Cara Root Redmi 5 Plus

 

Sekarang ini, banyak pengguna Redmi 5 Plus yang menginginkan akses penuh dan kebebasan dalam mengoptimalkan smartphone mereka. Jika kamu salah satu dari mereka, maka kamu berada di tempat yang tepat! Dalam artikel ini, kami akan membahas metode yang menarik untuk melakukan rooting pada Redmi 5 Plus. Bersiaplah untuk menemukan cara yang mudah dan efektif dalam mengakses fitur-fitur tersembunyi di smartphone ini.

Inilah Cara Root Redmi 5 Plus yang Mudah dan Aman

Untuk melakukan proses root pada Redmi 5 Plus, pertama-tama pastikan semua data penting sudah di-backup untuk menghindari kehilangan data. Kemudian, aktifkan opsi pengembang di pengaturan dengan cara masuk ke pengaturan – tentang ponsel – ketuk nomor versi sebanyak tujuh kali. Setelah itu, aktifkan opsi OEM unlocking dan USB debugging. Kemudian, download dan instal Mi Flash Tool serta Xiaomi USB Driver di komputer. Selanjutnya, download file TWRP recovery dan Magisk terbaru. Hubungkan Redmi 5 Plus ke komputer menggunakan kabel USB, dan buka Mi Flash Tool. Pilih lokasi penyimpanan file TWRP recovery yang sudah didownload dan klik “refresh” di Mi Flash Tool. Klik tombol “flash” untuk mem-flash TWRP recovery ke Redmi 5 Plus. Setelah selesai, matikan ponsel dan masuk ke mode TWRP recovery dengan menekan tombol volume atas dan tombol power secara bersamaan. Di dalam mode TWRP recovery, pilih “Install” dan pilih file Magisk yang sudah didownload. Klik “Reboot System” setelah selesai. Selamat! Redmi 5 Plus Anda telah berhasil di-root.

1. Mempersiapkan Perangkat

Sebelum mulai melakukan proses rooting pada Redmi 5 Plus, pastikan Anda telah menyiapkan perangkat dan mengaktifkan mode pengembang. Caranya cukup dengan masuk ke Pengaturan > Tentang Ponsel > Ketuk beberapa kali pada “Nomor versi” hingga muncul notifikasi “Anda sekarang telah menjadi pengembang”. Setelah itu, masuk kembali ke menu Pengaturan dan pilih Opsi Pengembang, lalu aktifkan “USB Debugging” dan “OEM Unlock”.

2. Unduh dan Instal Mi Flash Tool

Langkah selanjutnya adalah mengunduh dan menginstal Mi Flash Tool. Anda dapat mendownloadnya dari situs resmi Xiaomi dengan mencari kata kunci “Mi Flash Tool” pada mesin pencarian. Setelah unduhan selesai, ekstrak file dan lakukan instalasi seperti biasa dengan mengikuti petunjuk yang tersedia.

Baca juga:  Cara Menghitung Kebutuhan Elco Power Supply

3. Unlock Bootloader

Untuk dapat melakukan root pada Redmi 5 Plus, Anda perlu melakukan unlock bootloader terlebih dahulu. Caranya adalah dengan mengunjungi situs resmi Xiaomi dan memasukkan akun Mi Anda. Setelah itu, pilih opsi “Unlock Now” lalu ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk memulai proses unlock bootloader. Proses ini akan menghapus semua data pada perangkat, jadi pastikan Anda telah melakukan backup sebelumnya.

4. Instal TWRP Recovery

Setelah bootloader berhasil di-unlock, langkah selanjutnya adalah menginstal TWRP Recovery. Unduh file TWRP Recovery yang kompatibel dengan Redmi 5 Plus di situs web TWRP resmi atau dari forum pengguna Xiaomi. Setelah itu, sambungkan Redmi 5 Plus dengan komputer melalui kabel USB. Buka Mi Flash Tool yang telah diinstal sebelumnya, klik pada “Select” dan arahkan ke file TWRP Recovery yang telah diunduh. Kemudian klik “Flash” untuk memulai proses instalasi.

5. Root Redmi 5 Plus

Setelah TWRP Recovery terpasang, matikan Redmi 5 Plus dan masuk ke mode Recovery dengan menekan tombol Volume Atas + Power secara bersamaan. Pilih “Install” pada menu TWRP dan cari file Magisk yang telah Anda unduh sebelumnya. Pilih file tersebut, lalu geser ke kanan untuk memulai proses flashing. Setelah selesai, kembali ke menu utama dan pilih “Reboot”> “System” untuk mengaktifkan root pada Redmi 5 Plus Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah dan aman melakukan root pada Redmi 5 Plus. Namun, perlu diingat bahwa melakukan root dapat membatalkan garansi perangkat, mengakibatkan kerusakan pada sistem operasi, atau bahkan menyebabkan brick pada perangkat. Oleh karena itu, lakukan root dengan hati-hati dan pahami risikonya terlebih dahulu.

 

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Root Redmi 5 Plus

1. Apa itu root pada Redmi 5 Plus?

Root pada Redmi 5 Plus adalah proses yang memberikan akses penuh kepada pengguna untuk mengontrol dan memodifikasi sistem operasi Android secara mendalam pada perangkat Xiaomi Redmi 5 Plus.

2. Apa manfaat dari melakukan root pada Redmi 5 Plus?

Beberapa manfaat melakukan root pada Redmi 5 Plus antara lain:
– Menginstal aplikasi yang membutuhkan akses root.
– Memodifikasi tampilan dan tema perangkat.
– Memaksimalkan kinerja perangkat dengan menghapus aplikasi bloatware.
– Menghapus batasan dari produsen yang terkait dengan penggunaan perangkat.

Baca juga:  Cara Mengembalikan Getar Hp Android Yang Hilang

3. Apa risiko yang mungkin terjadi saat melakukan root pada Redmi 5 Plus?

Beberapa risiko yang mungkin terjadi saat melakukan root pada Redmi 5 Plus antara lain:
– Garansi perangkat dapat menjadi tidak berlaku.
– Terjadinya kesalahan saat melakukan proses root dapat menyebabkan bootloop.
– Keamanan perangkat dapat terancam oleh aplikasi yang memperoleh akses root secara tidak sah.

4. Bagaimana cara melakukan root pada Redmi 5 Plus?

Berikut adalah langkah-langkah umum untuk melakukan root pada Redmi 5 Plus:
1. Unduh aplikasi root yang sesuai, seperti Magisk atau SuperSU.
2. Salin file root ke memori internal perangkat.
3. Masuk ke Mode Recovery dengan cara matikan perangkat lalu tekan tombol daya bersama-sama dengan volume atas.
4. Pilih opsi “Install” di Mode Recovery dan temukan file root yang telah disalin.
5. Konfirmasikan untuk memulai proses penginstalan.
6. Tunggu hingga proses selesai dan pilih opsi “Reboot System”.

5. Apakah saya dapat menghapus root dari Redmi 5 Plus?

Ya, Anda dapat menghapus root dari Redmi 5 Plus dengan menggunakan aplikasi unroot, seperti Magisk Uninstaller atau SuperSU Uninstaller. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang disediakan oleh aplikasi tersebut untuk menghapus root secara aman.

6. Apakah melakukan root pada Redmi 5 Plus legal?

Secara teknis, melakukan root pada Redmi 5 Plus tidak melanggar hukum. Namun, perlu diingat bahwa melakukan root dapat membatalkan garansi perangkat dan dapat menyebabkan kerusakan pada sistem operasi. Selain itu, menyalahgunakan akses root dengan melakukan tindakan ilegal atau mencuri data orang lain dapat melanggar hukum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *