Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik Dari Jerigen

Anda ingin memiliki pompa air tanpa listrik yang murah dan mudah dibuat? Jika iya, maka artikel ini adalah solusi yang tepat untuk Anda. Dengan menggunakan bahan yang mudah didapatkan, seperti jerigen dan pipa PVC, Anda bisa membuat pompa air yang praktis dan efektif. Tidak hanya menghemat biaya listrik, pompa air tanpa listrik dari jerigen juga ramah lingkungan. Dalam artikel ini, kami akan membagikan langkah-langkah detail tentang cara membuat pompa air tanpa listrik dari jerigen. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik Dari Jerigen

1. Memilih Jerigen yang Tepat

Jerigen adalah salah satu benda yang cukup mudah ditemukan di sekitar kita. Untuk membuat pompa air tanpa listrik, pilihlah jerigen yang memiliki kapasitas besar serta berdinding tebal. Jenis jerigen ini akan lebih kuat dan tahan lama saat digunakan sebagai pompa air.

2. Menyediakan Pipa dan Selang

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan pipa dan selang untuk mengalirkan air. Berbagai jenis pipa dan selang dapat digunakan, namun pastikan ukurannya sesuai dengan lubang pada jerigen. Pastikan juga pipa dan selang tidak bocor untuk memastikan aliran air tetap lancar.

3. Membuat Lubang pada Jerigen

Setelah pipa dan selang siap, langkah berikutnya adalah membuat lubang pada jerigen. Caranya adalah dengan menggunakan bor atau pisau yang tajam. Pastikan lubang yang dibuat sejajar dengan dasar jerigen dan memiliki ukuran sesuai dengan pipa atau selang yang akan digunakan.

4. Menyambungkan Pipa dan Selang

Selanjutnya, sambungkan pipa dan selang ke lubang yang telah dibuat pada jerigen. Pastikan sambungan antara pipa dan selang erat agar tidak terjadi kebocoran saat melakukan pompa air.

5. Mengoperasikan Pompa Air

Setelah semua langkah di atas selesai, saatnya mengoperasikan pompa air tanpa listrik dari jerigen. Caranya adalah dengan menjatuhkan tekanan pada jerigen, misalnya dengan menekan atau menginjaknya. Air yang ada dalam jerigen akan dipaksa masuk melalui pipa dan selang, kemudian keluar melalui ujung selang yang telah ditentukan.

Dengan menggunakan cara sederhana ini, Anda bisa memiliki pompa air tanpa listrik yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan sehari-hari. Selain ramah lingkungan karena tidak menggunakan listrik, pembuatan pompa air ini juga cukup murah dan mudah dilakukan. Jadi, mengapa tidak mencobanya? Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin menghemat energi dengan membuat pompa air sendiri.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menanggulangi Penggunaan Pendingin Ruangan Yang Sangat Membudaya

Bagi mereka yang tinggal di daerah yang sering mengalami gangguan pasokan listrik, memiliki alternatif pompa air tanpa listrik adalah solusi yang sangat berguna. Salah satu cara sederhana dan murah adalah menggunakan jerigen bekas sebagai pompa air. Anda bisa memulainya dengan mempersiapkan jerigen bekas yang sudah dicuci bersih, sebuah pipa fleksibel, dan selang tambahan. Pertama, buatlah lubang kecil pada tutup jerigen untuk memasukkan pipa fleksibel. Kemudian, masukkan pipa tersebut hingga mendekati dasar jerigen. Setelah itu, sambungkan bagian atas pipa dengan selang tambahan yang panjangnya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Terakhir, sambungkan selang itu ke sumber air seperti sumur atau kolam, dan pompa air tanpa listrik Anda pun siap digunakan! Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan pasokan air yang cukup di rumah tanpa tergantung pada listrik.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Pompa Air Tanpa Listrik Dari Jerigen

1. Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat pompa air tanpa listrik dari jerigen?

– Jerigen bekas 20 liter
– Selang plastik fleksibel
– Selang karet dengan diameter yang lebih kecil dari selang plastik
– Karet gelang
– Katup bola
– Pisau cutter
– Serutan atau amplas
– Lem dan karet gelang

2. Bagaimana cara melakukan pemotongan pada jerigen untuk pembuatan pompa air ini?

Pemotongan pada jerigen dilakukan dengan menggunakan pisau cutter. Potonglah bagian bawah jerigen yang rata dengan merebusnya selama beberapa menit untuk memperbaiki ketajamannya. Setelah itu, buat potongan berbentuk lubang kecil pada sisi kanan jerigen yang sejajar dengan dasar jerigen. Potongan ini akan berfungsi sebagai tempat masuknya air.

3. Apa fungsi selang plastik dalam pembuatan pompa air ini?

Selang plastik akan berfungsi sebagai pipa utama untuk mengalirkan air ke luar jerigen. Selang ini akan dipasang pada lubang yang telah dibuat sejajar dengan dasar jerigen.

4. Bagaimana cara memasang selang karet dan karet gelang?

Selang karet digunakan untuk menghubungkan selang plastik dengan jerigen. Potonglah selang karet menjadi dua bagian dan pasang di antara lubang lubang yang telah dibuat pada jerigen. Sementara itu, karet gelang digunakan untuk membuat sekat yang terbuat dari potongan selang karet gelang yang disatukan dengan lem pada kedua sisi jerigen. Sekat ini akan berfungsi untuk mengarahkan aliran air ke atas melalui selang plastik.

Baca juga:  Cara Mengukur Elco Menggunakan Multitester Digital

5. Apa kegunaan katup bola dalam pompa air ini?

Katup bola berfungsi sebagai pengendali aliran air dalam pompa. Katup ini ditempatkan pada selang karet yang menghubungkan jerigen dengan selang plastik. Ketika tekanan udara pada jerigen meningkat, katup bola akan tertutup dan mencegah air mengalir kembali ke dalam jerigen.

6. Bagaimana cara mengoperasikan pompa air ini?

Letakkan jerigen yang telah dipotong di tempat yang lebih tinggi dari tempat yang ingin Anda alirkan airnya. Tekanlah bagian atas jerigen untuk mengeluarkan udara dalam jerigen. Setelah itu, biarkan jerigen mengembang kembali. Dengan cara pemompaan yang dilakukan secara manual, air akan mengalir keluar dari selang plastik.

7. Apakah pompa air tanpa listrik ini akan bekerja secara efektif?

Pompa air ini mungkin tidak dapat mengeluarkan air dengan kekuatan yang sebanding dengan pompa air listrik. Namun, pompa air ini dapat diandalkan dalam situasi darurat atau saat tidak ada listrik. Jumlah air yang mengalir akan tergantung pada tekanan udara yang Anda berikan dengan menekan dan melepaskan jerigen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *