Cara Membuat Kue Akar Kelapa Dari Tepung Beras

Siapa yang tidak suka dengan aroma lezat dan tekstur lembut dari kue akar kelapa? Kue tradisional yang satu ini menjadi favorit di banyak daerah di Indonesia. Meskipun terdengar rumit, sebenarnya cara membuat kue akar kelapa dari tepung beras tidaklah sulit. Dalam resep yang akan kita bahas kali ini, kita akan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar kita. Segera simak langkah-langkahnya dan nikmati kelezatan kue akar kelapa homemade ini!

Cara Membuat Kue Akar Kelapa Dari Tepung Beras

Jika Anda pecinta kue tradisional Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan kue akar kelapa. Kue ini memiliki rasa gurih dan tekstur yang lembut, serta aroma khas kelapa yang menggoda selera. Ternyata, Anda bisa mencoba membuat kue akar kelapa sendiri di rumah dengan bahan dasar tepung beras. Yuk, simak cara membuatnya berikut ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat kue akar kelapa, Anda membutuhkan beberapa bahan dasar yang mudah didapatkan, antara lain:

  • 250 gram tepung beras
  • 150 gram kelapa parut
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh garam
  • Air secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan

Setelah mengumpulkan semua bahan yang diperlukan, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat kue akar kelapa:

1. Mencampur Tepung dan Kelapa Parut

Campurkan tepung beras, kelapa parut, gula pasir, vanili bubuk, dan garam dalam satu wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

2. Menambahkan Air

Tambahkan air sedikit-sedikit ke dalam campuran tepung dan kelapa parut sambil terus diaduk perlahan. Tujuan penambahan air adalah untuk menghasilkan adonan yang kental dan lengket, sehingga mudah dibentuk menjadi akar kelapa.

3. Membentuk dan Mengukus Akar Kelapa

Siapkan loyang atau cetakan kue yang telah diolesi minyak. Ambil sedikit adonan dan bentuk seperti akar kelapa dengan menggunakan tangan. Tata akar kelapa dalam loyang atau cetakan. Lakukan langkah ini hingga adonan habis.

4. Mengukus Kue

Panaskan kukusan dengan api sedang. Setelah air dalam kukusan mendidih, susun loyang atau cetakan yang berisi adonan akar kelapa ke dalam kukusan. Tutup kukusan rapat-rapat dan kukus kue selama sekitar 30-45 menit atau sampai matang.

Baca juga:  Cara Membuat Risoles Mayonaise Isi Ayam

5. Menyajikan Kue Akar Kelapa

Setelah kue matang, angkat dari kukusan dan biarkan dingin sejenak sebelum dihidangkan. Kue akar kelapa siap disajikan sebagai camilan lezat untuk keluarga dan kerabat terdekat Anda.

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat kue akar kelapa dari tepung beras. Selamat mencoba dan semoga kue yang Anda buat berhasil lezat dan enak!

Cara membuat kue akar kelapa dari tepung beras sangat mudah. Pertama, campurkan tepung beras dengan air hingga membentuk adonan yang kental. Kemudian, tambahkan parutan kelapa dan gula kelapa secukupnya ke dalam adonan. Aduk rata dan kemudian cetak adonan menjadi bentuk akar kelapa menggunakan cetakan kue. Setelah itu, kukus kue dalam waktu kurang lebih 20 menit atau hingga matang. Setelah matang, angkat dan sajikan kue akar kelapa yang lezat dan nikmat ini sebagai hidangan penutup yang sempurna.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Kue Akar Kelapa Dari Tepung Beras

Apa itu kue akar kelapa?

Kue akar kelapa merupakan kue tradisional Indonesia yang terbuat dari adonan tepung beras dan kelapa parut, kemudian dikukus hingga matang.

Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue akar kelapa?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue akar kelapa antara lain tepung beras, gula kelapa, kelapa parut, garam, dan air matang.

Bagaimana cara membuat adonan kue akar kelapa?

Cara membuat adonan kue akar kelapa adalah sebagai berikut:
1. Campurkan tepung beras dengan air matang, aduk hingga rata.
2. Tambahkan gula kelapa dan garam, aduk merata.
3. Masukkan kelapa parut, aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.

Bagaimana cara mengukus kue akar kelapa?

Untuk mengukus kue akar kelapa, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Panaskan panci pengukus dengan air di dalamnya hingga mendidih.
2. Siapkan loyang atau cetakan khusus kue akar kelapa yang telah diolesi minyak.
3. Tuangkan adonan kue akar kelapa ke dalam loyang atau cetakan.
4. Sisihkan loyang atau cetakan di atas panci pengukus.
5. Tutup panci pengukus dan kukus kue akar kelapa selama kurang lebih 30-40 menit hingga matang.
6. Setelah matang, angkat kue akar kelapa dari panci pengukus dan biarkan dingin sebelum memotongnya.

Baca juga:  Cara Membuat Martabak Telur Pake Kulit Lumpia

Bagaimana cara menyajikan kue akar kelapa?

Kue akar kelapa dapat disajikan dalam keadaan dingin atau hangat. Potong-potong kue akar kelapa sesuai selera dan sajikan dalam piring saji.

Apa variasi tambahan yang dapat dimasukkan ke dalam adonan kue akar kelapa?

Beberapa variasi tambahan yang dapat dimasukkan ke dalam adonan kue akar kelapa adalah biji selasih, daun pandan yang dijadikan ekstrak, atau vanili untuk memberikan aroma ekstra pada kue akar kelapa.

Bagaimana cara menyimpan kue akar kelapa agar tetap segar?

Untuk menyimpan kue akar kelapa agar tetap segar, letakkan dalam wadah kedap udara atau bungkus dengan plastik wrap. Simpan di dalam lemari es pada suhu rendah agar kue akar kelapa tetap lezat dan tahan lebih lama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *