Cara Masak Buncis Wortel Udang

Apakah Anda mencari hidangan sehat yang lezat dan mudah untuk disajikan? Yuk, coba resep Cara Masak Buncis Wortel Udang yang memiliki rasa yang segar dan bergizi tinggi! Perpaduan sempurna antara buncis yang renyah, manisnya wortel, dan cita rasa gurih udang akan membuat lidah Anda terlena. Tidak hanya itu, hidangan ini juga sangat mudah dan cepat untuk disiapkan, sehingga cocok untuk Anda yang sibuk namun tetap ingin menyajikan makanan yang bergizi bagi keluarga tercinta. Selamat mencoba!

Cara Masak Buncis Wortel Udang yang Lezat dan Sederhana

Masak buncis wortel udang merupakan salah satu resep yang cocok untuk dihidangkan sebagai lauk atau menu utama. Kombinasi antara sayuran segar dan udang yang gurih membuat hidangan ini menjadi favorit di rumah dan restoran. Paduan berbagai bahan ini juga menghasilkan cita rasa yang lezat dan sehat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

1. Buncis segar (200 gram)
2. Wortel (2 buah, iris tipis)
3. Udang segar (250 gram, dikupas dan dibuang kepalanya)
4. Bawang putih (3 siung, cincang halus)
5. Daun bawang (2 batang, rajang kasar)
6. Merica bubuk (secukupnya)
7. Garam (secukupnya)
8. Kecap manis (2 sendok makan)
9. Minyak sayur (2 sendok makan)

Langkah-langkah Memasak:

1. Rebus buncis dan wortel dalam air mendidih yang telah diberi sedikit garam. Masak hingga sayuran matang namun masih renyah. Setelah matang, tiriskan dan sisihkan.
2. Panaskan minyak sayur dalam wajan besar. Tumis bawang putih hingga harum dan berubah warna kecoklatan.
3. Masukkan udang ke dalam wajan dan aduk hingga berubah warna menjadi merah muda. Pastikan udang matang sempurna.
4. Tambahkan buncis dan wortel yang telah direbus ke dalam wajan. Aduk rata agar bahan-bahan tercampur dengan baik.
5. Tuangi kecap manis, merica bubuk, dan garam ke dalam wajan. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga bahan-bahan terasa meresap dan matang sepenuhnya.
6. Terakhir, tambahkan daun bawang ke dalam wajan dan aduk sebentar hingga tercampur rata.
7. Angkat dan sajikan buncis wortel udang pada piring saji.

Baca juga:  Cara Buat Mayonaise Tanpa Mixer

Dengan mengikuti resep di atas, Anda dapat menyajikan masakan buncis wortel udang yang lezat dan praktis. Hidangan ini dapat disajikan sebagai lauk pendamping nasi putih hangat atau sebagai hidangan utama yang sehat. Seluruh anggota keluarga akan menyukai cita rasa dan tampilan yang menarik dari masakan ini. Selamat mencoba!

Buncis wortel udang adalah hidangan yang lezat dan sehat. Pertama, siapkan bahan-bahan seperti buncis segar, wortel yang dipotong kecil-kecil, dan udang yang sudah dikupas. Selanjutnya, tumis bawang putih hingga harum, tambahkan udang dan masak hingga berubah warna. Setelah itu, masukkan buncis dan wortel, aduk merata, dan tambahkan sedikit air. Tutup panci dan biarkan semuanya matang selama beberapa menit hingga sayuran menjadi lembut. Paduan tekstur renyah buncis, manisnya wortel, dan kelezatan udang akan membuat hidangan ini menjadi favorit keluarga. Selamat mencoba!+

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Masak Buncis Wortel Udang

1. Bagaimana cara memilih buncis yang baik?

Untuk memilih buncis yang baik, pilihlah buncis yang memiliki warna cerah, kulit yang kencang, dan tidak mengkerut. Hindari buncis yang sudah layu atau berwarna kecokelatan.

2. Bagaimana cara membersihkan buncis?

Cuci buncis dengan air mengalir, buang ujung pangkalnya, dan potong-potong buncis sesuai selera.

3. Bagaimana cara memilih wortel yang bagus?

Pilih wortel yang berwarna oranye cerah, kulit yang halus, dan masih segar. Hindari wortel yang sudah layu atau berwarna kecokelatan.

4. Apakah wortel harus dikupas sebelum dimasak?

Tidak, wortel tidak perlu dikupas sebelum dimasak. Cuci wortel dengan air mengalir dan gosok-gosok kulitnya untuk membersihkannya.

5. Bagaimana cara memilih udang yang segar?

Pilihlah udang yang masih segar dengan ciri-ciri seperti kulit yang transparan, tidak berbau amis, dan masih elastis saat ditekan.

6. Apakah udang harus dikupas sebelum dimasak?

Pilihan ini tergantung selera. Bagi sebagian orang, udang dapat dimasak dengan kulitnya karena memberikan cita rasa yang lebih kaya. Namun, bagi yang tidak menyukai kulit udang, dapat dikupas terlebih dahulu sebelum dimasak.

Baca juga:  Cara Membuat Ayam Goreng Tepung Sasa Serbaguna

7. Apa bumbu yang cocok digunakan untuk masakan buncis wortel udang?

Bumbu yang cocok digunakan untuk masakan buncis wortel udang adalah bawang putih cincang, saus tiram, gula, garam, dan lada. Anda juga bisa menambahkan bumbu lain seperti kecap manis atau cabai sesuai selera.

8. Bagaimana cara memasak buncis wortel udang?

Panaskan minyak di wajan, tumis bawang putih cincang hingga harum. Tambahkan udang dan masak hingga berubah warna. Masukkan buncis dan wortel, tumis sebentar. Tuangkan saus tiram, gula, garam, dan lada, aduk rata. Tutup wajan dan biarkan masakan matang selama beberapa menit. Aduk sesekali hingga bahan matang merata. Sajikan hangat.

9. Apakah buncis wortel udang cocok dijadikan sebagai menu makan siang atau makan malam?

Buncis wortel udang cocok dijadikan menu makan siang atau makan malam. Masakan ini kaya akan vitamin dan protein, sehingga dapat memberikan asupan nutrisi yang baik untuk tubuh.

10. Apa pelengkap yang cocok untuk buncis wortel udang?

Buncis wortel udang dapat disajikan dengan nasi putih hangat sebagai pelengkap utama. Anda juga dapat menambahkan telur dadar atau irisan cabai merah sebagai pelengkap tambahan untuk memberikan variasi cita rasa yang lebih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *