Cara Membuat Sup Brenebon Manado

Jika Anda menggemari hidangan khas Manado yang kaya akan cita rasa, maka Sup Brenebon Manado adalah pilihan sempurna untuk Anda coba. Sup ini tidak hanya lezat, tetapi juga menggugah selera dengan beragam bahan dan rempah-rempah yang digunakan. Dari daging rebus yang terasa empuk hingga kuah yang kaya rasa, Sup Brenebon Manado akan memanjakan lidah Anda dengan sensasi pedas dan gurih yang tak terlupakan. Ingin tahu rahasia cara membuatnya sendiri di rumah? Ikuti panduan berikut dan siapkan diri Anda untuk menyajikan hidangan istimewa ini kepada keluarga tercinta.

Cara Membuat Sup Brenebon Manado

Sup Brenebon Manado merupakan hidangan khas dari daerah Manado yang terkenal dengan cita rasa gurih dan lezatnya. Makanan ini sangat cocok dinikmati saat cuaca sedang dingin atau sebagai hidangan mewah di acara spesial. Untuk Anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut adalah cara membuat Sup Brenebon Manado yang mudah dan praktis.

Bahan-Bahan

– 500 gram tulang sapi
– 200 gram daging sapi, potong dadu kecil
– 50 gram kacang merah, rendam semalam lalu rebus hingga empuk
– 1 buah wortel, potong dadu kecil
– 2 buah kentang, potong dadu kecil
– 3 lembar daun bawang, iris tipis
– 5 butir bawang merah, iris tipis
– 3 siung bawang putih, iris tipis
– 2 batang serai, memarkan
– 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
– 1 buah tomat, potong dadu kecil
– 1 batang daun seledri, iris kasar
– Garam secukupnya
– Merica secukupnya
– Minyak goreng secukupnya
– Air secukupnya
– Sambal cabai hijau (opsional)

Langkah Pertama: Merebus Tulang Sapi

Pertama-tama, rebus tulang sapi dalam panci dengan air hingga mendidih. Setelah mendidih, cuci tulang sapi dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran dan busanya. Rebus kembali tulang sapi dengan air yang bersih hingga mendidih. Proses ini dilakukan untuk mendapatkan kuah kaldu tulang yang jernih dan tidak berbau.

Langkah Kedua: Membuat Bumbu Dasar

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan serai dan daun jeruk, aduk rata. Kemudian masukkan potongan tomat dan aduk hingga tomat sedikit layu.

Baca juga:  Cara Membuat Roti Mawar Kering

Langkah Ketiga: Membuat Kuah Sup

Tuangkan bumbu dasar dan daging sapi yang sudah dipotong dadu ke dalam panci berisi kaldu tulang sapi. Masak dengan api sedang hingga daging sapi empuk. Setelah daging sapi empuk, masukkan kacang merah, wortel, dan kentang. Masak hingga sayuran matang namun tetap renyah.

Langkah Keempat: Menyajikan Sup Brenebon Manado

Sup Brenebon Manado siap disajikan di mangkuk. Taburi dengan irisan daun bawang dan daun seledri. Tambahkan garam dan merica secukupnya untuk penyesuaian rasa. Sup Brenebon Manado dapat dinikmati dengan nasi hangat dan sambal cabai hijau sebagai pelengkap.

Sup Brenebon Manado menjadi hidangan yang populer karena cita rasanya yang unik dan khas. Dengan menggunakan bahan-bahan dan cara yang tepat, Anda dapat membuat hidangan ini di rumah dengan mudah. Selamat mencoba!

Cara membuat Sup Brenebon Manado cukup mudah dan sederhana. Pertama, rebus 500 gram kaki babi dan 200 gram tulang sapi dengan 2 batang serai dan 4 lembar daun salam hingga daging empuk. Selanjutnya, tumis bumbu halus yang terdiri dari 6 siung bawang putih, 6 butir bawang merah, dan 5 buah cabe merah besar dengan sedikit minyak goreng hingga harum. Kemudian, masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan daging, tambahkan 1 sendok teh garam, 1 sendok teh gula, 1 sendok makan kecap manis, dan 1 sendok makan saus tiram. Aduk rata dan biarkan mendidih kembali. Terakhir, sajikan Sup Brenebon Manado dalam mangkuk dengan ditaburi bawang goreng dan seledri cincang. Sup ini nikmat disantap hangat dan dapat dijadikan sebagai hidangan utama yang menggugah selera.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Sup Brenebon Manado

Apa itu Sup Brenebon Manado?

Sup Brenebon Manado adalah sup khas dari Manado yang terbuat dari tulang babi rebus dengan tambahan kacang merah.

Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Sup Brenebon Manado?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Sup Brenebon Manado antara lain: tulang babi, kacang merah, wortel, daun bawang, bawang putih, bawang merah, jahe, cabai merah, dan rempah-rempah seperti lada, pala, dan kayu manis.

Baca juga:  Cara Buat Waffle Guna Kuali

Bagaimana cara memasak tulang babi untuk Sup Brenebon Manado?

Anda dapat merebus tulang babi dalam air mendidih selama kurang lebih 2 jam, lalu buang air rebusan tersebut. Rebus kembali tulang babi dengan air yang baru dan tambahkan bumbu seperti daun salam, serai, dan lengkuas. Masak hingga tulang babi empuk.

Bagaimana cara memasak kacang merah untuk Sup Brenebon Manado?

Rendam kacang merah semalaman dan rebus hingga lunak sebelum digunakan dalam sup. Rebus dalam panci tertutup dengan air secukupnya selama sekitar 1-2 jam atau gunakan rice cooker untuk memasaknya.

Apa saja bumbu yang digunakan untuk menghasilkan cita rasa khas Sup Brenebon Manado?

Bumbu-bumbu yang digunakan dalam Sup Brenebon Manado adalah bawang putih, bawang merah, jahe, cabai merah, lada, pala, dan kayu manis.

Bagaimana cara menyajikan Sup Brenebon Manado?

Sup Brenebon Manado biasanya disajikan panas dan dihidangkan dengan tambahan nasi putih, irisan daun bawang, dan acar timun. Beberapa orang juga menyajikannya dengan sambal untuk menambah rasa pedas.

Bisakah sup ini dijadikan hidangan utama?

Ya, Sup Brenebon Manado bisa dijadikan sebagai hidangan utama karena sup ini mengandung protein dari tulang babi dan kacang merah yang kaya akan nutrisi.

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat Sup Brenebon Manado?

Waktu persiapan dan memasak sup ini biasanya memakan waktu sekitar 2-3 jam tergantung pada kecepatan memasak dan empuknya tulang babi dan kacang merah.

Dapatkah Sup Brenebon Manado disimpan dalam lemari es?

Ya, Sup Brenebon Manado dapat disimpan dalam lemari es selama 2-3 hari. Pastikan untuk menyimpannya dalam kontainer kedap udara dan panaskan kembali sebelum disajikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *