Cara Menjaga Performa Motor Matic Saat Musim Hujan

Cara Menjaga Performa Motor Matic Saat Musim Hujan – Saat musim hujan, pasti haruslah memiliki tenaga ekstra untuk menjaga dan merawat motor. Terutama pengguna motor matic haruslah sangat ekstra. Ini karena motor matic sangat mudah sekali mogok jika harus berhubungan dengan banjir dan hujan.

Biasanya motor yang mogok akibat musim hujan ini salah satu komponennya kemasukan air dan mengakibatkan pengapian tersendat. Maka tak heran jika ada motor matic yang mogok di pinggir jalan karena penyebab utamanya dan menjadikan performa motor matic ini buruk jika saat musim hujan.

Lalu bagaimana sih cara menjaga performa motor matic saat musim hujan? berikut ini kami akan mengulas untuk Anda. Yuk, simak hingga akhir yah!

Cara Menjaga Performa Motor Matic Saat Musim Hujan, Bagaimana?

Cara Menjaga Performa Motor Matic Saat Musim Hujan

Dibawah ini Cara praktis akan memberikan beberapa cara menjaga performa motor matic saat musim hujan yang bisa Anda terapkan nantinya. Adapun beberapa caranya sebagai berikut ini:

Perhatikan Busi Sepeda Matic Anda!

Cara menjaga performa motor matic saat musim hujan yang pertama adalah dengan memperhatikan busi. Ini komponen yang sangat penting, karena jika tidak ada busi motor Anda tidak akan menyala. Jadi sebelum motor Anda mendadak mati karena kerusakan busi, rawatlah dengan baik. Apalagi pada musim hujan, busi tidak boleh kemasukan air.

Untuk melakukan perawatan Anda bisa mengantisipasi busi ditutup dengan lakban pada sambungan kabelnya. Hal ini bisa mencegah air tidak masuk ke dalam kabel yang mengakibatkan motor sering matic. Usahakan untuk menggunakan lakban hitam agar lebih ampuh dan tahan lama.

Selalu Menjaga Tekanan Pada Ban

Nah cara selanjutnya untuk menjaga performa motor adalah degan menjaga teknana pada. Jika motor matic Anda telah menerobos banjir periksalah tekanan pada ban ataukah masih layak untuk ditambah atau sudah cukup.
Hal ini dilakukan agar tekanan ban cukup untuk bersentuhan dengan permukaan jalan. Jika tidak ban motor Anda akan cepat gundul dan menjadi tipis. Maka dari itu lakukan penambahan tekanan udara pada ban secara rutin, yah.

Baca juga:  Cara Rawat Kaca Anti-Embun Pada Helm Motor

Memperhatikan Kelayakan Rem Depan Dan Belakang

Memperhatikan kelayakan rem depan dan belakang ternyata perlu lho agar performa motor saat hujan semakin baik. Jika kualitas rem Anda baik maka akan ditunjukan dengan bunyi yang nyaring ketika saat mengerem. Ini bisa terjadi karena kampas rem terkena air, namun Anda jangan khawatir karena adanya bunyi tersebut.

Pastikan Rantai Motor Tertutup

Cara perawatan agar motor matic tetap memiliki performa adalah dengan memastikan rantai motor tertutup dengan rapi. Hal ini agar Anda dapat memastikan jika rantai tidak dapat terkena air maka harus ditutup. Maka air hujan yang memiliki sifat keasaman tinggi tidak dapat mengenai rantai dan resiko rantai berkarat akan berkurang.

Memastikan Filter Udara Tidak Terkena Air

Anda sebelum melewati genangan air periksa dulu apakah genangan terlalu dalam atau tidak. Jika memang terlalu dalam Anda harus mencari rute jalan lain yang sekiranya tidak ada genangan. Mengapa hal ini harus dilakukan? Karena filter udara pada motor matic umumnya berada di bawah. Jadi ditakutkan filter udara tersebut kemasukan air lalu motor matic mogok, Anda harus memperbaiki dan mengganti filter udaranya. Nah untuk menanggulangi hal tersebut Anda bisa meminimalkan hal tersebut dengan cara diatas. Bagaimana? tidak sulit bukan.

Nah itulah beberapa cara menjaga performa motor matic saat musim hujan yang bisa Anda ketahui. Memang untuk menjaga performa motor agar tetap tahan lama dan berkualitas sangat sulit. Namun jika Anda melakukan cara-cara diatas dengan benar maka motor Anda akan memiliki performa yang baik saat hujan maupun banjir. Semoga degan adanya informasi yang telah kami ulas pada artikel berikut ini dapat berguna untuk Anda semua. Selamat Mencoba!

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

motor matic tidak ada tenaga saat hujan -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *