Cara Membuat Kompos Organik dengan EM4, Mudah, Cepat dan Tidak Berbau

Cara Membuat Kompos Organik Dengan EM4 – Membuat pupuk kompos dari sampah organik merupakan salah satu cara memanfaatkan kembali sampah yang tidak berguna menjadi berdaya guna. Pembuatan kompos organik ini dapat menggunakan sampah sisa-sisa kebun ataupun sisa rumah tangga yang nantinya dapat digunakan kembali untuk menyuburkan tanaman.

Proses yang terjadi saat membuat pupuk kompos adalah menguraikan sampah oleh mikroba. Bila pembuatan kompos organik yang alami memerlukan waktu berminggu-minggu hingga hitungan bulan, pada kesempatan kali ini CaraPraktis.Info akan mengulas cara membuat kompos organik dengan EM4 yang ternyata mampu mempercepat proses penguraian dan fermentasi tsb hingga hanya diperlukan 1-2 minggu saja. Amazing bukan?

Namun sebelum membahas mengenai cara membuat kompos organik dengan EM4 ini mungkin Anda bertanya, apa sebetulnya EM4 ini?

Baca juga: 3 Cara Mudah Mengolah Sampah Rumah Tangga Agar Dapat Berguna Kembali

Apa Itu EM4?

EM4 merupakan singkatan dari Effective Microorganism 4, yaitu sebuah larutan yang mengandung berbagai mikroorganisme fermentasi dengan jumlah sangat banyak. Sekitar 80 jenis mikorba tsb dapat bekerja efektif dalam fermentasi bahan organik. Larutan EM4 ini sendiri pertama kali ditemukan oleh prof. Terou Higa dari Universitas Ryukyus Jepang. EM 4 dapat digunakan sebagai starter untuk mempercepat proses dekomposisi / penguraian bahan organik sehingga proses pengomposan dapat berlangsung lebih cepat.

Dengan adanya teknologi EM4 ini tentunya Anda yang tinggal di perkotaan dengan lahan terbatas pun tak memiliki alasan lagi untuk memulai mencintai lingkungan dan mengurangi sampah organik dengan cara membuatnya sebagai kompos organik.

Nah untuk membuat pupuk kompos dari sampah organik menggunakan EM4 ini, Anda tak harus membuat larutan EM4 sendiri karena sekarang ini larutan EM4 sudah banyak dijual di toko-toko ataupun kios pertanian.

Larutan EM4 untuk Membuat Pupuk Kompos Organik
Larutan EM4 untuk Membuat Pupuk Kompos Organik (image: kiospupuk.com)

Baca juga: Cara Membuat Nutrisi Hidroponik Sendiri di Rumah

Bagaimana Cara Membuat Kompos Organik dengan EM4?

Untuk membuat pupuk kompos dari sampah organik menggunakan EM4 dapat menghemat tempat dan waktu. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan alat dan bahannya.

Baca juga:  Cara Praktis Membuat Pestisida Organik Sendiri Untuk Kebun Sayuran di Rumah

Alat dan Bahan Untuk Pembuatan Pupuk Kompos Organik Menggunakan EM4

  • Tong plastik. Besar kecilnya tergantung kebutuhan, sebaiknya diberikan pipa di bagian bawah yang dilengkapi kran untuk mengeluarkan pupuk cair. Anda juga dapat menambahkan pipa sebagai saluran udara atau berikan lubang-lubang kecil pada bagian tutup tong. Sebetulnya Anda dapat membeli tempat pembuatan kompos bokashi yang sudah jadi namun membuat sendiri pun bisa dilakukan dengan mudah.
  • Larutan EM4. Untuk menggunakan EM4 dalam pembuatan pupuk kompos organik, Anda perlu untuk mengencerkannya. Pengenceran ini dimaksudkan agar proses pembuatan kompos lebih cepat dan menghemat penggunaan EM4. Untuk mengencerkannya, masukkan 20ml larutan EM4 lalu tambahkan 10g gula pasir dan air bersil 1 liter ke dalam botol plastik ataupun jerigen. Kocok merata lalu biarkan fermentasi hingga 24 jam. Setelah itu baru bisa digunakan untuk membuat kompos organik. Silahkan gunakan komposisi tsb untuk memperbanyak EM4 berikutnya.
  • Sampah organik.
  • Pisau untuk mencacah sampah.
  • Sekop untuk mengaduk kompos.
cara membuat kompos organik dengan em4
cara membuat kompos organik dengan em4 (image: indiegogo.com)

Baca juga: Cara Praktis Membuat Kompos Sendiri Menggunakan Sampah Rumah dan Kebun

Tips Cara Membuat Kompos Organik dengan EM4

  • Potong kecil-kecil sampah dapur seperti sisa sayuran, sisa buah, sisa nasi, dll tapi jangan masukkan sisa daging ataupun makanan hewani lainnya. Cangkang telur dapat juga dimasukkan sebagai bahan kompos. Masukkan ke dalam tong plastik lalu campur dengan potongan daun kering dengan perbandingan 1:1, aduk merata.
  • Tambahkan larutan EM4 yang telah diencerkan secukupnya hingga membasahi seluruh permukaan hingga lapisan paling bawah. Tutup tong.
  • Aduk setiap 3 hari sekali untuk memasukkan oksigen ke dalam kompos dan menurunkan panas karena proses pengomposan.
  • Anda dapat terus menambahkan sampah organik ke dalam tong di atasnya, tidak perlu menambahkan lagi larutan EM4.
  • Proses pengomposan selesai bila suhu tong sudah dingin. Pembuatan pupuk kompos berhasil bila aroma yang dihasilkan tidak berbau, cairan pupuk berwarna coklat atau kehitaman, bahan pupuk dalam tong pun sudah coklat menghitam merata. Cairan pupuk dapat langsung disiramkan pada akar tanaman yang ditanam di kebun, namun sebaiknya diencerkan dulu menggunakan air dengan perbandingan 1:10 bila akan disemprotkan ke daun atau digunakan untuk menyiram tanaman di pot.
  • Bila ada yang masih belum terurai sempurna, campurkan lagi dengan sampah organik untuk membuat pupuk kompos organik berikutnya.
Baca juga:  Desain Taman Rumah Minimalis Cantik Dengan Unsur Alami

Nah itulah cara membuat kompos organik dengan EM4. Bagaimana mudah bukan? Mulai sekarang yuk kurangi produksi sampah di rumah kita. Yuk manfaatkan sampah organik sisa rumah tangga dan kebun dengan cara membuat kompos organik dengan EM4 yang mudah, cepat, dan murah tentunya. Semoga bermanfaat ..

Artikel Cara Praktis ini dikenal, sbb :

cara membuat pupuk kompos dari daun kering dengan em4 -cara membuat kompos organik dengan em4 -cara buat kompos d drom n bahan bahannya -cara membuat kompos dg EM4 -carabikin kompos denga e4 -em4 untuk kompos -membuat kompos dengan em4 -pembuatan kompos denga em4 dari sampah rumah tangga -yhsm-joydream_002 -

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *