Cara Mengusir Cicak Dari Rumah Adalah

Siapa yang tidak kesal saat melihat cicak berada di dalam rumah? Selain hewan ini sering dianggap sebagai pembawa sial, kehadirannya juga kerap membuat ketidaknyamanan. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara efektif untuk mengusir cicak dari rumah tanpa harus membunuhnya. Simaklah beberapa tips praktis yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan kedamaian di rumah Anda.

Cara Mengusir Cicak Dari Rumah Adalah Dengan Memanfaatkan Bahan Alami

Para cicak seringkali menjadi hama yang mengganggu di rumah. Selain membuat rumah terlihat tidak rapi, ada juga beberapa orang yang takut atau merasa jijik dengan keberadaan hewan ini. Jika Anda juga mengalami masalah serupa, jangan khawatir! Ada beberapa cara alami yang dapat Anda coba untuk mengusir cicak dari rumah Anda.

1. Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk ternyata memiliki aroma yang tidak disukai oleh cicak. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menempatkan kulit jeruk yang sudah dikeringkan di area yang sering dilalui oleh cicak. Aroma dari kulit jeruk ini akan membuat cicak tidak nyaman dan mendorongnya untuk mencari tempat lain.

2. Menggunakan Bubuk Kopi

Bubuk kopi memiliki bau yang cukup kuat sehingga tidak disukai oleh cicak. Anda dapat menaburkan bubuk kopi di sekitar area yang sering dilalui oleh cicak, seperti di sela-sela jendela atau pintu. Pastikan Anda mengganti bubuk kopi secara berkala untuk hasil yang maksimal.

3. Menggunakan Minyak Peppermint

Minyak peppermint memiliki aroma yang segar dan enak bagi manusia, namun tidak disukai oleh cicak. Campurkan sejumlah tetes minyak peppermint dengan air dalam botol semprot, lalu semprotkan pada area yang sering dilalui cicak. Selain mengusir cicak, minyak peppermint juga dapat memberikan efek relaksasi dan kesegaran pada ruangan Anda.

4. Menjaga Kebersihan Rumah

Salah satu alasan cicak sering masuk ke dalam rumah adalah karena adanya sumber makanan yang mudah dijangkau, seperti remah-remah makanan di dapur. Oleh karena itu, menjaga kebersihan rumah merupakan hal yang sangat penting. Pastikan untuk selalu membersihkan sisa-sisa makanan, baik di dapur maupun di tempat lainnya, serta menjaga kebersihan ruangan secara rutin.

Baca juga:  Cara Mengecat Tembok Yang Benar

5. Menggunakan Jala atau Kertas Lecak

Jika cicak sudah berada di dalam rumah, Anda dapat menggunakan jala atau kertas lecak untuk mengusirnya. Caranya adalah dengan menyapukan jala atau kertas lecak secara perlahan di dekat cicak, lalu secara perlahan angkat hingga cicak tertangkap di jala atau kertas lecak tersebut. Setelah itu, Anda dapat melepaskan cicak di luar rumah dengan hati-hati.

6. Menggunakan Lampu Ultraviolet

Cicak sangat tergoda oleh cahaya ultraviolet. Anda dapat memanfaatkan lampu ultraviolet yang dapat dibeli secara online atau di toko peralatan elektronik. Letakkan lampu ini di tempat yang sering dilalui oleh cicak, seperti di dekat lampu di kamar mandi atau dapur, maka cicak akan tertarik dan terbang menuju lampu ultraviolet tersebut.

Tidak perlu panik jika rumah Anda dihuni oleh cicak. Dengan menggunakan beberapa cara alami dan menjaga kebersihan rumah, Anda dapat mengusir cicak dari rumah Anda dengan efektif dan aman. Selamat mencoba!

Cara mengusir cicak dari rumah bisa dilakukan dengan beberapa metode yang mudah dan aman. Pertama, pastikan kebersihan rumah tetap terjaga dengan membersihkan debu dan kotoran di tempat-tempat yang sering dikunjungi cicak. Selain itu, gunakan bahan alami seperti kulit jeruk, sejumput lada, atau bawang putih yang bisa ditempatkan di area yang sering didatangi cicak. Penggunaan bahan-bahan tersebut akan membuat cicak tidak betah dan akhirnya pergi dari rumah. Jika ingin mencegah cicak masuk ke dalam rumah, maka perbaiki kebocoran atau lubang di dinding dan atap yang bisa menjadi pintu masuk bagi mereka. Terakhir, penggunaan pengusir cicak elektronik juga menjadi pilihan untuk menghadang kedatangan mereka. Dengan melakukan beberapa cara ini, diharapkan dapat mengusir cicak dari rumah tanpa membahayakan mereka atau merusak lingkungan sekitar.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Mengusir Cicak Dari Rumah

1. Apa saja alasan kita perlu mengusir cicak dari rumah?

Cicak dapat meninggalkan najis, telur, kulit, dan bisa merusak tampilan rumah serta membuat ketidaknyamanan.

2. Apakah cicak memiliki peran positif di dalam rumah?

Ya, cicak dapat membantu mengendalikan populasi serangga lainnya seperti nyamuk, lalat, dan kutu.

Baca juga:  Cara Membersihkan Kaca Jendela Dan Cermin Di Rumah

3. Bagaimana cara mencegah masuknya cicak ke dalam rumah?

Cara-cara pencegahan meliputi menutup celah dan retakan di dinding atau jendela, memasang kasa nyamuk pada pintu dan jendela, serta menjaga kebersihan rumah.

4. Apakah ada bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir cicak?

Ya, bahan alami seperti pelepah pisang, kulit jeruk, dan minyak kayu putih dipercaya dapat mengusir cicak.

5. Bagaimana cara membuat perangkap untuk mengusir cicak?

Perangkap sederhana dapat dibuat dengan menggunakan botol plastik yang dipotong dan berisi air atau minyak kayu putih.

6. Apakah penggunaan insektisida aman untuk mengusir cicak?

Penggunaan insektisida harus hati-hati karena bisa berbahaya jika terpapar oleh manusia atau hewan peliharaan. Lebih baik memilih alternatif pengusir cicak yang alami dan aman.

7. Bagaimana mengusir cicak yang bersembunyi di balik perabotan atau sela-sela dinding?

Sela-sela dinding dan perabotan dapat diolesi dengan minyak kayu putih atau bahan pengusir lainnya yang bisa membuat cicak enggan tinggal di sana.

8. Apakah membersihkan rumah secara rutin dapat mengurangi keberadaan cicak?

Ya, membersihkan rumah secara rutin dapat menghilangkan sumber makanan dan tempat persembunyian bagi cicak sehingga mengurangi keberadaannya di rumah.

9. Apakah ada tanaman yang bisa mengusir cicak dari rumah?

Tanaman seperti lavender, mint, dan kemangi dipercaya dapat mengusir cicak karena aromanya yang tidak disukai oleh cicak.

10. Apakah cicak dapat kembali ke rumah setelah diusir?

Ya, cicak dapat kembali ke rumah jika tidak ada langkah pencegahan yang dilakukan. Oleh karena itu, perlu menjaga kebersihan dan melakukan langkah pencegahan secara teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *