Tips Mudah dan Aman Membeli Smartphone Android Bekas

Tips Mudah dan Aman Membeli Smartphone Android Bekas – Membeli smartphone bekas terkadang menjadi opsi untuk mendapatkan harga lebih murah. Beberapa smartphone keluaran baru pun sudah ada versi second-nya. Bagi yang senang berburu ponsel bekas, diperlukan kejelian tersendiri dalam membelinya. Karena berasal dari tangan kedua, kita tidak tahu bagaimana keadaan sesungguhnya gadget tersebut. Bisa jadi smartphone sudah di-root atau mengalami service berkali-kali. Dari kondisi inilah kita mesti mengenali smartphone bekas dengan benar.

Dengan cara tersebut, harga yang sebanding pun bisa kita dapatkan. Banyak pembeli yang akhirnya kecewa karena smartphone bekas ini memiliki harga terlalu mahal. Padahal secara kualitas sudah sangat menurun. Maka dari itu diperlukan kejelian tinggi agar memilih smartphone tangan kedua tetap menguntungkan. Mulai dari mengecek body, IMEI, sampai cek harga pasaran. Berikut ini ulasan lebih lanjut untuk tips mudah serta aman dalam membeli smartphone android bekas.

Tips Membeli Smartphone Android Bekas

1. Cek kondisi body hp android

Cek kondisi body smartphone android tersebut. Cek bagian cashing belakang apakah mengalami cacat atau retak. Setelah itu cek juga bagian layar depan. Jangan sampai terdapat goresan. Kondisi body yang masih mulus bisa menjadi patokan dalam membeli smartphone second. Pastikan anda teliti dalam mengecek hal satu ini kemudian beralih ke langkah selanjutnya.

2. Cek segel

Cek bagian belakang smartphone. Jika masih terdapat label segel yang masih baru maka dipastikan smartphone belum pernah masuk tempat service. Jika memungkinkan, buka beberapa komponen yang bisa dibuka manual. Misalnya slot SIM Card. Pastikan proses membuka slot SIM Card tidaklah sulit. Pastikan anda membeli smartphone yang belum pernah masuk tempat service agar barang second tersebut terjamin keawetannya.

3. Cek kelengkapan

Jika hp android second masih memiliki dusbook, charger, baterai dan headset original, maka harga jual second-nya memang lebih tinggi. Namun jika sudah tidak memiliki kelengkapan lainnya, anda bisa menawarnya dengan harga lebih rendah dengan alasan kelengkapannya tidak tersedia. Pastikan kelengkapan ponsel benar-benar original agar harga yang anda bayar tidak berujung kekecewaan.

4. Ketahui harga pasaran

Cobalah browsing dulu tentang tipe HP apa yang akan anda beli. Identifikasi bagaimana spesifikasinya dan cari tahu harga pasaran versi second-nya. Umumnya harga second berkurang 15-45% dari harga baru. Jika smartphone tersebut harga beli barunya 3 juta, kemungkinan harga bekasnya kisaran 1.8-2 juta rupiah. Hal tersebut juga tergantung bagaimana kondisi hp itu sendiri.

5. Cek nomor IMEI

Nomor IMEI bisa dikatakan sebagai identitas sebuah android. Anda bisa mengecek asli tidaknya smartphone melalui nomor tersebut. Jika IMEI di android sesuai dengan di dusbook, maka smartphone bisa dikatakan asli. Ketikan *#06#*untuk mengecek IMEI. Identikan dengan yang ada di dusbook untuk identifikasi nomor IMEI tersebut. Cara satu ini hanya mudah dilakukan jika ponsel second masih menyertakan dusbook nya.

Itu dia sejumlah tips agar membeli smartphone android bekas tetap memberikan kualitas yang optimal. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *