Cara Membuat Puding Karamel Nutrijell

Apakah Anda ingin mencoba sebuah hidangan penutup yang lezat dan menggugah selera? Mungkin Anda pernah mendengar tentang puding karamel nutrijell yang begitu populer. Pada artikel kali ini, kami akan berbagi dengan Anda cara mudah dan sederhana untuk membuat puding karamel nutrijell yang nikmat dan menyegarkan. Tidak hanya itu, kami juga akan memberikan tips dan trik agar puding Anda berhasil sempurna! Jadi, siapkan bahan-bahan Anda dan ikuti langkah-langkah berikut ini!

Cara Membuat Puding Karamel Nutrijell yang Lezat dan Mudah

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Puding karamel nutrijell adalah salah satu makanan penutup yang lezat dan mudah dibuat. Untuk membuatnya, Anda akan membutuhkan beberapa bahan berikut:

– 1 bungkus Nutrijell rasa karamel

– 500 ml susu cair

– 3 sendok makan gula pasir

– 2 tetes vanili

Langkah-langkah Membuat Puding Karamel Nutrijell

Jika semua bahan telah siap, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat puding karamel nutrijell yang lezat:

1. Membuat Lapisan Karamel

Pertama-tama, Anda perlu membuat lapisan karamel yang akan menjadi bagian bawah puding. Untuk melakukannya, tuangkan gula pasir ke dalam panci dan panaskan dengan api kecil. Aduk terus menerus hingga gula mencair dan berubah menjadi karamel. Pastikan tidak sampai gula terbakar. Setelah selesai, tuangkan karamel ke dalam cetakan puding dan biarkan mengeras.

2. Mencampurkan Nutrijell dan Susu

Selanjutnya, larutkan Nutrijell rasa karamel ke dalam susu cair. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan Nutrijell yang tersisa.

3. Merebus Mixture Nutrijell dan Susu

Setelah campuran Nutrijell dan susu tercampur rata, masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan tambahkan vanili. Aduk kembali hingga vanili tercampur merata.

4. Menuangkan Mixture ke Cetakan

Setelah selesai dimasak, tuangkan campuran puding ke dalam cetakan yang sudah berisi lapisan karamel. Pastikan untuk menuangkan secara perlahan agar tidak membuat gelembung udara.

5. Mendinginkan Puding

Biarkan puding karamel nutrijell yang baru Anda buat mengendap dan dingin selama beberapa jam di dalam lemari es. Hal ini akan membuat puding mengeras dan bisa lebih enak saat disantap.

Baca juga:  Cara Buat Puding Karamel Guna Roti

6. Menghidangkan Puding

Setelah puding karamel nutrijell benar-benar dingin dan mengeras, Anda dapat menghidangkannya dengan cara membalik cetakan ke atas piring. Karamel akan terlihat di bagian atas dan memberikan kesan yang menarik.

Nikmati puding karamel nutrijell yang lezat ini sebagai hidangan penutup setelah makan siang atau makan malam. Rasanya yang manis dan lembut akan memanjakan lidah Anda dan keluarga.

Untuk membuat Puding Karamel Nutrijell yang lezat, pertama-tama siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti Nutrijell rasa karamel, gula pasir, susu cair, dan air matang. Selanjutnya, larutkan Nutrijell karamel, gula pasir, dan susu cair dalam air matang yang telah dipanaskan. Aduk hingga rata dan tidak ada gumpalan. Kemudian, panaskan adonan di atas api yang sedang sambil terus diaduk hingga mendidih. Setelah itu, tuangkan adonan ke dalam cetakan yang telah dioles sedikit minyak agar puding tidak lengket. Dinginkan puding di dalam lemari es selama beberapa jam atau hingga mengeras. Terakhir, sajikan Puding Karamel Nutrijell dengan hiasan yang diinginkan dan nikmati rasanya yang lezat dan lembut. Selamat mencoba!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Puding Karamel Nutrijell

1. Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat puding karamel nutrijell?

– Nutrijell plain 1 bungkus
– Gula pasir 150 gram
– Air matang 500 ml
– Susu cair 200 ml
– Es batu secukupnya
– Vanila bubuk secukupnya

2. Bagaimana cara membuat puding karamel nutrijell?

– Pertama, siapkan panci kecil dan masukkan gula pasir.
– Panaskan panci dengan api kecil hingga gula mencair dan berwarna kecokelatan (karamel).
– Setelah itu, tuangkan air matang ke dalam panci dengan karamel. Aduk rata hingga karamel larut.
– Kisar nutrijell plain hingga halus menggunakan blender atau food processor.
– Setelah nutrijell halus, masukkan ke dalam panci dengan karamel. Aduk rata.
– Tingkatkan suhu api dan masak adonan puding hingga mendidih.
– Setelah mendidih, turunkan suhu api dan tambahkan susu cair. Aduk rata.
– Masak adonan puding karamel nutrijell hingga mengental kembali.
– Setelah mengental, matikan api dan tambahkan vanila bubuk. Aduk rata.
– Tuang adonan puding ke dalam cetakan yang sudah disiapkan.
– Dinginkan puding di dalam kulkas selama minimal 2 jam atau hingga benar-benar set.
– Setelah puding karamel nutrijell benar-benar set, siap dihidangkan dengan taburan es batu jika diinginkan.

Baca juga:  Cara Bikin Gemblong Ketan Gula Merah

3. Apakah nutrijell plain bisa diganti dengan varian lain?

Ya, nutrijell plain bisa diganti dengan varian lain seperti nutrijell agar-agar yang memiliki rasa tertentu, sesuai selera anda.

4. Apakah es batu dalam resep ini wajib digunakan?

Penggunaan es batu dalam resep ini tidak wajib, tetapi digunakan untuk memberikan sensasi segar saat menyantap puding karamel nutrijell.

5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat puding karamel nutrijell?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat puding karamel nutrijell adalah sekitar 30-40 menit untuk proses persiapan dan memasak, ditambah waktu pendinginan selama minimal 2 jam di dalam kulkas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *