Cara Membuat Puding Karamel Tanpa Telur

Puding karamel merupakan salah satu hidangan penutup yang begitu populer di Indonesia. Namun, bagi mereka yang tidak dapat mengonsumsi telur, membuat puding ini bisa menjadi tantangan tersendiri. Tapi jangan khawatir, karena saya akan membagikan resep puding karamel tanpa telur yang lezat dan mudah dibuat. Dengan sedikit kreativitas dan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemukan, Anda juga dapat menikmati kelezatan puding karamel ini tanpa harus menggunakan telur. Yuk, simak resepnya!

Cara Membuat Puding Karamel Tanpa Telur yang Lezat

Puding karamel merupakan salah satu hidangan penutup yang sangat populer di Indonesia. Rasanya manis dan lezat, dengan tekstur yang lembut dan karamel yang caramelized memberikan rasa yang kaya dan nikmat. Namun, bagi sebagian orang yang alergi atau tidak menyukai telur, membuat puding karamel bisa menjadi tantangan. Tapi jangan khawatir, di artikel ini kami akan membagikan resep puding karamel tanpa telur yang lezat dan mudah dibuat.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

– 1/2 cangkir gula pasir

– 1 sendok makan air

– 2 cangkir susu cair

– 4 sendok makan tepung maizena

– 1/4 sendok teh garam

– 1/2 sendok teh ekstrak vanili

Cara Membuat:

1. Siapkan panci kecil dan tambahkan gula pasir di dalamnya. Panaskan panci dengan api kecil hingga gula mulai mencair.

2. Setelah gula mencair dan berubah menjadi karamel, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk agar karamel tidak menggumpal.

3. Tuang karamel ke dalam cetakan puding yang sudah disiapkan, ratakan dan biarkan beberapa saat agar karamel mengeras.

4. Selanjutnya, siapkan panci lain dan campurkan susu cair, tepung maizena, garam, dan ekstrak vanili. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

5. Panaskan panci dengan api kecil hingga adonan mendidih sambil terus diaduk agar tidak menggumpal.

6. Setelah mendidih, matikan api dan tuangkan adonan puding ke dalam cetakan puding yang sudah berisi lapisan karamel.

7. Dinginkan puding dalam suhu ruangan hingga benar-benar dingin, lalu simpan di dalam lemari es selama minimal 2 jam atau hingga puding benar-benar beku.

Baca juga:  Cara Membuat Ayam Goreng Padang

8. Setelah puding dingin dan beku, keluarkan dari cetakan dengan hati-hati. Jika susah melepasnya, Anda dapat merendam cetakan dalam air hangat selama beberapa detik untuk membantu melepaskan puding.

9. Hidangkan puding karamel tanpa telur dengan potongan buah segar di atasnya atau dengan tambahan saus karamel untuk tampilan yang lebih menggoda.

Itulah cara membuat puding karamel tanpa telur yang lezat dan mudah. Anda dapat mengubah takaran gula dan susu sesuai dengan selera Anda. Selamat mencoba!

Membuat puding karamel tanpa telur adalah cara praktis dan mudah untuk menciptakan hidangan penutup yang lezat. Campurkan susu, gula, tepung maizena, dan air kemudian masak hingga mendidih. Setelah itu, tambahkan larutan agar-agar dan aduk rata. Tuangkan puding ke dalam cetakan yang telah dilapisi karamel cair, biarkan dingin selama beberapa jam di dalam lemari es. Saat disajikan, puding karamel tanpa telur ini akan memanjakan lidah dengan rasa gurih dan legit yang sempurna. Selamat mencoba!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Puding Karamel Tanpa Telur

1. Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat puding karamel tanpa telur?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat puding karamel tanpa telur antara lain susu cair, gula pasir, tepung maizena, vanili, dan gula pasir untuk membuat karamel.

2. Bagaimana cara membuat karamel untuk puding karamel tanpa telur?

Untuk membuat karamel, panaskan gula pasir dalam panci hingga berubah warna menjadi cokelat keemasan. Setelah itu, tuangkan karamel ke dalam cetakan puding yang telah disiapkan.

3. Bagaimana langkah-langkah membuat puding karamel tanpa telur?

– Campurkan susu cair, gula pasir, vanili, dan tepung maizena dalam panci, aduk hingga tercampur rata.
– Panaskan adonan di atas api kecil sambil terus diaduk hingga mendidih dan mengental.
– Tuangkan adonan puding ke dalam cetakan puding yang berisi karamel yang telah dibuat sebelumnya.
– Dinginkan puding dalam suhu ruangan, lalu simpan dalam lemari es selama beberapa jam hingga puding mengeras.

4. Apakah puding karamel tanpa telur bisa menggunakan susu kedelai?

Ya, puding karamel tanpa telur juga bisa menggunakan susu kedelai sebagai pengganti susu cair. Namun, kekentalan dan tekstur puding dapat sedikit berbeda jika menggunakan susu kedelai.

Baca juga:  Cara Membuat Risoles Isi Mayones Telur

5. Apakah puding karamel tanpa telur cocok untuk mereka yang alergi telur?

Ya, puding karamel tanpa telur sangat sesuai untuk mereka yang alergi telur karena dalam resep ini tidak menggunakan telur sama sekali.

6. Berapa lama puding karamel tanpa telur dapat disimpan?

Puding karamel tanpa telur dapat disimpan dalam lemari es selama 3-4 hari.

7. Bisakah saya menambahkan potongan buah atau kacang-kacangan ke dalam puding karamel tanpa telur?

Tentu saja! Anda bisa menambahkan potongan buah atau kacang-kacangan sesuai selera ke dalam adonan puding sebelum menuangkannya ke dalam cetakan. Hal ini akan memberikan variasi rasa dan tekstur pada puding karamel tanpa telur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *