Cara Membuat Tempe Penyet Sambal Bawang

Dalam dunia kuliner Indonesia, salah satu hidangan yang tidak bisa dilewatkan adalah tempe penyet sambal bawang. Kombinasi antara tempe yang garing dengan sambal bawang yang pedas dan nikmat membuat hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Bagi para pecinta kuliner yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, simaklah beberapa langkah mudah dalam resep berikut ini!

Cara Membuat Tempe Penyet Sambal Bawang yang Lezat dan Pedas

Siapa yang tidak suka dengan makanan pedas? Salah satu makanan yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia adalah tempe penyet sambal bawang. Dengan kelezatan tempe yang digoreng garing dan pedasnya sambal bawang yang menggoda selera, membuat hidangan ini menjadi favorit di berbagai rumah makan dan warung. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat tempe penyet sambal bawang sendiri di rumah, berikut adalah resepnya.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat tempe penyet sambal bawang:

– Tempe: 250 gram

– Tepung bumbu serbaguna: 2 sendok makan

– Air matang: 200 ml

– Minyak goreng secukupnya

– Bawang merah: 5 butir

– Bawang putih: 2 siung

– Cabe rawit merah: 5 buah (atau sesuai selera)

– Tomat merah: 1 buah

– Garam: secukupnya

– Gula pasir: secukupnya

– Air jeruk nipis: 1 sendok makan

Langkah-langkah Pembuatan Tempe Penyet Sambal Bawang

1. Pertama-tama, potong tempe menjadi beberapa bagian sesuai selera. Kemudian, rebus tempe dalam air mendidih selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, tiriskan dan biarkan hingga tempe benar-benar kering.

2. Selanjutnya, campurkan tepung bumbu serbaguna dengan air matang, aduk hingga rata dan tidak bergerindil. Kemudian, celupkan tempe yang sudah direbus ke dalam adonan tepung tersebut.

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan yang cukup dalam. Goreng tempe yang sudah dicelupkan ke dalam adonan tepung hingga kuning kecokelatan dan renyah. Angkat dan tiriskan.

4. Untuk membuat sambal bawang, haluskan bawang merah, bawang putih, cabe rawit merah, dan tomat menggunakan ulekan atau blender.

Baca juga:  Cara Membuat Martabak Telur Indomie

5. Panaskan sedikit minyak goreng dalam wajan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum dan matang. Tambahkan garam, gula, dan air jeruk nipis, aduk hingga rata dan angkat.

6. Sajikan tempe penyet yang sudah digoreng dengan sambal bawang yang pedas di atasnya. Tambahkan irisan timun dan daun kemangi untuk penyegar rasa.

Demikianlah cara membuat tempe penyet sambal bawang yang lezat dan pedas. Selamat mencoba di rumah dan nikmati sensasi kelezatan hidangan ini bersama keluarga tercinta.

Terima kasih telah membaca artikel ini tentang cara membuat tempe penyet sambal bawang. Semoga panduan yang kami berikan dapat membantu Anda dalam mengolah hidangan yang lezat ini di rumah. Selamat mencoba dan semoga tempe penyet sambal bawang yang Anda buat menjadi favorit keluarga!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Tempe Penyet Sambal Bawang

Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat tempe penyet sambal bawang?

Bahan yang diperlukan untuk membuat tempe penyet sambal bawang antara lain tempe, air, minyak goreng, bawang putih, bawang merah, cabai merah, garam, dan air jeruk nipis.

Bagaimana cara membuat tempe penyet sambal bawang?

1. Pertama, siapkan tempe dan potong-potong sesuai selera.
2. Rebus tempe dalam air mendidih hingga matang.
3. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng tempe hingga kecokelatan.
4. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan cabai merah.
5. Tumis bumbu yang telah dihaluskan dengan minyak hingga harum.
6. Tambahkan garam dan air jeruk nipis ke dalam tumisan bumbu.
7. Aduk rata dan masak hingga matang.
8. Angkat tempe yang telah digoreng, tiriskan, lalu penyetkan menggunakan ulekan atau sendok.
9. Sajikan tempe penyet dengan sambal bawang yang telah matang.

Bagaimana cara menyajikan tempe penyet sambal bawang?

Tempe penyet sambal bawang dapat disajikan dengan nasi panas, irisan mentimun, dan daun selada sebagai pelengkap. Sambal bawang bisa diletakkan di atas tempe atau disajikan terpisah sesuai selera.

Apa keistimewaan dari tempe penyet sambal bawang?

Keistimewaan tempe penyet sambal bawang terletak pada kombinasi tempe yang garing dilumuri dengan sambal bawang yang pedas dan gurih. Tempe penyet ini memiliki cita rasa yang khas dan cocok untuk dinikmati sebagai lauk pendamping nasi.

Baca juga:  Cara Agar Alpukat Cepat Matang Dan Tidak Busuk

Apakah tempe penyet sambal bawang mudah untuk dibuat?

Ya, tempe penyet sambal bawang cukup mudah untuk dibuat. Bahan-bahannya mudah ditemukan dan langkah-langkahnya pun relatif sederhana. Dengan mengikuti resep ini, Anda bisa dengan mudah menikmati tempe penyet sambal bawang di rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *