Cara Buat Kue Akar Kelapa Wijen

Ingin mencoba resep kue yang unik dan lezat? Cobalah membuat kue akar kelapa wijen yang pasti akan memukau lidah Anda! Dengan kombinasi antara rasa gurih dari kelapa dan kelezatan wijen yang renyah, kue ini merupakan pilihan yang sempurna untuk disantap saat bersantai di sore hari. Tidak hanya lezat, proses pembuatan kue ini juga sangat mudah dan simple. Yuk, mari kita coba resepnya!

Cara Buat Kue Akar Kelapa Wijen yang Nikmat dan Mudah Dibuat

Bicara tentang kue tradisional, salah satu yang tidak boleh terlewatkan adalah kue akar kelapa wijen. Kue ini memiliki cita rasa manis, renyah, dan tentunya membuat siapa pun yang mencicipinya tergoda untuk mencicipi lebih banyak. Untuk Anda yang tidak ingin repot membeli kue ini di toko, berikut ini adalah cara mudah membuat kue akar kelapa wijen sendiri di rumah.

1. Persiapan Bahan-Bahan

Sebelum mulai membuat kue akar kelapa wijen, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Untuk membuat kue ini, Anda akan membutuhkan akar kelapa, tepung terigu, gula pasir, margarin, wijen, serta garam secukupnya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan alat-alat seperti wadah, panci, pengocok manual, serta loyang yang sudah diolesi margarin.

2. Mengolah Akar Kelapa

Cuci bersih akar kelapa yang telah Anda siapkan. Kemudian, parut halus akar kelapa menggunakan parutan kelapa. Setelah itu, peras akar kelapa parut dengan menggunakan kain bersih untuk mendapatkan santan kelapa yang kental. Jangan lupa untuk menyimpan santan kelapa tersebut dalam wadah terpisah.

3. Membuat Adonan dasar

Siapkan panci di atas kompor, lalu masukkan air, margarin, gula pasir, dan garam. Panaskan panci dengan api kecil hingga margarin larut dan gula pasir tercampur dengan baik. Setelah itu, masukkan tepung terigu secara bertahap sambil terus diaduk agar tidak menggumpal. Aduk adonan hingga mengental dan matang.

4. Menyandingkan Akar Kelapa dan Adonan dasar

Setelah adonan dasar matang, masukkan akar kelapa parut dan santan kelapa yang telah Anda persiapkan sebelumnya ke dalam adonan dasar. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik. Kemudian, diamkan adonan selama sekitar 15 menit agar adonan menjadi lebih padat dan enak saat digoreng.

Baca juga:  Cara Bikin Kembang Goyang Hunkwe

5. Menggoreng Kue Akar Kelapa Wijen

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak cukup panas, ambil adonan sebesar satu sendok makan dan ratakan. Masukkan adonan ke dalam minyak panas dan goreng hingga kedua sisinya berwarna kecokelatan. Lakukan langkah yang sama hingga semua adonan habis.

6. Penyajian

Kue akar kelapa wijen siap disajikan. Anda dapat menambahkan taburan wijen di atas kue sebagai hiasan. Kue ini cocok disantap sebagai camilan saat bersantai atau sebagai hidangan penutup setelah makan.

Demikianlah cara mudah membuat kue akar kelapa wijen. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat kue tradisional yang lezat ini di rumah. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Untuk membuat kue akar kelapa wijen yang lezat, pertama-tama siapkan bahan-bahan seperti akar kelapa parut, kelapa parut, wijen panggang, gula merah, garam, dan tepung terigu. Campurkan semua bahan dan aduk rata hingga menjadi adonan yang kental. Setelah itu, ambil adonan secukupnya dan bentuklah menjadi bulatan kecil. Panggang adonan dalam oven hingga matang dan berwarna kecoklatan. Setelah dingin, kue akar kelapa wijen siap disajikan sebagai camilan yang lezat dan bergizi.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Buat Kue Akar Kelapa Wijen

1. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue akar kelapa wijen?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue akar kelapa wijen antara lain:
– 200 gram akar kelapa, parut
– 100 gram kelapa parut kasar
– 150 gram tepung terigu
– 100 gram gula merah, serut
– 1/2 sendok teh baking powder
– 1/4 sendok teh garam
– 1 sendok makan wijen sangrai
– 200 ml air
– Minyak untuk menggoreng

2. Bagaimana langkah-langkah dalam membuat kue akar kelapa wijen?

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat kue akar kelapa wijen:
1. Campurkan akar kelapa parut, kelapa parut kasar, tepung terigu, gula merah serut, baking powder, garam, dan wijen sangrai dalam sebuah wadah.
2. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kental.
3. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang.
4. Ambil satu sendok adonan dan letakkan dalam wajan dengan jarak antara satu adonan dan adonan lainnya.
5. Goreng adonan hingga kecokelatan dan matang secara merata, kemudian angkat dan tiriskan.
6. Kue akar kelapa wijen siap disajikan.

Baca juga:  Cara Membuat Hunkwe Gula Merah

3. Apa yang menjadi variasi tambahan untuk kue akar kelapa wijen?

Anda dapat menambahkan 50 gram kacang tanah sangrai yang telah dihaluskan sebagai variasi tambahan pada adonan kue akar kelapa wijen.

4. Bagaimana cara menyimpan kue akar kelapa wijen yang sudah dibuat?

Kue akar kelapa wijen yang sudah dibuat dapat disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruangan selama 2-3 hari agar tetap segar dan renyah.

5. Bagaimana cara menghidangkan kue akar kelapa wijen yang sudah siap disajikan?

Kue akar kelapa wijen dapat langsung disajikan sebagai camilan, atau dapat juga dihidangkan dengan secangkir teh atau kopi sebagai pendamping.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *