Cara Membuat Ikan Kuah Kuning Manado

Masakan Manado selalu menjadi favorit bagi pecinta kuliner. Salah satu hidangan yang tak boleh dilewatkan adalah Ikan Kuah Kuning Manado. Aroma harum kunyit dan rempah khasnya menggoda selera. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Ikuti langkah-langkah berikut untuk menciptakan hidangan yang lezat ini di rumah.

Cara Membuat Ikan Kuah Kuning Manado yang Lezat dan Gurih

Ikan Kuah Kuning Manado merupakan salah satu hidangan khas Sulawesi Utara yang sangat terkenal dengan citarasa pedas dan gurihnya. Rasanya yang kaya akan rempah-rempah membuat hidangan ini semakin istimewa. Bagi Anda yang ingin mencoba membuat Ikan Kuah Kuning Manado di rumah, berikut adalah resep dan langkah-langkahnya.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

– Ikan kakap, 500 gram
– Daun kemangi, secukupnya
– Bawang merah, 8 butir
– Bawang putih, 5 siung
– Cabai merah keriting, 10 buah
– Terasi, 1 sendok makan
– Kunyit, 2 cm
– Jahe, 2 cm
– Serai, 2 batang
– Daun jeruk, 2 lembar
– Daun salam, 2 lembar
– Air asam jawa, 2 sendok makan
– Air, secukupnya
– Garam, secukupnya
– Minyak goreng, secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Pertama-tama, cuci bersih ikan kakap dan sisihkan.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, terasi, kunyit, jahe, dan garam.
3. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan serai, daun jeruk, dan daun salam hingga harum.
4. Masukkan ikan kakap ke dalam wajan dan tumis hingga berubah warna.
5. Tambahkan air secukupnya dan biarkan mendidih.
6. Setelah mendidih, tambahkan air asam jawa dan aduk rata.
7. Masak ikan hingga matang dan kuahnya mengental.
8. Terakhir, tambahkan daun kemangi dan aduk sebentar. Matikan api dan hidangan Ikan Kuah Kuning Manado siap disajikan.

Selamat mencoba membuat Ikan Kuah Kuning Manado di rumah! Hidangan ini bisa menjadi variasi baru untuk keluarga Anda yang menyukai makanan pedas dan gurih. Jangan lupa hidangkan dengan nasi putih hangat agar makin nikmat!

Sebagai praktisi kuliner, saya ingin berbagi cara membuat Ikan Kuah Kuning Manado yang lezat dan autentik. Pertama, siapkan bahan-bahan seperti ikan, bumbu halus, kunyit, daun jeruk, lengkuas, dan kemangi. Kemudian, tumis bumbu halus hingga harum dan masukkan potongan ikan beserta bahan lainnya. Tambahkan air secukupnya dan masak hingga ikan matang. Sajikan Ikan Kuah Kuning Manado hangat dengan nasi putih dan selamat menikmati hidangan khas dari tanah Minahasa ini.

Baca juga:  Cara Mudah Membuat Udang Saus Padang

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Ikan Kuah Kuning Manado

Apa itu Ikan Kuah Kuning Manado?

Ikan Kuah Kuning Manado adalah hidangan khas Manado yang terdiri dari ikan yang dimasak dengan bumbu kuning khas, seperti kunyit, jahe, serai, dan lengkuas.

Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Kuah Kuning Manado?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Ikan Kuah Kuning Manado antara lain ikan segar, bumbu kunyit, jahe, serai, lengkuas, daun jeruk, cabai, tomat, air asam, garam, dan minyak goreng.

Bagaimana cara mempersiapkan ikan untuk Ikan Kuah Kuning Manado?

Cara mempersiapkan ikan untuk Ikan Kuah Kuning Manado adalah dengan membersihkan ikan, mengiris menjadi bagian-bagian yang sesuai, dan memberikan sedikit garam untuk menghilangkan bau amis.

Apa saja bumbu yang digunakan dalam Ikan Kuah Kuning Manado?

Bumbu-bumbu yang digunakan dalam Ikan Kuah Kuning Manado antara lain kunyit, jahe, serai, lengkuas, daun jeruk, dan cabai.

Bagaimana cara mengolah bumbu dalam Ikan Kuah Kuning Manado?

Cara mengolah bumbu dalam Ikan Kuah Kuning Manado adalah dengan menumbuk kunyit, jahe, serai, dan lengkuas menjadi pasta bumbu yang halus menggunakan blender atau ulekan.

Bagaimana cara memasak Ikan Kuah Kuning Manado?

Cara memasak Ikan Kuah Kuning Manado adalah dengan menumis bumbu halus hingga harum, menambahkan air, daun jeruk, cabai, tomat, air asam, dan garam, lalu merebus hingga matang. Setelah itu, ikan dimasukkan dan direbus hingga matang sempurna.

Apakah Ikan Kuah Kuning Manado bisa disimpan?

Ikan Kuah Kuning Manado dapat disimpan dalam lemari es selama 1-2 hari. Namun, disarankan untuk segera dikonsumsi agar cita rasanya tetap segar.

Dapatkah resep Ikan Kuah Kuning Manado disesuaikan dengan selera?

Tentu saja! Resep Ikan Kuah Kuning Manado dapat disesuaikan dengan selera pribadi. Anda dapat menambahkan atau mengurangi jumlah bumbu sesuai dengan preferensi rasa Anda.

Apa yang biasanya disajikan bersama Ikan Kuah Kuning Manado?

Ikan Kuah Kuning Manado biasanya disajikan dengan nasi putih hangat, sambal terasi, dan sayur-sayuran rebus seperti kangkung atau daun singkong. Beberapa juga menyajikannya dengan irisan jeruk nipis untuk memberikan aroma segar.

Baca juga:  Cara Memilih Semangka Non Biji

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *