Cara Masak Udang Saus Mentega

Siapa yang bisa menolak kelezatan udang dengan saus mentega yang kaya rasa? Kreasi masakan ini memang sudah terkenal di berbagai dapur, namun tidak ada salahnya untuk mencoba cara memasak udang saus mentega yang unik dan berbeda. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan sedikit sentuhan keahlian, Anda dapat menciptakan hidangan yang menggugah selera ini di rumah. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

Cara Masak Udang Saus Mentega yang Menggugah Selera

Udang merupakan makanan laut yang sangat populer di Indonesia. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang kenyal membuat udang menjadi bahan makanan yang sering diolah menjadi berbagai hidangan. Salah satu hidangan udang yang sangat terkenal adalah Udang Saus Mentega. Dengan citarasa yang kaya dan sedikit pedas, hidangan ini tidak hanya enak, tetapi juga mudah untuk diolah di rumah. Berikut adalah langkah-langkah untuk memasak Udang Saus Mentega yang menggugah selera.

1. Persiapan Bahan-Bahan

Sebelum memasak, pastikan semua bahan-bahan yang diperlukan sudah siap. Anda akan membutuhkan udang segar, mentega, bawang putih cincang, cabai merah, kecap manis, dan saus tiram. Pastikan udang sudah dikupas dan dibuang kepala serta bagian ekornya.

2. Menggoreng Udang

Panaskan sedikit minyak dalam wajan dan tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan udang yang telah dikupas dan goreng hingga berubah warna menjadi merah muda. Pastikan jangan terlalu lama menggoreng udang agar tetap kenyal.

3. Menyiapkan Saus Mentega

Di wajan yang sama, tambahkan mentega dan biarkan meleleh. Setelah itu, masukkan cabai merah yang telah diiris tipis. Tumis hingga cabai merah layu dan memancarkan aroma harum. Kemudian, tambahkan saus tiram dan kecap manis. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

4. Menghidangkan Udang Saus Mentega

Setelah saus mentega matang, tambahkan udang yang sudah digoreng ke dalam wajan. Aduk rata agar udang terbalut dengan saus secara merata. Pastikan setiap bagian udang tergenang saus mentega yang lezat.

5. Hidangkan Udang Saus Mentega dengan Nasi Hangat

Sajikan Udang Saus Mentega di atas piring saji dan nikmati bersama dengan nasi hangat. Anda juga bisa menambahkan irisan daun bawang atau seledri untuk memberikan aroma segar pada hidangan ini.

Baca juga:  Cara Membuat Kulit Molen Renyah Tahan Lama

Udang Saus Mentega sangat cocok dihidangkan sebagai hidangan utama dalam acara makan keluarga atau bahkan sebagai hidangan spesial di hari yang istimewa. Hidangan ini tidak hanya menggugah selera, tetapi juga terlihat cantik dan mengundang nafsu makan. Coba resep ini di rumah dan jadikan masakan ini sebagai hidangan favorit keluarga Anda!

Cara masak udang saus mentega cukup sederhana namun menghasilkan rasa yang lezat. Pertama, bersihkan udang dengan hati-hati dan tiriskan. Kemudian, tumis bawang putih hingga harum dan masukkan udang, aduk hingga berubah warna. Selanjutnya, tambahkan saus mentega, kecap manis, kecap asin, gula, dan sedikit air. Aduk rata dan biarkan meresap selama beberapa menit. Terakhir, sajikan udang saus mentega dengan taburan daun bawang cincang dan saus sambal untuk menambah cita rasa pedas. Nikmati udang saus mentega yang gurih dan mantap ini bersama keluarga atau tamu spesial Anda!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Masak Udang Saus Mentega

1. Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat udang saus mentega?

Bahan-bahan yang diperlukan adalah udang, mentega, bawang putih, bawang bombay, saus tiram, kecap inggris, garam, merica, air, dan daun bawang sebagai garnish.

2. Bagaimana langkah-langkah dalam memasak udang saus mentega?

Langkah-langkahnya adalah:
– Panaskan mentega dalam wajan.
– Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
– Masukkan udang ke dalam wajan dan tumis hingga berubah warna menjadi merah.
– Tambahkan saus tiram, kecap inggris, garam, dan merica. Aduk rata.
– Tuangkan air dan masak hingga saus mengental.
– Angkat udang saus mentega dan taburi dengan daun bawang sebagai hiasan.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak udang saus mentega?

Waktu yang dibutuhkan sekitar 15-20 menit.

4. Apakah udang saus mentega bisa disajikan dengan makanan lain?

Ya, udang saus mentega bisa disajikan dengan nasi putih, nasi goreng, mie, atau sebagai tambahan dalam menu hidangan lainnya.

5. Bagaimana cara memilih udang yang baik untuk masakan ini?

Pilihlah udang segar dengan warna merah cerah dan kulit yang kenyal. Pastikan udang tidak memiliki bau amis atau terlihat berlendir. Usahakan untuk membeli udang yang masih dalam keadaan utuh tanpa kepala dicabut.

Baca juga:  Cara Membuat Martabak Telur Anak-anak

6. Ada alternatif bahan pengganti mentega dalam resep ini?

Anda dapat menggunakan margarin sebagai pengganti mentega dalam resep ini. Namun, rasanya mungkin sedikit berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *