Cara Membuat Ayam Goreng Ketumbar

Menggoreng ayam dengan citarasa yang berbeda bisa menjadi tantangan bagi para pecinta masakan yang senang bereksperimen. Salah satu resep yang patut dicoba adalah Ayam Goreng Ketumbar, di mana aroma harum dan rasa segar ketumbar akan memanjakan lidah Anda. Tak hanya itu, cara membuatnya pun tidak terlalu sulit sehingga bisa dengan mudah diaplikasikan di dapur rumah. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

Cara Membuat Ayam Goreng Ketumbar yang Lezat dan Aromatik

Jika Anda mencari variasi dalam memasak ayam goreng yang biasa, maka Anda harus mencoba Ayam Goreng Ketumbar. Dengan penambahan bumbu ketumbar yang segar dan aromatik, ayam goreng ini menjadi hidangan yang tak terlupakan. Berikut ini adalah cara mudah untuk membuat Ayam Goreng Ketumbar yang lezat di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

– 600 gram ayam potong sesuai selera
– 3 sendok makan minyak goreng
– 2 sendok teh biji ketumbar, sangrai dan haluskan
– 1 sendok teh serbuk bawang putih
– 1/2 sendok teh merica bubuk
– 1/2 sendok teh gula
– 1/2 sendok teh garam
– 2 sendok makan kecap manis
– 1 batang daun bawang, iris halus
– Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Langkah-langkah Pembuatan Ayam Goreng Ketumbar

1. Pertama-tama, cuci bersih ayam potong dan tiriskan. Sebaiknya gunakan ayam tanpa kulit agar lebih sehat dan rendah lemak.

2. Panaskan 3 sendok makan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan ayam potong ke dalam wajan dan goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Angkat ayam dan tiriskan minyaknya.

3. Dalam wajan yang sama, panaskan 1 sendok makan minyak goreng. Tumis ketumbar yang sudah dihaluskan, serbuk bawang putih, merica bubuk, gula, dan garam hingga harum. Aduk rata.

4. Masukkan ayam goreng kembali ke dalam wajan. Tuangkan kecap manis dan aduk hingga bumbu merata dan ayam terbalut dengan baik.

5. Tambahkan irisan daun bawang dan aduk rata sebentar. Matikan api dan angkat ayam goreng ketumbar dari wajan.

Baca juga:  Cara Membuat Ayam Goreng Lalapan

6. Panaskan minyak goreng secukupnya dalam wajan yang dalam. Goreng ayam goreng ketumbar yang sudah dibumbui hingga kecoklatan dan renyah.

7. Angkat ayam goreng ketumbar dan tiriskan minyaknya. Sajikan selagi hangat dan nikmati dengan nasi putih dan sambal favorit.

Ayam Goreng Ketumbar siap disajikan! Hidangan ini pasti memikat selera Anda dengan aroma ketumbar yang khas dan rasa yang lezat. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep yang sederhana ini di rumah dan rasakan kelezatannya.

Cara membuat ayam goreng ketumbar sangatlah mudah. Pertama, siapkan daging ayam yang sudah dipotong sesuai dengan selera. Kemudian, haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri, dan garam menggunakan blender atau ulekan. Setelah itu, lumuri daging ayam dengan bumbu yang sudah dihaluskan dan diamkan selama beberapa jam agar bumbu meresap. Setelah proses marinasi, panaskan minyak dalam wajan dan goreng ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan. Jika sudah matang, angkat ayam dan tiriskan. Ayam goreng ketumbar siap disajikan dan nikmati dengan nasi hangat serta sambal sebagai pelengkap.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Ayam Goreng Ketumbar

1. Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ayam goreng ketumbar?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ayam goreng ketumbar antara lain daging ayam, ketumbar bubuk, bawang putih, garam, merica, tepung terigu, tepung maizena, telur, dan minyak goreng.

2. Bagaimana langkah-langkah dalam membuat ayam goreng ketumbar?

Langkah-langkah dalam membuat ayam goreng ketumbar adalah sebagai berikut:
1. Potong daging ayam menjadi bagian-bagian yang sesuai.
2. Haluskan bawang putih dan campurkan dengan garam, merica, dan ketumbar bubuk.
3. Lumuri daging ayam dengan campuran bumbu yang sudah dibuat.
4. Diamkan selama beberapa waktu agar bumbu meresap.
5. Siapkan adonan basah dengan mencampurkan tepung terigu, tepung maizena, telur, dan air.
6. Celupkan potongan ayam ke dalam adonan basah.
7. Panaskan minyak dalam wajan.
8. Goreng ayam hingga matang kecokelatan dan renyah.
9. Angkat dan tiriskan ayam goreng ketumbar.

3. Apa keistimewaan dari ayam goreng ketumbar?

Keistimewaan dari ayam goreng ketumbar adalah adanya aroma dan rasa khas dari ketumbar yang melengkapi cita rasa ayam goreng. Ketumbar juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti meningkatkan pencernaan dan anti-inflamasi.

Baca juga:  Cara Membuat Kue Dahlia 1 Kg

4. Bagaimana cara menyajikan ayam goreng ketumbar?

Ayam goreng ketumbar bisa disajikan sebagai hidangan utama yang dapat dinikmati dengan nasi hangat dan sambal sebagai pelengkap. Anda juga dapat menambahkan irisan jeruk nipis atau taburan daun ketumbar segar untuk meningkatkan citarasa.

5. Apakah ada variasi resep ayam goreng ketumbar?

Ya, Anda dapat mengkreasikan ayam goreng ketumbar dengan menambahkan bahan-bahan seperti daun jeruk, serai, atau bumbu lain sesuai selera. Anda dapat bereksperimen dengan bumbu dan rempah-rempah yang berbeda untuk menciptakan variasi rasa yang unik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *