Cara Membuat Kue Sus Basah Tanpa Oven

Siapa yang tidak menyukai kue sus basah? Makanan ringan yang lezat ini sering menjadi favorit di berbagai acara atau sebagai camilan sehari-hari. Namun, ternyata Anda tidak perlu memiliki oven untuk bisa menikmati kue sus basah yang lezat ini! Dengan menggunakan resep yang tepat dan teknik yang benar, Anda dapat dengan mudah menciptakan kue sus basah yang menggoda selera tanpa bahkan harus menghidupkan oven. Tidak percaya? Mari kita temukan cara yang menarik untuk membuat kue sus basah tanpa oven!

Cara Membuat Kue Sus Basah Tanpa Oven

Langkah-langkah Membuat Adonan Kue Sus Basah

Kue Sus Basah adalah salah satu jenis kue yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Umumnya, kue ini sering dijumpai di toko kue atau restoran. Namun, tahukah Anda bahwa kue sus basah juga bisa dibuat di rumah tanpa menggunakan oven? Inilah cara membuat kue sus basah tanpa oven yang praktis dan mudah.

1. Siapkan bahan-bahan yang diperlukan, antara lain:

  • 150 ml air
  • 75 gram mentega
  • 100 gram tepung terigu protein sedang
  • 2 butir telur
  • 1/4 sendok teh garam

2. Panaskan air dan mentega dalam panci hingga mendidih. Pastikan mentega benar-benar larut dalam air.

3. Setelah mendidih, matikan kompor dan tuangkan tepung terigu secara bertahap sambil terus diaduk hingga adonan kue tercampur rata.

4. Biarkan adonan agak dingin, lalu kocok satu per satu telur ke dalam adonan dan aduk hingga rata.

Menggoreng Adonan Kue Sus

Setelah selesai membuat adonan kue sus basah, langkah selanjutnya adalah menggoreng adonan tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Panaskan minyak dalam wajan secara sedang-tinggi.

2. Tuang adonan ke dalam kantung plastik segitiga dan potong ujungnya untuk membentuk celah kecil.

3. Squeeze adonan kue sus basah ke dalam minyak panas dengan membentuk bulatan kecil atau garis-garis pendek. Pastikan Anda tidak menggoreng terlalu banyak adonan sekaligus agar kue sus bisa matang dengan sempurna.

4. Goreng adonan hingga berwarna keemasan dan mengapung di permukaan minyak. Angkat dan tiriskan kue sus yang sudah matang dengan menggunakan tisu dapur atau kertas minyak.

Baca juga:  Cara Bikin Kue Akar Kelapa Dari Tepung Ketan

Penyajian dan Penyimpanan

Setelah kue sus sudah matang, Anda dapat menyajikannya dengan berbagai variasi topping seperti cokelat leleh, krim, atau gula halus. Kue sus basah juga bisa diisi dengan krim kental atau selai sesuai selera.

Untuk menyimpan kue sus basah, Anda dapat menyimpannya dalam wadah kedap udara di dalam lemari es agar tetap segar lebih lama. Namun, sebaiknya kue sus basah segera dikonsumsi dalam waktu yang tidak terlalu lama agar rasanya tetap optimal.

Itulah cara membuat kue sus basah tanpa oven. Dengan bahan-bahan sederhana dan langkah-langkah yang mudah, Anda dapat mencoba membuat kue ini di rumah dan menikmatinya bersama keluarga. Selamat mencoba!

Membuat kue sus basah tanpa oven bisa menjadi pilihan yang praktis dan simpel. Pertama, siapkan bahan-bahan seperti tepung terigu, gula, susu bubuk, garam, mentega, telur, dan air. Campurkan tepung terigu, gula, susu bubuk, dan garam dalam mangkuk kemudian aduk rata. Panaskan mentega dan air dalam panci hingga mendidih, lalu tuangkan campuran tepung ke dalam panci sambil terus diaduk hingga kental. Setelah itu, dinginkan campuran selama beberapa menit sebelum memasukkan telur satu per satu sambil terus diaduk hingga tercampur merata. Ambil adonan dengan menggunakan sendok dan tuang ke dalam loyang yang sudah diolesi sedikit mentega. Panggang di atas kompor dengan api kecil hingga adonan mengembang dan berubah warna menjadi cokelat keemasan. Setelah matang, biarkan kue sus basah dingin sejenak sebelum disajikan. Selamat mencoba!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Kue Sus Basah Tanpa Oven

1. Apa yang dibutuhkan untuk membuat kue sus basah tanpa oven?

Untuk membuat kue sus basah tanpa oven, Anda akan membutuhkan tepung terigu, susu cair, mentega, gula, telur, garam, dan air.

2. Apakah kue sus basah tanpa oven bisa tetap lezat dan empuk?

Ya, kue sus basah tanpa oven juga bisa tetap lezat dan empuk jika tekstur interiornya diperhatikan dengan baik.

3. Bagaimana cara menggoreng kue sus basah tanpa oven?

Setelah membuat adonan su

Baca juga:  Cara Mengusir Tikus Dengan Frekuensi Suara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *