Cara Membuat Puding Strawberry Susu

Jika Anda pecinta puding dengan rasa yang manis dan segar, maka puding strawberry susu adalah pilihan yang tepat. Gabungan sempurna antara kelembutan puding dengan sensasi manisnya strawberry membuatnya menjadi hidangan penutup yang sempurna. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menikmati kelezatan puding ini tanpa harus repot-repot menggunakan susu sapi. Dalam panduan praktis ini, Anda akan menemukan cara mudah dan sederhana untuk membuat puding strawberry susu yang lezat dan menggoda selera. So, siapkan panci dan ikuti petunjuk berikut!

Cara Membuat Puding Strawberry Susu yang Lezat dan Segar

Jika Anda mencari hidangan penutup yang segar dan lezat untuk keluarga Anda, puding strawberry susu bisa menjadi pilihan yang sempurna. Kombinasi antara tekstur lembut puding dengan rasa manis alami dari buah strawberry akan memanjakan lidah Anda. Tak hanya itu, puding ini juga mudah dibuat dan hanya memerlukan beberapa bahan sederhana. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat puding strawberry susu yang nikmat.

Bahan yang Diperlukan:

  • 300 gram stroberi segar
  • 500 ml susu cair
  • 100 gram gula pasir
  • 2 sendok makan maizena
  • 1 sendok teh bubuk agar-agar
  • Secubit garam

Langkah-Langkah:

1. Pertama, siapkan stroberi segar dan cuci bersih. Setelah itu, potong stroberi menjadi beberapa bagian kecil.

2. Siapkan panci dan tuangkan susu cair ke dalamnya. Tambahkan gula pasir, maizena, bubuk agar-agar, dan garam. Aduk semua bahan hingga tercampur sempurna.

3. Panaskan panci dengan api sedang sambil terus diaduk hingga larutan susu mendidih. Pastikan semua bahan tercampur rata dan gula benar-benar larut.

4. Setelah larutan susu mendidih, tambahkan potongan stroberi ke dalam panci. Masak larutan tersebut dengan api kecil selama sekitar 5-10 menit, atau hingga stroberi menjadi lunak dan meleleh di dalam puding.

5. Setelah stroberi matang, matikan api dan tuangkan adonan puding strawberry susu ke dalam cetakan. Biarkan puding dingin di suhu ruang selama beberapa saat, kemudian pindahkan ke dalam lemari es dan biarkan set selama minimal 2-3 jam.

Baca juga:  Cara Buat Mayonaise Yang Dimasak

6. Setelah puding strawberry susu mengeras, Anda bisa menyajikannya sebagai hidangan penutup yang segar dan lezat. Puding ini bisa dinikmati dalam keadaan dingin atau dicampur dengan potongan stroberi segar sebagai hiasan. Selamat mencoba!

Untuk membuat puding strawberry susu yang lezat, pertama-tama siapkan bahan-bahan seperti susu segar, gula, agar-agar bubuk, saus strawberry, dan beberapa potongan strawberry segar sebagai hiasan. Panaskan susu dengan gula hingga mendidih, lalu tambahkan agar-agar bubuk dan aduk merata. Setelah itu, tuangkan adonan puding ke dalam cetakan dan biarkan dingin. Setelah dingin, tuangkan saus strawberry di atasnya dan beri hiasan strawberry segar. Dinginkan di lemari es selama beberapa jam sebelum disajikan. Nikmatilah puding strawberry susu yang lezat ini sebagai hidangan penutup yang segar dan manis!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Puding Strawberry Susu

Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat puding strawberry susu?

– 500 ml susu cair
– 1 bungkus agar-agar bubuk
– 100 gram gula pasir
– 200 gram strawberry segar
– 1 sendok teh ekstrak vanila

Bagaimana cara membuat puding strawberry susu?

1. Siapkan loyang atau cetakan dengan membilasnya dengan air dingin.
2. Blender strawberry segar hingga halus.
3. Campurkan susu cair, agar-agar bubuk, gula pasir, dan ekstrak vanila dalam panci.
4. Panaskan campuran tersebut dengan api sedang hingga mendidih sambil terus diaduk.
5. Setelah mendidih, matikan api dan tambahkan puree strawberry. Aduk hingga merata.
6. Tuangkan adonan puding ke dalam loyang atau cetakan yang telah disiapkan sebelumnya.
7. Biarkan puding pendingin pada suhu ruang selama beberapa menit.
8. Setelah itu, masukkan puding ke dalam lemari es dan biarkan hingga benar-benar dingin dan set.
9. Puding strawberry susu siap disajikan.

Apakah perlu menggunakan agar-agar bubuk?

Ya, agar-agar bubuk digunakan untuk menyet agar puding mengeras. Jika tidak menggunakan agar-agar, puding tidak akan memiliki tekstur yang lezat.

Dapatkah saya mengganti susu cair dengan susu almond?

Tentu saja, Anda dapat mengganti susu cair dengan jenis susu lain sesuai dengan preferensi Anda, seperti susu almond, susu kedelai, atau susu kelapa. Namun, pastikan untuk menyesuaikan proporsi agar-agar atau bahan pembantu lainnya yang digunakan.

Baca juga:  Cara Buat Tepung Hunkwe Nangka

Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengatur puding?

Biasanya membutuhkan waktu sekitar 2-4 jam untuk puding agar benar-benar mengeras dan mengatur. Namun, jika Anda ingin mempercepat proses pengaturan, Anda dapat memasukkan puding ke dalam lemari es selama 1-2 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *