Cara Membuat Kue Gemblong Pisang

Ada satu resep kue yang begitu menggoda dan kesukaan banyak orang, yaitu kue gemblong pisang. Dibalut dengan cita rasa manis pisang yang lezat dan taburan kelapa yang renyah, kue ini mampu mencuri perhatian siapa pun yang mencobanya. Bagi para pecinta kuliner yang ingin mencoba membuat kue ini sendiri di rumah, jangan khawatir! Di sini kita akan berbagi langkah-langkah mudah untuk membuat kue gemblong pisang yang lezat dan sempurna.

Cara Membuat Kue Gemblong Pisang yang Manis Gurih

Bagi pecinta kue tradisional, kue gemblong pisang adalah pilihan yang sempurna untuk dinikmati sebagai camilan atau hidangan penutup. Kue yang memiliki rasa manis gurih ini terbuat dari pisang yang digoreng dengan tepung ketan dan gula merah. Ingin tahu cara membuat kue gemblong pisang yang lezat? Ikuti langkah-langkah berikut!

Bahan-bahan yang Diperlukan:

– 4 buah pisang ambon, matang dan kecil
– 200 gram tepung ketan
– 100 gram tepung terigu
– 1/2 sendok teh baking powder
– 1/4 sendok teh vanili bubuk
– 1/4 sendok teh garam
– 150 ml air matang
– Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng
– 250 gram gula merah, serut kasar
– Tusuk gigi secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan:

Langkah 1: Pertama-tama, siapkan wadah dan campurkan tepung ketan, tepung terigu, baking powder, vanili bubuk, dan garam. Aduk rata sampai semua bahan tercampur secara merata.

Langkah 2: Setelah itu, tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam campuran tepung. Aduk rata hingga adonan menjadi kental dan tidak bergerindil. Biarkan adonan istirahat selama kurang lebih 15-20 menit agar tepung tercampur dengan baik.

Langkah 3: Sambil menunggu adonan istirahat, Anda dapat mempersiapkan pisang. Kupas dan potong pisang menjadi dua bagian memanjang.

Langkah 4: Setelah adonan istirahat, panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Pastikan wajan cukup dalam untuk menggoreng pisang.

Langkah 5: Celupkan potongan pisang ke dalam adonan tepung hingga seluruh pisang terlapisi dengan baik. Pastikan pisang tertutup adonan dari semua sisi.

Baca juga:  Cara Membuat Mayones Untuk Risol Mayo

Langkah 6: Goreng pisang dalam minyak panas hingga berwarna keemasan. Pastikan pisang yang digoreng matang secara merata di seluruh bagian.

Langkah 7: Angkat pisang yang sudah matang dari minyak dan tiriskan. Biarkan sebentar agar minyak berlebih terserap pada tisu dapur.

Langkah 8: Selanjutnya, panaskan gula merah serut dalam panci dengan api kecil. Tunggu hingga gula merah meleleh dan menjadi karamel cair.

Langkah 9: Masukkan pisang goreng ke dalam karamel dan aduk rata hingga pisang tertutup dengan gula merah. Gunakan tusuk gigi untuk melapisi pisang dengan gula merah secara merata.

Langkah 10: Terakhir, angkat dan sajikan kue gemblong pisang di atas piring saji. Tambahkan topping sesuai selera, seperti kelapa parut atau biji wijen, untuk memberikan sentuhan lebih pada kue ini.

Nikmati kue gemblong pisang yang lezat saat masih hangat untuk mendapatkan sensasi gurih dan manis yang sempurna. Jika tidak langsung disajikan, kue ini tetap bisa dinikmati dalam beberapa hari ke depan dengan krispi yang tetap terjaga. Selamat mencoba!

Membuat kue gemblong pisang merupakan salah satu cara yang mudah dan praktis untuk menikmati hidangan manis tradisional. Pertama, campurkan pisang yang sudah matang dengan tepung ketan dan gula merah cair hingga terbentuk adonan yang lembut. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan goreng dalam minyak panas hingga berwarna keemasan. Angkat dan sajikan kue gemblong pisang dalam keadaan hangat. Rasanya yang kriuk-kriuk dan manis gula merah pasti akan membuat siapa pun tergoda untuk mengambilnya berulang kali. Selamat mencoba dan menikmati hidangan yang lezat ini!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Kue Gemblong Pisang

1. Apa itu kue gemblong pisang?

Kue gemblong pisang adalah sejenis kue yang terbuat dari pisang yang dihaluskan dan dicampur dengan bahan-bahan lain seperti tepung ketan, gula merah, dan kelapa parut. Kue ini memiliki tekstur kenyal dan rasa manis yang lezat.

2. Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue gemblong pisang?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kue gemblong pisang antara lain:
– Pisang matang (pisang kepok) yang sudah dihaluskan
– Tepung ketan
– Gula merah, yang telah disisir halus
– Air matang
– Kelapa parut kasar
– Daun pisang untuk membungkus

Baca juga:  Cara Memasak Bebek Goreng Empuk

3. Bagaimana cara membuat adonan kue gemblong pisang?

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat adonan kue gemblong pisang:
1. Campurkan pisang yang sudah dihaluskan dengan tepung ketan dan gula merah sisir halus.
2. Uleni adonan hingga merata.
3. Tambahkan sedikit air matang sambil terus diuleni hingga adonan menjadi kalis.
4. Ambil sejumput adonan dan pipihkan, kemudian isi dengan gula merah sisir.
5. Bentuk adonan menjadi bola-bola kecil.

4. Bagaimana cara mengolah kue gemblong pisang?

Berikut adalah langkah-langkah dalam mengolah kue gemblong pisang:
1. Panaskan panci dengan api sedang dan masukkan air matang.
2. Setelah air mendidih, masukkan bola-bola kue gemblong pisang ke dalam panci.
3. Biarkan kue matang dengan cara menggulungnya hingga tidak menempel pada lapisan panci.
4. Setelah matang, angkat kue dan tiriskan.
5. Gulingkan kue yang sudah matang ke dalam kelapa parut kasar hingga keseluruhan permukaan terbalut dengan kelapa parut.

5. Bagaimana cara menyajikan kue gemblong pisang?

Kue gemblong pisang bisa langsung disajikan setelah selesai diolah. Anda dapat meletakkannya dalam wadah yang dihiasi dengan daun pisang atau disusun dalam nampan. Kue gemblong pisang dapat dinikmati sebagai camilan Indonesia yang lezat dan cocok disajikan ketika santai bersama keluarga atau teman-teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *