Cara Membuat Gemblong Ketan Hitam Gula Merah

Apakah Anda menyukai manisnya gula merah yang khas dan lezatnya ketan hitam yang kenyal? Jika iya, kali ini kami akan berbagi cara membuat gemblong ketan hitam gula merah yang tidak hanya lezat, tetapi juga mudah untuk dipraktikkan di rumah. Gemblong ketan hitam gula merah ini adalah hidangan tradisional Indonesia yang terdiri dari ketan hitam yang dibalut dengan gula merah, kemudian digoreng hingga renyah. Siapkan bahan-bahannya dan ikuti langkah-langkahnya untuk menciptakan hidangan yang sempurna ini. Siap-siap tergoda dengan aroma wangi dan sensasi manis yang tak terlupakan!

Cara Membuat Gemblong Ketan Hitam Gula Merah

1. Persiapan Bahan

Sebelum memulai pembuatan gemblong ketan hitam gula merah, pastikan semua bahan yang dibutuhkan sudah tersedia. Bahan-bahan yang diperlukan antara lain:
– 500 gram ketan hitam
– 200 gram gula merah
– 200 ml air
– Minyak goreng secukupnya

2. Mempersiapkan Ketan Hitam

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan ketan hitam. Pertama, cuci ketan hitam dengan air hingga bersih. Kemudian, rendam ketan hitam dalam air selama kurang lebih 4 jam agar ketan menjadi empuk.

3. Membuat Caramel Gula Merah

Langkah berikutnya adalah membuat caramel gula merah yang menjadi bahan utama dalam gemblong. Pertama, panaskan gula merah dan air dalam panci hingga mendidih. Aduk rata hingga gula merah larut sempurna dan adonan mengental. Angkat dan dinginkan sejenak.

4. Mencampurkan Ketan Hitam dengan Caramel

Setelah gula merah mengental, campurkan ketan hitam yang sudah direndam dengan caramel gula merah. Aduk rata hingga seluruh butiran ketan terbalur dengan gula merah. Pastikan ketan hitam dan caramel tercampur secara merata.

5. Menggoreng Gemblong Ketan Hitam

Setelah adonan tercampur rata, panaskan minyak dalam wajan. Ambil satu sendok makan adonan dan bentuk bulat pipih. Goreng gemblong ketan hitam dalam minyak panas hingga berwarna kecokelatan dan matang sempurna. Angkat dan tiriskan gemblong dari minyak.

6. Menyajikan Gemblong Ketan Hitam

Setelah gemblong ketan hitam gula merah sudah dingin, siapkan piring saji dan tata gemblong di atasnya. Hidangkan gemblong ketan hitam sebagai camilan atau makanan penutup yang lezat dan gurih.

Baca juga:  Cara Membuat Sop Bakso Simple

Demikianlah cara membuat gemblong ketan hitam gula merah yang dapat Anda praktikkan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi resep tentang cara membuat gemblong ketan hitam gula merah. Pertama-tama, siapkan bahan-bahan seperti ketan hitam, gula merah, dan daun pandan. Setelah itu, kukus ketan hitam hingga matang dan pisahkan dalam wadah. Selanjutnya, panaskan gula merah dengan sedikit air dan daun pandan hingga gula larut dan mengental. Kemudian, tuangkan larutan gula merah ke atas ketan hitam, aduk rata, dan biarkan hingga mengeras. Terakhir, sajikan gemblong ketan hitam gula merah dengan taburan kelapa parut. Selamat mencoba resep ini di rumah dan semoga berhasil!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Gemblong Ketan Hitam Gula Merah

Apa itu gemblong ketan hitam gula merah?

Gemblong ketan hitam gula merah adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan hitam yang digoreng dan dilumuri dengan gula merah cair.

Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat gemblong ketan hitam gula merah?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat gemblong ketan hitam gula merah antara lain ketan hitam, gula merah, air, daun pandan, dan minyak goreng.

Bagaimana cara membuat ketan hitam?

Untuk membuat ketan hitam, pertama-tama rendam ketan hitam dalam air selama 4-6 jam, kemudian tiriskan ketan hitam dan kukus selama 30-40 menit hingga matang. Setelah itu, angkat ketan hitam dari kukusan dan biarkan dingin sejenak sebelum digunakan.

Bagaimana cara membuat gula merah cair untuk gemblong?

Untuk membuat gula merah cair, potong-potong gula merah dan masukkan ke dalam panci. Tambahkan air secukupnya dan tambahkan daun pandan untuk memberikan aroma. Panaskan panci dengan api kecil hingga gula merah larut dan menjadi cair. Angkat panci dan saring gula merah cair untuk menghilangkan kotoran atau serpihan gula yang tidak larut.

Bagaimana cara membuat gemblong ketan hitam gula merah?

Caranya adalah panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah panas, masukkan ketan hitam yang telah matang dan goreng hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat ketan hitam dan tiriskan minyaknya. Selanjutnya, lumuri ketan hitam dengan gula merah cair secara merata. Gemblong ketan hitam gula merah siap disajikan.

Baca juga:  Cara Buat Ongol Ongol Dari Tepung Hunkwe

Apa tips agar gemblong ketan hitam gula merah menjadi renyah?

Untuk mendapatkan gemblong ketan hitam gula merah yang renyah, pastikan ketan hitam telah benar-benar dikukus dengan baik dan tepat matang. Selain itu, saat menggoreng, pastikan minyak dalam wajan benar-benar panas agar gemblong menjadi renyah dan tidak terlalu banyak menyerap minyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *