Cara Mengusir Cicak Dan Tokek

Pernahkah Anda merasa terganggu dengan keberadaan cicak dan tokek di rumah? Keberadaan serangga ini memang kadang membuat kita merasa tidak nyaman, apalagi jika mereka berada di dinding atau atap yang dekat dengan tempat tinggal. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa cara ampuh untuk mengusir cicak dan tokek secara alami. Dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat, Anda dapat mengusir mereka tanpa perlu repot atau mengeluarkan biaya yang besar. Simaklah tips-tips menarik berikut ini!

Cara Mengusir Cicak Dan Tokek Dengan Mudah

Cicak dan tokek memang sering menjadi hewan yang mengganggu ketenangan di dalam rumah. Mereka sering terlihat berkeliling di dinding atau plafon dan suaranya yang khas juga sering membuat Anda merasa tidak nyaman. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengusir cicak dan tokek dengan mudah. Simaklah beberapa tips di bawah ini.

Menjaga Kebersihan Rumah

Salah satu faktor utama yang bisa membuat cicak dan tokek betah berada di dalam rumah adalah kebersihan yang kurang terjaga. Mereka sangat menyukai tempat-tempat yang kotor dan berdebu. Oleh karena itu, pastikan Anda rutin membersihkan rumah termasuk dinding, plafon, dan sudut-sudut yang sering terabaikan. Dengan menjaga kebersihan rumah, Anda dapat mengurangi kemungkinan tinggalnya cicak dan tokek di dalam rumah.

Memperbaiki Retakan Dinding dan Plafon

Cicak dan tokek biasanya masuk ke dalam rumah melalui retakan kecil di dinding atau plafon. Oleh karena itu, perbaiki semua retakan tersebut dengan menggunakan plester atau cat. Dengan melakukan ini, Anda akan mengurangi kemungkinan masuknya serangga- serangga tersebut ke dalam rumah.

Menggunakan Bahan Alami yang Dihindari Cicak dan Tokek

Nama cicak dan tokek sendiri tentu tidak asing dengan benda-benda yang mengandung bahan alami seperti mentimun, bawang putih, jahe, atau daun pandan. Mereka tidak menyukai aroma bahan-bahan tersebut. Anda bisa menempatkan potongan mentimun atau jahe di tempat-tempat yang sering dilewati cicak dan tokek, seperti di dekat dinding, plafon, atau di sudut-sudut rumah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan daun pandan yang telah dipotong-potong dan diletakkan di berbagai sudut rumah.

Menggunakan Cairan Pengusir Serangga

Jika cara-cara alami tidak berhasil, Anda juga bisa mencoba menggunakan cairan pengusir serangga yang dapat Anda dapatkan di toko-toko atau supermarket. Cairan ini umumnya mengandung bahan kimia yang tidak disukai oleh cicak dan tokek. Anda tinggal menyemprotkan cairan tersebut di tempat-tempat yang sering dilalui oleh hewan-hewan tersebut. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan cairan kimia ini sebaiknya dijaga agar tidak terhirup oleh manusia.

Baca juga:  Cara Pasang Filter Air Purifier Sharp

Pemasangan Jaring di Ventilasi atau Lubang-lubang

Jika cicak dan tokek sering masuk melalui ventilasi atau lubang-lubang kecil di rumah, Anda bisa memasang jaring di tempat-tempat tersebut. Carilah jaring yang berukuran kecil sehingga hewan- hewan tersebut tidak bisa masuk atau keluar. Pasang jaring tersebut dengan rapi sehingga tidak mengganggu tampilan ruangan.

Meredam Pencahayaan

Cicak dan tokek sangat suka cahaya, terutama cahaya yang terang. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba meredam pencahayaan di rumah agar hewan-hewan tersebut tidak tertarik. Gunakan tirai tebal atau gorden yang dapat menahan cahaya dari luar. Dengan cara ini, Anda dapat mengganggu mata cicak dan tokek sehingga mereka merasa tidak nyaman dan memilih pergi.

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, Anda dapat mengusir cicak dan tokek dengan mudah dari rumah Anda. Namun, perlu diingat bahwa semua makhluk hidup memiliki peran dan fungsi di alam, sehingga sebaiknya tidak membunuh hewan-hewan tersebut kecuali jika benar-benar diperlukan. Lebih baik mengusahakan untuk menjaga kebersihan rumah dan mencegah masuknya serangga- serangga tersebut ke dalam rumah dengan cara-cara yang lebih aman dan ramah lingkungan.

Berikut ini adalah beberapa cara mengusir cicak dan tokek dari rumah Anda. Untuk mengusir cicak, Anda dapat menggunakan daun pepaya yang sudah diiris tipis-tipis dan diletakkan di sekitar tempat-tempat yang sering menjadi sarang cicak. Selain itu, memasang lampu bernyala di malam hari dapat membantu mengganggu penglihatan cicak sehingga mereka akan pergi mencari tempat lain. Selain itu, beberapa orang juga menggunakan bahan-bahan alami seperti cengkeh, minyak kayu putih, atau kapur barus yang diletakkan di sekitar daerah yang sering dilewati cicak. Sedangkan untuk mengusir tokek, Anda dapat memasang jaring yang cukup rapat di jendela atau lubang-lubang kecil di dinding sebagai penghalang bagi tokek untuk masuk ke dalam rumah. Memberikan pencahayaan yang cukup di area sekitar rumah juga dapat membuat tokek tidak betah tinggal di situ. Jika dibutuhkan, Anda juga dapat menggunakan pestisida yang aman untuk mengatasi masalah tokek. Semua cara tersebut dapat digunakan sesuai kebutuhan Anda, namun tetap perhatikan faktor kemanan dan lingkungan sekitar.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Mengusir Cicak Dan Tokek

1. Apa saja penyebab cicak dan tokek sering muncul di dalam rumah?

Umumnya, cicak dan tokek sering muncul di dalam rumah karena adanya kelengkapan sumber makanan seperti serangga kecil yang dapat menjadi makanan utama mereka. Selain itu, cuaca panas yang membuat suhu di dalam rumah lebih nyaman juga menjadi faktor penyebab mereka sering terlihat di dalam ruangan.

Baca juga:  Cara Membuat Pagar Pintu Kayu

2. Apakah cicak dan tokek berbahaya bagi manusia?

Tidak, cicak dan tokek sebenarnya tidak berbahaya bagi manusia. Mereka hewan yang bermanfaat karena memakan serangga seperti nyamuk dan kecoak yang dapat menjadi vektor penyakit. Namun, bagi beberapa orang yang memiliki fobia terhadap cicak dan tokek, keberadaan mereka di dalam rumah dapat menjadi mengganggu.

3. Bagaimana cara mengusir cicak dan tokek secara alami?

Berikut adalah beberapa cara alami yang dapat digunakan untuk mengusir cicak dan tokek:
– Menjaga kebersihan rumah, terutama di daerah yang sering mereka mendekati seperti dapur atau ruang makan.
– Memasang jerat serangga atau perangkap dengan umpan yang menarik bagi serangga kecil, sehingga cicak dan tokek akan tertarik untuk memakan serangga tersebut.
– Menggunakan bahan alami seperti daun pandan, kulit jeruk, atau minyak kayu putih yang diketahui tidak disukai oleh cicak dan tokek.
– Memasang tirai berwarna gelap di depan jendela atau lampu yang terang di luar rumah, karena cicak dan tokek cenderung tidak suka dengan cahaya terang.

4. Apakah penggunaan pestisida aman untuk mengusir cicak dan tokek?

Meskipun beberapa pestisida dapat efektif dalam mengusir cicak dan tokek, penggunaannya perlu hati-hati karena dapat berisiko bagi kesehatan manusia dan hewan peliharaan. Sebaiknya, pertimbangkan penggunaan cara alami terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan pestisida. Jika penggunaan pestisida tidak dapat dihindari, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaannya dengan benar dan jauhkan dari jangkauan anak-anak atau hewan peliharaan.

5. Bagaimana cara mencegah kemunculan kembali cicak dan tokek di dalam rumah?

Untuk mencegah kemunculan kembali cicak dan tokek di dalam rumah, Anda dapat melakukan hal-hal berikut ini:
– Menutup rapat celah-celah atau retakan di dinding atau atap rumah yang merupakan akses masuk bagi cicak dan tokek.
– Membersihkan sisa makanan yang tertinggal dengan baik, terutama di dapur atau ruang makan.
– Mengurangi populasi serangga kecil yang menjadi makanan bagi cicak dan tokek dengan menggunakan perangkap atau pestisida yang aman.
– Memastikan pencahayaan di sekitar rumah membuat cicak dan tokek tidak nyaman untuk berkembang biak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *