Cara Membuat Gemblong Pulut Putih

Masakan tradisional selalu memikat perhatian dengan kelezatan dan keunikan rasanya. Salah satunya adalah gemblong pulut putih, sejenis makanan gurih yang terbuat dari singkong dan kelapa parut yang dipanggang hingga renyah. Bagaimana caranya agar kita bisa membuat gemblong pulut putih yang lezat dengan mudah di rumah? Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini dan rasakan kelezatannya!

Cara Membuat Gemblong Pulut Putih yang Lezat dan Gurih

1. Persiapan Bahan-bahan

Untuk membuat gemblong pulut putih yang lezat, Anda akan membutuhkan beberapa bahan utama. Siapkan 500 gram pulut putih yang telah direndam dalam air selama minimal 1 jam. Selain itu, Anda juga membutuhkan 200 gram gula kelapa, 200 ml air kelapa, dan minyak goreng secukupnya.

2. Membuat Caramel

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat caramel. Panaskan panci dengan api sedang dan masukkan gula kelapa ke dalamnya. Aduk terus menerus hingga gula kelapa meleleh dan berubah menjadi cairan karamel. Setelah warnanya berubah menjadi kecokelatan, tuangkan air kelapa secara perlahan sambil terus diaduk. Biarkan campuran mendidih hingga karamel mengental dan mengental. Kemudian, angkat dari api dan sisihkan.

3. Memasak Pulut Putih

Setelah caramel selesai, saatnya memasak pulut putih. Panaskan panci dengan api sedang dan masukkan pulut putih yang telah direndam ke dalamnya. Tambahkan air secukupnya agar pulut terendam. Masak pulut putih hingga matang dan melekat satu sama lain, sekitar 10-15 menit. Jangan lupa untuk terus mengaduk agar pulut tidak gosong.

4. Menggoreng Gemblong

Setelah pulut putih matang, angkat dan sisihkan sebentar hingga sedikit dingin. Kemudian, ambil sedikit adonan pulut dan bentuk menjadi bulatan kecil. Panaskan minyak goreng dalam wajan dan goreng gemblong hingga kecokelatan. Jika gemblong terlalu besar, maka waktu menggorengnya perlu lebih lama. Angkat dan tiriskan gemblong yang telah digoreng dalam tisu dapur untuk menghilangkan kelebihan minyak.

5. Penyajian

Setelah gemblong pulut putih telah dingin, sajikan dalam piring saji atau nampan. Gemblong pulut putih siap disantap dan dinikmati bersama keluarga atau teman-teman. Anda juga bisa menambahkan taburan wijen atau parutan kelapa sebagai hiasan jika diinginkan.

Baca juga:  Cara Membuat Risol Mayones Lumer

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda akan dapat membuat gemblong pulut putih yang renyah di luar dan lembut di dalam. Nikmati sensasi gurih dari gula kelapa caramel yang meleleh di mulut. Selamat mencoba!

Untuk menghasilkan gemblong pulut putih yang lezat, pertama-tama bersihkan dan rendam pulut putih semalaman. Setelah itu, kukus pulut putih hingga matang sempurna. Sementara itu, campurkan kelapa parut dengan garam dan tungku yang sudah dipanaskan. Aduk hingga kelapa parut berubah warna dan harum. Kemudian, aduk pulut putih dengan kelapa parut hingga merata. Diamkan sebentar agar rasa kelapa parut tercampur sempurna dengan pulut putih. Setelah itu, bentuk adonan menjadi bulat-bulat kecil dan gemblong siap untuk dinikmati. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Gemblong Pulut Putih

Apa itu gemblong pulut putih?

Gemblong pulut putih adalah sebuah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan putih yang digoreng dan diberi taburan parutan kelapa gula merah.

Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat gemblong pulut putih?

Bahan-bahan yang diperlukan antara lain: ketan putih, gula merah parut, air, daun pandan, dan minyak goreng.

Bagaimana cara membuat gemblong pulut putih?

– Rendam ketan putih dalam air selama beberapa jam.
– Tiriskan ketan dan kukus hingga matang.
– Panaskan minyak goreng dalam wajan.
– Masukkan gula merah parut ke dalam panci, tambahkan sedikit air, dan masak hingga gula merah larut dan mengental.
– Masukkan ketan yang sudah matang ke dalam wajan dan goreng hingga ketan berwarna kecokelatan.
– Tiriskan gemblong pulut putih dan sajikan.

Bagaimana cara memberi taburan parutan kelapa pada gemblong pulut putih?

Setelah gemblong pulut putih digoreng, taburi parutan kelapa pada permukaannya selagi masih panas.

Berapa lama masa simpan gemblong pulut putih?

Gemblong pulut putih dapat bertahan selama beberapa hari jika disimpan dalam wadah kedap udara di suhu ruangan.

Apa rasanya gemblong pulut putih?

Gemblong pulut putih memiliki rasa manis dari gula merah dan kelapa yang mampu membungkus ketan putih yang lembut.

Baca juga:  Cara Masak Gulai Ikan Tongkol Terengganu

Dapatkah gemblong pulut putih dijadikan sebagai oleh-oleh?

Ya, gemblong pulut putih dapat dijadikan sebagai oleh-oleh karena tahan lama dan memiliki rasa yang khas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *