Cara Membuat Kue Kering Bahan Sederhana

Siapa yang tidak suka dengan kue kering? Rasanya yang renyah dan manis ini selalu menjadi favorit di setiap momen spesial. Tapi, tahukah kamu bahwa membuat kue kering sendiri di rumah tidak selalu sulit dan membutuhkan bahan-bahan yang rumit? Justru dengan bahan sederhana yang mungkin sudah ada di dapurmu, kamu bisa mencoba membuat variasi kue kering yang lezat dan menggugah selera. Simaklah beberapa rekomendasi kue kering bahan sederhana berikut ini dan nikmati sensasi memasak yang menyenangkan!

Cara Membuat Kue Kering Bahan Sederhana

Mencoba berbagai resep kue kering dengan bahan-bahan yang sederhana bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat di dapur, kita bisa menghasilkan kue kering yang lezat dan memuaskan selera. Berikut adalah beberapa resep kue kering bahan sederhana yang dapat Anda coba sendiri di rumah.

Kue Kacang Mede Keju

Siapkan 200 gram tepung terigu, 100 gram margarin, 100 gram keju parut, 100 gram kacang mede yang sudah dihaluskan, 50 gram gula pasir, 2 butir kuning telur, dan 1/2 sendok teh baking powder. Campur semua bahan menjadi adonan yang kalis, lalu cetak adonan menjadi bulatan kecil. Panggang dalam oven selama 20-30 menit hingga matang dan kecokelatan. Setelah dingin, kue kacang mede keju siap dihidangkan.

Kue Coklat Kacang

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue coklat kacang adalah 200 gram tepung terigu, 100 gram margarin, 2 butir telur, 150 gram gula pasir, 50 gram coklat bubuk, dan 100 gram kacang tanah yang sudah disangrai dan dihaluskan. Campur semua bahan menjadi adonan yang kalis, lalu cetak adonan menjadi bulatan kecil. Panggang dalam oven selama 15-20 menit hingga matang. Kue coklat kacang siap disajikan.

Kue Nastar

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue nastar adalah 500 gram tepung terigu, 300 gram margarin, 150 gram gula halus, 3 kuning telur, 1 sendok teh vanili bubuk, dan selai nanas secukupnya. Campur tepung terigu, gula halus, dan vanili bubuk. Tambahkan margarin dan kuning telur. Uleni hingga adonan kalis dan tidak lengket. Giling adonan dan bentuk adonan menjadi bulatan kecil. Isi setiap bulatan dengan selai nanas. Panggang dalam oven selama 20-25 menit atau hingga matang. Kue nastar dengan rasa nanas yang lezat siap untuk dinikmati di hari raya.

Baca juga:  Cara Membuat Bumbu Urap Yang Enak

Kue Lidah Kucing

Resep kue kering bahan sederhana lainnya adalah kue lidah kucing. Bahan-bahan yang Anda butuhkan adalah 120 gram tepung terigu, 120 gram margarin, 150 gram gula halus, 2 putih telur, dan pasta vanila secukupnya. Campur tepung terigu dan gula halus. Tambahkan margarin dan putih telur. Aduk hingga adonan tercampur rata. Setelah itu, masukkan adonan ke dalam kantung plastik segitiga yang telah dilubangi di bagian ujungnya. Semprotkan adonan di atas loyang yang sudah dilapisi kertas roti, kemudian panggang dalam oven dengan suhu 160 derajat Celcius selama 15-20 menit. Kue lidah kucing dengan tekstur renyah siap dihidangkan.

Dengan resep kue kering bahan sederhana ini, Anda bisa menikmati berbagai macam kue kering yang lezat tanpa harus repot mencari bahan-bahan yang sulit didapat. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Terima kasih telah membaca panduan ini! Membuat kue kering dengan bahan sederhana adalah kegiatan yang menyenangkan dan memuaskan. Selalu ingat untuk mengikuti resep dengan teliti dan memperhatikan hal-hal kecil seperti suhu oven dan ketepatan takaran agar kue berhasil sempurna. Lakukan dengan cinta dan kesabaran, dan jangan lupa untuk berbagi kelezatan kue kering ini dengan orang-orang terdekat. Selamat mencoba!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Kue Kering Bahan Sederhana

Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue kering sederhana?

– Tepung terigu
– Mentega
– Gula halus
– Telur
– Baking powder
– Vanilla

Apakah bisa menggunakan gula pasir sebagai pengganti gula halus?

Ya, bisa. Namun, gula pasir perlu dihaluskan terlebih dahulu agar kue kering memiliki tekstur yang lebih halus.

Bagaimana cara membuat adonan kue kering?

– Campurkan mentega dan gula halus, aduk hingga tercampur rata.
– Tambahkan telur dan vanila, aduk hingga merata.
– Masukkan tepung terigu yang sudah dicampur dengan baking powder, aduk hingga adonan menjadi kalis.

Apakah adonan perlu didiamkan sebelum dipanggang?

Ya, adonan kue kering perlu didiamkan dalam lemari es selama sekitar 30 menit agar lebih mudah diolah dan menghasilkan kue yang lebih renyah.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Asin Pada Makanan

Bagaimana langkah-langkah memanggang kue kering?

– Panaskan oven pada suhu yang telah ditentukan.
– Ambil adonan kue kering dan bentuk sesuai selera.
– Letakkan adonan di atas loyang yang sudah diolesi mentega atau dialasi dengan kertas baking.
– Panggang kue selama waktu yang sudah ditentukan dalam resep.

Apakah harus menggunakan oven saat memanggang kue kering?

Tidak selalu. Jika tidak memiliki oven, kue kering juga bisa dipanggang menggunakan panci non-stick di atas kompor dengan api kecil. Namun, hasilnya mungkin sedikit berbeda.

Apa waktu yang tepat untuk mematikan api saat memanggang kue kering?

Biasanya, kue kering perlu dipanggang hingga berwarna kecokelatan sebelum mematikan api. Namun, setiap resep bisa memiliki waktu yang berbeda-beda, jadi penting untuk mengikuti petunjuk dalam resep yang digunakan.

Bagaimana cara menyimpan kue kering agar tahan lama?

– Pastikan kue kering benar-benar dingin sebelum menyimpannya.
– Simpan dalam wadah kedap udara atau dalam stoples dengan penutup rapat.
– Jauhkan dari kelembaban dan sinar matahari langsung.
– Kue kering umumnya bisa tahan hingga beberapa minggu jika disimpan dengan benar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *