsumsi gemblong dari singkong?

Gemblong dari singkong mengandung serat tinggi dari singkong yang dapat membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, kandungan gula kelapa juga memberikan energi yang cepat diserap oleh tubuh.

Berapa lama gemblong dari singkong dapat disimpan?

Gemblong dari singkong dapat disimpan selama 2-3 hari jika disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan di tempat yang sejuk.

Bisakah gemblong dari singkong dijadikan camilan sehat?

Meskipun gemblong dari singkong mengandung gula kelapa yang tinggi, namun jika dikonsumsi dengan porsi yang tepat, gemblong dari singkong tetap bisa dijadikan camilan sehat. Pilihlah gula kelapa organik dan batasi konsumsi gemblong hanya sesekali.

Baca juga:  Cara Membuat Ayam Goreng Ciganea

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *