Cara Membuat Gemblong Ketan Putih

Siapa yang tidak suka dengan camilan manis yang gurih dan renyah? Salah satu camilan tradisional Indonesia yang patut untuk dicoba adalah gemblong ketan putih. Seperti namanya, camilan ini terbuat dari ketan putih yang dipanggang hingga warna golden brown dengan taburan kelapa parut yang membuatnya semakin menggoda selera. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat gemblong ketan putih sendiri di rumah, tidak perlu khawatir! Berikut adalah cara membuatnya yang mudah dan pastinya sangat memuaskan rasa penasaran Anda. Yuk, simak pembahasan lengkapnya!

Cara Membuat Gemblong Ketan Putih yang Lezat dan Gurih

Siapa yang tidak kenal dengan gemblong? Kue tradisional yang terbuat dari ketan putih yang digoreng dan kemudian diberi siraman gula aren manis ternyata bisa dibuat sendiri di rumah. Ingin tahu caranya? Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan:

– 500 gram ketan putih
– 1/2 sendok teh garam
– 200 ml santan kelapa
– Minyak goreng secukupnya
– 250 ml air kelapa
– 200 gram gula merah, serut halus
– 2 lembar daun pandan, ikat simpul

Langkah-langkah Pembuatan Gemblong Ketan Putih:

1. Rendam ketan putih dalam air selama minimal 2 jam. Setelah direndam, tiriskan ketan dan diamkan selama 15-20 menit.

2. Panaskan kukusan dan kukus ketan selama 30 menit hingga matang sempurna dan lembut.

3. Setelah matang, biarkan ketan sedikit dingin dan kemudian bentuk ketan menjadi bulatan dengan diameter sekitar 3 cm.

4. Panaskan minyak dalam wajan dan goreng ketan hingga berwarna kuning keemasan dan mengembang. Angkat dan tiriskan di atas kertas minyak agar minyak berlebih tertampung di atas kertas.

5. Panaskan gula merah, air kelapa, dan daun pandan dalam panci di atas api kecil. Aduk hingga semua gula larut dan cairan sedikit mengental. Angkat panci dari api.

6. Celupkan gemblong dalam larutan gula merah panas dan aduk hingga rata. Pastikan semua permukaan gemblong terlapisi dengan gula merah.

7. Diamkan gemblong selama 15-20 menit agar gula merah mengering dan menyatu dengan gemblong.

Baca juga:  Cara Membuat Ayam Goreng Fillet

8. Gemblong ketan putih siap disajikan dan dinikmati sebagai camilan lezat dan gurih untuk keluarga tercinta.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat sendiri gemblong ketan putih yang lezat dan gurih di rumah. Selamat mencoba!

Terima kasih sudah membaca artikel ini tentang cara membuat gemblong ketan putih. Gemblong ketan putih adalah salah satu makanan tradisional yang memiliki rasa manis dan lengket. Untuk membuatnya, pertama-tama rebus ketan putih hingga matang, kemudian campurkan dengan gula kelapa yang sudah dicairkan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata, lalu bentuk adonan menjadi bulatan kecil dan panggang hingga kecokelatan. Setelah itu, Anda bisa menikmati gemblong ketan putih dengan rasa yang lezat dan kenyal. Selamat mencoba!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Gemblong Ketan Putih

Apa itu gemblong ketan putih?

Gemblong ketan putih adalah sejenis makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan putih yang digoreng dengan campuran gula kelapa sebagai taburan.

Apa bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat gemblong ketan putih?

Bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat gemblong ketan putih antara lain adalah ketan putih, gula merah, garam, dan minyak goreng.

Bagaimana cara membuat ketan putih yang lezat?

Untuk membuat ketan putih yang lezat, pertama-tama rendam ketan putih dalam air selama minimal 2 jam. Setelah itu, kukus ketan putih hingga matang dan setelah matang, aduk-aduk agar ketan tidak lengket. Biarkan ketan dingin sejenak sebelum digunakan.

Bagaimana cara membuat taburan gula kelapa untuk gemblong ketan putih?

Untuk membuat taburan gula kelapa, panaskan gula merah bersama sedikit air hingga larut dan mengental. Setelah itu, masukkan ketan putih yang sudah dipotong-potong ke dalam gula merah cair dan aduk rata. Biarkan gula merah mengering dan menempel pada ketan putih sebelum digoreng.

Bagaimana cara menggoreng gemblong ketan putih yang tepat?

Panaskan minyak goreng dalam wajan hingga cukup panas. Goreng gemblong ketan putih secara bertahap dengan api sedang hingga kuning keemasan dan matang secara merata. Angkat dan tiriskan gemblong ketan putih dari minyak goreng.

Baca juga:  Cara Membuat Martabak Telur Indomie

Bagaimana cara menyajikan gemblong ketan putih?

Gemblong ketan putih dapat disajikan dalam keadaan masih hangat atau saat sudah dingin. Gemblong ketan putih biasanya disajikan dalam wadah pisau atau tusuk gigi sehingga mudah dinikmati. Nikmati gemblong ketan putih sebagai camilan tradisional yang lezat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *