Tips Penting agar Upgrade OS Android Berjalan Lancar

Tips Penting agar Upgrade OS Android Berjalan Lancar – Upgrade operating system sangat perlu untuk berbagai tujuan. Misalnya mengkondisikan kinerja sistem agar sesuai dengan pembaruan aplikasi dan berbagai update yang tersedia. Umumnya sebuah OS Android akan memberikan update layaknya OS yang ada di PC. Pengguna pun disarankan rajin melakukan upgrade agar kinerja smartphone tetap kompatibel sesuai dengan perkembangan yang ada. Namun untuk upgrade sistem, anda memerlukan beberapa persiapan terlebih dulu. Tujuannya agar upgrade berhasil.

Upgrade sistem operasi tidak sama dengan update aplikasi. Jika update aplikasi hanya dilakukan dalam beberapa menit, melakukan upgrade sistem memerlukan waktu lebih lama. Kondisi baterai, kesiapan kuota internet, memori penyimpanan cukup adalah tiga hal wajib untuk persiapan. Karena kurangnya persiapan akan mengganggu proses upgrade dan bisa menyebabkan smartphone mengalami bootlop. Nah berikut ini ulasan selengkapnya untuk tips persiapan upgrade OS Android.

Tips Upgrade OS Android

1. Backup data-data penting

Pada proses upgrade, sistem adakalanya harus melakukan flashing sehingga data di memori internal akan terhapus. Foto, video, musik, dan data-data aplikasi akan terhapus. Maka agar lebih aman, backup semua data penting terlebih dulu. Anda bisa melakukan backup secara manual dengan memindahkan data ke laptop atau menggunakan aplikasi khusus backup yang ada di Play Store.

2. Pastikan ruang penyimpanan cukup

Sisakan ruang penyimpanan antara 1-2 Gb untuk menyimpan firmware upgrade. Ukuran firmware berbeda-beda tergantung tipe serta merk gadget android anda. Untuk lebih amannya sisakan ruang memori internal dengan kapasitas tersebut. Tanpa ruang penyimpanan yang lega, proses upgrade akan mengalami kendala. Atau dikhawatirkan akan gagal di tengah jalan karena terbatasnya kapasitas.

3. Upgrade firmware dari sumber terpercaya

Untuk upgrade OS memang memerlukan firmware. Di internet sendiri banyak sekali link unduhan firmware untuk berbagai jenis smartphone. Banyak custom ROM hasil modifikasi yang berasal dari sumber invalid. Jika anda belum terlalu paham mengenai Root atau custom ROM, gunakan firmware dari pengembang merk android yang anda gunakan. Langsung upgrade dari halaman pengaturan android anda adalah jalan tepat untuk mendapatkan firmware terpercaya.

4. Gunakan koneksi internet stabil

Upgrade OS mengharuskan kita mengunduh firmware berukuran ratusan MB bahkan sampai lebih dari 1 GB. maka dari itu perlu koneksi internet stabil dan kuota yang mencukupi. Anda bisa memanfaatkan Wifi umum untuk menghemat kuota. Namun tetap saja perhatikan bagaimana kondisi kecepatan dan keamanan sumber Wifi tersebut karena akan mempengaruhi keberhasilan upgrade anda.

5. Jaga baterai agar tetap full

Proses upgrade sistem memerlukan waktu lama karena pada dasarnya kita harus mengunduh file berukuran besar. Proses instalasi yang tidak sebentar ini memerlukan sokongan daya baterai yang stabil. Pastikan baterai memiliki daya mencukupi. Karena jika baterai mati maka proses upgrade akan berhenti di tengah jalan dan akan membuat smartphone mengalami bootloop. Maka dari itu usahakan agar baterai smartphone dalam kondisi full.

Itu dia beberapa tips agar upgrade os android anda tetap lancar tanpa kendala. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *