Cara Menghemat Penggunaan Listrik Di Rumah

Tagihan listrik yang membengkak bisa menjadi mimpi buruk apalagi dengan semakin meroketnya tarif listrik serta pencabutan subsidi listrik dihampir semua tingkat. Penggunaan listrik dengan bijak saat ini adalah salah satu hal yang perlu Anda lakukan demi menghemat pengeluaran bulanan Anda.

Jika saat ini Anda  sudah merasa hemat dalam penggunaan listrik, namun tetap saja mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membayar lsitrik, maka Anda perlu mencoba beberapa tips yang akan kita bahas dalam artikel ini. Apa saja tipsnya ? Ini dia.

# Nyalakan Alat Elektronik Seperlunya

Beberapa orang memiliki kebiasaan meninggalkan barang-barang elektronik dalam keadaan “ON” meskipun tidak sedang menggunakannya. Contoh paling umum adalah TV.  Anda mungkin pernah membiarkan TV Anda menyala terus-menerus meskipun tidak sedang menontonnya, atau mungkin Anda sedang melakukan aktivitas lain.

Sadar atau tidak walaupun terlihat sepele, kebiasaan membiarkan barang elektronik dalam keadaan “on” adalah pemborosan listrik. Barang-barang elektronik seperti televisi memiliki daya yang cukup besar. Oleh karena itu, sebaiknya matikan segala peralatan elektronik saat tidak digunakan.

# Cabut Kabel Dan Peralatan Yang tidak digunakan dari Sumber Listrik

Hal ini berlaku bagi Anda yang punya kebiasaan lupa mencabut kabel-kabel  barang elektronik dari stop kontak setelah digunakan. Tahukah Anda bahwa arus lsitrik akan tetap mengalir pada barang-barang elektronik yang terhubung pada stop kontak walaupun dalam keadaan mati ? Akibatnya, lisrik akan terbuang sia-sia. Sebisa mungkin jangan lupa cabut kabel dari stop kontak bila sudah tidak digunakan.

# Matikan Lampu Di Jam Tertentu

Menyalakan lampu terus-menerus meski di sianghari adalah salah satu bentuk pemborosan listrik. Hanya nyalakan lampu di malamhari saja dan cukup mengandalkan sinar matahari di sianghari.  Apabila rumah Anda dalam kondisi gelap meski di sianghari, usahakan untuk menggunakan atap yang transparan atau membuat lebih banyak lubang cahaya.

Anda juga bisa mengikuti gerakan mematikan 2 lampu pada pukul 17.00 sampai 22.00. Dengan begitu, Anda bisa menghemat penggunaan lsitrik di rumah.

# Gunakan AC Seperlunya

Baca juga:  Cara Root Semua Tipe ASUS Tanpa Menggunakan PC

AC adalah salah satu penyebab utama membengkaknya pembayaran listrik di rumah. Bila tidak digunakan dengan bijak, tagihan listrik bisa membengkak.

Cara bijak menggunakan AC ialah dengan tidak menyalakannya non-stop. Nyalakan AC saat diperlukan saja dan atur suhu ruangan secara wajar. Semakin rendah suhu yang Anda atur, semakin besar pemakaian listrik Anda.

Jangan lupa untuk mematikan AC saat Anda meninggalkan ruangan. Dan atur timer agar AC dimatikan secara otoamtis saat suhu ruangan sudah terasa sejuk.

# Gunakan Kulkas Dengan Bijaksana

Kulkas atau lemari es adalah  barang elektronik yang biasa dinyalakan dalam waktu lama. Bila Anda hendak bepergian, atau tidak ada makanan dan minuman di dalam kulkas, sebaiknya matikan kulkas karena jika tidak, hal ini akan menyedot listrik secara terus menerus.

Selain itu, pengaturan suhu kulkas juga perlu Anda perhatikan. Atur suhu pada level medium, karena semakin rendah suhu kulkas maka semakin tinggi listrik yang tersedot.

# Matikan Alat Elektronik Sebelum Tidur

Tips terakhir yang juga tidak kalah pentingnya yaitu mematikan semua perangkat elektronik yang tidak diperlukan sebelum tidur. Banyak diantara kita yang memiliki kebiasaan membiarkan perangkat elektronik tetap menyala sebelum tidur seperti televisi, lampu, komputer, atau bahkan dispenser pemanas. Untuk itu, pastikan segala perangkat yang tidak diperlukan sudah dalam keadaan mati sebelum Anda tidur.

 

Nah, itu dia beberapa tips yang bisa Anda coba terapkan untuk menghemat pemakaian listrik. Kalau Anda punya tips lainnya, silahkan di-share di kolom komentar.

Semoga artikel ini bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *