Begini Cara Praktis Mencegah Nasi Tidak Cepat Basi

Cara Mencegah Nasi Tidak Cepat Basi – Jaman sekarang orang lebih menyukai memasak nasi menggunakan magic com karena praktis dan tidak takut gosong, selain itu nasi akan tetap hangat.

Namun nasi yang dibuat secara instan menggunakan mejikom ini rasanya kurang enak dibandingkan nasi yang dimasak menggunakan dandang atau nasi liwet. Apalagi nasi yang dimasak dengan magic com juga warnanya sering berubah warna menjadi kekuningan sehingga mengurangi selera orang yang mau memakannya dan lebih cepat basi. Nah bagi Anda yang memiliki masalah yang sama, jangan panik dulu, karena ada tips mencegah nasi tidak cepat basi.

cara praktis mencegah nasi tidak cepat basi
Bagaimana caranya agar nasi tidak cepat basi dan berbau?

Baca juga: Resep dan Cara Membuat Nasi Kuning Enak dan Gurih

Beberapa Tips Mencegah Nasi Tidak Cepat Basi

Biasanya nasi kemarin seringkali dibuat nasi goreng. Namun apalah jadinya bila nasi tsb sudah terlanjur basi? Ujung-ujungnya malah terbuang. Nah bagi Anda yang memiliki masalah yang sama, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi nasi yang cepat basi …

1. Gunakan Daun Pandan

Agar nasi tak cepat basi dan berbau, letakan 2 lembar daun pandan pada saat Anda menanak nasi menggunakan rice cooker. Daun pandan akan memberikan bau yang wangi nan menggugah selera. Jumlah daun pandan yang digunakan dapat ditambah atau dikurangi tergantung selera.

2. Gunakan Jeruk Nipis

Belah sebuah jeruk nipis menjadi 2 bagian lalu letakan dalam beras saat menanak nasi. Rasa asam jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab nasi basi.

3. Biarkan Uap Nasi Menghilang Dulu

Cara mencegah nasi tidak cepat basi berikutnya adalah dengan membuang uap airnya terlebih dahulu. Saat nasi sudah matang maka katup rice cooker dari posisi “memasak” akan berpindah ke posisi “menghangatkan”. Angkat nasi dan aduk-aduk merata sampai uap nasi menghilang. Setelah dingin dan tidak ada uap nasi lagi, masukan lagi nasi ke dalam rice cooker dengan posisi katup “menghangatkan” agar nasi tetap hangat. Uap nasi yang terjebak dalam nasi dan rice cooker merupakan media yang tepat untuk pertumbuhan mikroba penyebab basi.

Baca juga:  Cara Praktis Menghilangkan Rasa Pahit Pare

Itulah 3 cara praktis mencegah nasi tidak cepat basi menggunakan rice cooker. Agar nasi tak mudah basi dan berbau, silahkan coba tips sederhana di atas. Selamat mencoba …

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara mencegah nasi agar tidak basi -mencegah nasi basi -cara agar nasi tidak basi -cara mencegah agar nasi tidam cepat basi -pencegahan masi agar tidak basi -Mencegah nasi agar tak basi -cara menghindari nasi basi -cara mengatasi nasi agar tdk cepat basi -cara mencegah agar nasih tidak cepat basi -cara mencegah agar nasi tak cepat basi -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *