Kenali Gejala Kampas Rem Habis dengan Tepat

Gejala Kampas Rem Habis – Setiap kendaraan yang diciptakan entah itu motor atau pun mobil pasti akan menggunakan rem cakram. Tanpa adanya rem, saat berkendara mungkin tidak akan ada keamanan jika Anda menggunakannya. Maka dari itu rem pada kendaraan ini digunakan untuk keamanan dan keselamatan saat berkendara.

Jika Anda menggunakan rem cakram, pastilah wajib mengetahui kondisi sistem pengereman tersebut. Apakah rem masih layak untuk digunakan ataukah harus dilakukan pergantian.memang untuk penggunaan rem harus benar-benar diperhatikan, karena bagaimana pun hal ini sangat berhubungan dengan keselamatan Anda jika berkendara ketika di jalan.

Yang harus dilakukan agar dapat mengerti kelayakannya Anda bisa melakukan pengecekan secara rutin dan juga selalu menjaga kebersihan rem. Jangan lupa juga untuk mengetahui kampas rem telah habis atau tidak, karena hal ini sangatlah penting agar kinerja rem semakin optimal.

Lalu, bagaimana sih mengetahui gejala kampas rem habis? Berikut pada artikel ini kami akan membahasnya untuk Anda. maka dari itu, yuk simak artikel berikut ini hingga akhir!!

Gejala Kampas Rem Habis, Apa Saja?

Gejala Kampas Rem Habis

Dibawah ini Cara praktis akan memberikan beberapa gejala kampas rem habis yang bisa Anda ketahui. Adapun beberapa gejalanya sebagai berikut ini:

Saat Mengerem Mulai Menipis

Salah satu gejala kampas rem habis yang bisa Anda ketahui pertama adalah saat mengerem mulai menipis.hal ini dikarenakan rem yang fungsinya kurang maksimal, jadi kinerjanya tidak optimal. Jadi sangat disarankan untuk segera mengganti yang baru demi keselamatan Anda sendiri. karena jika sampai rem tidak berfungsi dengan baik akan sangat berbahaya.

Suara Kampas Rem Berdecit

Yang menjadi salah satu gejala kampas rem habis yang bisa diketahui selanjutnya adalah suara rem kampas yang berdecit. Hal ini berlaku jika Anda sedang berkendara dan tiba-tiba mengerem terdengar suara berdecit, itulah tanda-tandanya jika kampas rem telah habis.
Ini terjadi bisanya karena kondisi rem yang sudah tua sehingga sangat keras dan juga kampas rem yang mulai habis. Jika Anda hanya mendiamkannya, maka lama kelamaan rem cakram akan rusak. Daripada dapat mengganggu pendengaran karena suara rem yang berdecit, Anda bisa langsung menggantinya karena ini juga termasuk dari keamanan Anda sendiri.

Baca juga:  Efek Samping Membiarkan Kampas Rem Motor Habis

Minyak Rem Kurang

Gejala kampas rem habis yang selanjutnya adalah minyak rem yang kurang. Anda bisa melihat minyak rem pada lubang pendeteksi volume minyak. Jika ketinggiannya menurun makan bisa saja itu dikarenakan bocor. Nah untuk rem kampas yang minyak kurang, maka piston kapiler harus lebih menonjol dan nantinya akan menyiksa ruang kosong pada rongga kapiler sehingga rongga yang tidak terisi itu bisa diisikan dengan minyak rem secukupnya. Anda bisa mengeceknya secara rutin nanti agar minyak rem tidak mudah habis.

Penggunaan Rem Terlihat Dalam

Penggunaan rem terasa lebih dalam, hal ini juga menjadi gejala kampas rem habis. Gejala yang satu ini terjadi karena telah membuat piston kapiler lebih menonjol sehingga menciptakan ruang yang besar. Nah jika memang tidak ingin menggunakan rem yang dalam, Anda bisa memberikan minyak rem secara penuh agar tidak terasa saat menginjak rem keras dan dalam.

Itulah beberapa gejala kampas rem habis yang bisa Anda ketahui . Memang untuk rem harus benar-benar diperhatikan, apakah dengan cara dirawat maupun melakukan pengecekan rutin.Hal ini dilakukan agar Anda mengerti jika rem perlu diganti atau tidak, sehingga dalam perjalanan Anda akan aman. Semoga dengan adanya artikel berikut ini dapat berguna dan bermanfaat untuk Anda semua 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *