Cara Membuat Kue Pukis Sederhana Tanpa Mixer

Jika Anda ingin mencoba membuat kue pukis yang lezat namun tidak memiliki mixer, jangan khawatir! Ternyata, Anda dapat membuat kue pukis sederhana tanpa menggunakan alat tersebut. Dengan sedikit kesabaran dan sentuhan tangan, Anda dapat membuat pukis yang lembut dan empuk, siap untuk dinikmati oleh seluruh keluarga. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini!

Cara Membuat Kue Pukis Sederhana Tanpa Mixer

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat kue pukis sederhana, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan dasar yang mudah didapatkan, antara lain:

– 250 gram tepung terigu

– 150 gram gula pasir

– 2 butir telur ayam

– 300 ml santan kental

– ½ sendok teh baking powder

– ½ sendok teh vanili bubuk

– Margarin secukupnya untuk mengoles cetakan

Langkah-langkah Membuat Kue Pukis

1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, telur ayam, santan kental, baking powder, dan vanili bubuk dalam satu wadah. Aduk rata dengan menggunakan spatula hingga tercampur merata.

2. Panaskan cetakan kue pukis di atas kompor dengan api sedang. Oleskan margarin pada setiap lubang cetakan, sebelum adonan dimasukkan.

3. Tuangkan adonan kue pukis ke dalam cetakan yang sudah dipanaskan. Jangan terlalu penuh karena adonan akan mengembang ketika dipanggang.

4. Tutup cetakan dan biarkan adonan matang selama 3-5 menit. Setelah itu, balikkan cetakan untuk memastikan kue matang secara merata di kedua sisi.

5. Ulangi langkah 3 dan 4 hingga adonan habis.

Penyajian dan Penyimpanan

Setelah matang, kue pukis siap disajikan. Anda dapat menambahkan topping sesuai selera, seperti meses, keju parut, atau cokelat tabur. Apabila ada sisa kue, simpan dalam wadah kedap udara agar tetap lembut dan tahan lebih lama.

Tips dan Variasi

– Jika tidak memiliki cetakan kue pukis, Anda dapat menggunakan cetakan muffin atau loyang bolu sebagai alternatif.

– Untuk variasi rasa, tambahkan potongan buah-buahan ke dalam adonan sebelum dipanggang. Anda juga dapat menambahkan pasta pandan atau cokelat bubuk pada adonan.

– Jika ingin tampilan lebih menarik, gunakan cetakan kue pukis dengan beragam bentuk, seperti bunga atau karakter lucu.

Baca juga:  Cara Membuat Tumis Ayam Kecap Lezat dan Mantap

– Pastikan api kompor sedang ketika memanggang kue agar tidak terlalu cepat gosong di bagian luar dan belum matang di bagian dalam.

Untuk Anda yang ingin mencoba membuat kue pukis sederhana tanpa menggunakan mixer, berikut adalah langkah-langkahnya. Pertama, campurkan 200 gram tepung terigu, 50 gram gula pasir, 1/2 sendok teh baking powder, dan 1/4 sendok teh garam di dalam wadah. Aduk rata dengan whisk atau spatula. Selanjutnya, tambahkan 300 ml santan sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur sempurna. Diamkan adonan selama 30 menit agar mengembang. Setelah itu, panaskan cetakan kue pukis dengan api kecil dan beri sedikit margarin atau minyak agar adonan tidak lengket. Tuang adonan ke dalam cetakan hingga penuh, tunggu hingga adonan mengembang dan berpori-pori. Balik adonan dan biarkan hingga matang sempurna. Angkat kue dari cetakan dan sajikan kue pukis sederhana Anda dengan taburan keju parut ataupun gula halus. Selamat mencoba dan selamat menikmati kue pukis yang lezat!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Kue Pukis Sederhana Tanpa Mixer:

Apa itu kue pukis?

Kue pukis adalah jenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula, santan, dan ragi, kemudian dipanggang menggunakan cetakan khusus.

Bisakah membuat kue pukis tanpa menggunakan mixer?

Ya, kita bisa membuat kue pukis tanpa menggunakan mixer. Proses pencampuran bahan-bahan dapat dilakukan dengan tangan menggunakan whisk atau spatula.

Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue pukis sederhana?

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: tepung terigu, gula pasir, santan, telur, margarin, ragi instan, vanili, dan garam.

Bagaimana cara membuat adonan kue pukis?

1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam dalam wadah.
2. Tambahkan telur, santan, margarin cair, dan vanili ke dalam campuran tepung. Aduk rata.
3. Aduk adonan secara perlahan sampai semua bahan tercampur merata dan adonan tidak bergerindil.
4. Diamkan adonan selama 1-2 jam hingga mengembang dua kali lipat.

Apa yang harus dilakukan saat menunggu adonan mengembang?

Selama menunggu adonan mengembang, sebaiknya tutup adonan dengan serbet atau plastik wrap agar tidak mengering. Tempatkan adonan di tempat yang hangat dan terlindung dari angin.

Baca juga:  Cara Memasak Bebek Biar Empuk Dan Tidak Amis

Bagaimana membuat kue pukis tanpa cetakan pukis?

Jika tidak memiliki cetakan khusus, kita dapat menggunakan cetakan muffin atau panci kue yang dilengkapi dengan tutup. Olesi cetakan dengan sedikit margarin sebelum menuangkan adonan.

Apakah kue pukis dapat dipanggang menggunakan oven biasa?

Ya, kue pukis bisa dipanggang menggunakan oven biasa. Panaskan oven terlebih dahulu, lalu panggang adonan dalam cetakan selama 15-20 menit atau hingga matang dengan suhu sekitar 180°C.

Bagaimana mengetahui apakah kue pukis sudah matang?

Untuk mengetahui apakah kue pukis sudah matang, gunakan tusuk gigi atau lidi untuk menusuk bagian tengah kue. Jika tusuk gigi keluar bersih tanpa adonan yang lengket, berarti kue pukis sudah matang.

Bagaimana cara menyajikan kue pukis?

Setelah kue pukis matang, biarkan dingin sejenak. Kemudian, keluarkan dari cetakan dan tata di atas piring saji. Kue pukis dapat disajikan langsung atau diberi topping sesuai selera seperti gula bubuk atau selai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *