Tips Mengatasi Panas di Smartphone Android

Tips Mengatasi Panas di Smartphone Android – Beberapa kasus smartphone android meledak disebabkan karena over suhunya. Tentu saja bagi pengguna smartphone, kita mesti menjaga agar ponsel tetap awet dan tidak mudah mengalami kerusakan. Salah satu cara paling mudah adalah dengan menjaganya agar tidak mengalami panas berlebih. Panas pada smartphone umumnya disebabkan karena faktor baterai. Baterai yang overcharging, tidak sesuai dengan arus dari charger, hingga meletakannya di tempat yang suhunya tinggi adalah penyebab utama panas pada smartphone.

Mengatasinya sebenarnya sangat mudah. tidak perlu repot install aplikasi karena dengan cara manual pun anda sudah bisa mengatasinya. Yang pertama adalah dengan melakukan antisipasi agar kita tidak terbiasa melakukan overcharging. Selain itu selalu menggunakan perangkat charger yang original juga wajib kita coba. Untuk pemula pun bisa mengatasi masalah satu ini dengan mudah. Berikut ulasan selengkapnya untuk tips mengatasi panas di smartphone android.

Tips Mengatasi Panas di Smartphone

1. Matikan smartphone ketika di-charge

Mematikan smartphone ketika diisi baterainya bertujuan agar arus masuk tetap fokus. Tidak adanya arus keluar secara bersamaan akan membuat kondisi suhu smartphone lebih stabil. Biasakan untuk melakukan hal tersebut. selain menghindari potensi meledak, mematikan ponsel juga bermanfaat memperpanjang umur baterai, terutama baterai tanam.

2. Uninstall aplikasi berat

Beberapa aplikasi justru membuat smartphone over suhunya. Aplikasi dengan kapasitas berat sementara spesifikasi smartphone terbatas membuat kinerja RAM menjadi tertekan. Hal ini akan membuat smartphone selalu memiliki suhu yang tinggi. Maka uninstall aplikasi berkapasitas berat. Sebagai alternatif, gunakan aplikasi versi lite agar kinerja smartphone lebih ringan.

3. Letakan di suhu normal

Jangan dekatkan smartphone di sumber panas. Misalnya ketika sedang memasak anda tak sengaja meletakannya dekat rice cooker, kompor, dsb. Selain itu pastikan ponsel tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Suhu luar yang normal akan berpengaruh pada suhu dalam smartphone. Dengan kebiasaan meletakan ponsel di suhu normal, perangkat pun menjadi lebih awet.

4. Jauhkan dari medan magnet

Medan magnet dari perangkat elektronik, ponsel lain, dsb yang berdekatan dengan smartphone akan memberikan reaksi tertentu. Misalnya ausnya komponen karena tarik menarik, hingga rusaknya sirkuit aliran listrik karena medan magnet tersebut. Maka dari itu jauhkan selalu smartphone dari medan magnet. Tujuan lainnya agar suhu smartphone tetap normal.

5. Gunakan charger original

Charger yang tidak original akan membuat smartphone mengalami kelambatan dalam pengisian. Arus daya yang tidak sesuai kapasitas yang diperlukan membuat suhu smartphone mengalami peningkatan. Maka dari itu selalu gunakan charger original. Jika ingin mengisi dengan powerbank sebaiknya lakukan dalam keadaan darurat saja. Jangan gunakan powerbank sebagai pengisi daya harian ponsel anda.

Itu dia beberapa cara mengatasi dan mencegah panas di smartphone anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *