Cara Membuat Gemblong Gula Putih

Siapa yang tidak suka dengan camilan manis dan renyah seperti gemblong gula putih? Memiliki cita rasa yang unik dan menggugah selera, gemblong gula putih sering kali menjadi favorit dalam berbagai acara, seperti hari raya atau perayaan khusus. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba membuat sendiri gemblong gula putih di rumah, tidak perlu khawatir! Kali ini, kami akan membagikan cara membuat gemblong gula putih yang lezat dan tentunya mudah untuk dipraktikkan di dapur Anda. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

Cara Membuat Gemblong Gula Putih yang Nikmat

1. Mengenal Gemblong Gula Putih

Siapa yang tidak kenal dengan gemblong? Makanan khas Indonesia ini sangat populer di berbagai daerah. Gemblong gula putih adalah salah satu variasi gemblong yang memiliki cita rasa manis dan renyah. Bagian luar gemblong ini dihiasi dengan gula putih yang membentuk kerak garing yang menggugah selera. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Simak langkah-langkah di bawah ini!

2. Persiapan Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan gemblong gula putih, pastikan kamu telah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Beberapa bahan yang perlu kamu siapkan antara lain: tepung ketan, kelapa parut kasar, garam, dan tentunya gula putih yang akan menjadi hiasan gemblong tersebut.

3. Mengolah Tepung Ketan

Langkah pertama dalam pembuatan gemblong gula putih adalah mengolah tepung ketan. Campurkan tepung ketan dengan sedikit garam secukupnya. Setelah itu, tuang air panas sedikit-sedikit sambil diuleni hingga adonan tepung ketan bisa dipulung tanpa lengket di tangan. Diamkan adonan selama beberapa menit agar menjadi lebih kenyal.

4. Membentuk Adonan

Setelah adonan tepung ketan siap, ambil sejumput adonan kemudian gilas hingga menjadi pipih. Bentuk adonan menjadi bulat atau seperti donat kecil dengan lubang di tengahnya. Lakukan langkah ini hingga adonan tepung ketan habis.

5. Membuat Gula Putih

Langkah selanjutnya adalah membuat gula putih yang akan menjadi hiasan gemblong. Panaskan wajan dengan api sedang. Tambahkan gula putih dan biarkan gula tersebut meleleh dan berubah warna menjadi kecokelatan. Setelah itu, masukkan adonan tepung ketan yang telah dibentuk tadi. Gulingkan adonan hingga terbalut gula putih merata.

Baca juga:  Cara Membuat Urap Sayur Sederhana

6. Menggoreng Gemblong Gula Putih

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng gemblong yang sudah dibalut gula putih tadi hingga berwarna cokelat keemasan. Angkat dan tiriskan gemblong yang telah matang

7. Siap Disajikan

Setelah gemblong gula putih sudah tidak terlalu panas, kamu bisa langsung menyajikannya. Gemblong gula putih ini bisa menjadi camilan lezat saat bersantai atau bisa juga dijadikan hidangan penutup setelah makan. Manjakan lidahmu dengan gemblong gula putih yang kenyal dan gurih ini!

Selamat mencoba membuat gemblong gula putih! Jangan lupa berbagi dengan orang terdekatmu. Semoga berhasil dan selamat menikmati!

Sekian tutorial mengenai cara membuat gemblong gula putih. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mencoba membuatnya di rumah. Gemblong gula putih adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang kaya akan cita rasa manis dan lezat. Selamat mencoba!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Gemblong Gula Putih

Apa itu gemblong gula putih?

Gemblong gula putih adalah makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan yang digoreng dengan taburan gula putih di atasnya.

Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat gemblong gula putih?

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat gemblong gula putih antara lain:
– 250 gram ketan
– 100 gram gula pasir
– Minyak kelapa untuk menggoreng

Bagaimana cara membuat gemblong gula putih?

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat gemblong gula putih:
1. Rendam ketan dalam air selama minimal 3 jam.
2. Tiriskan ketan dan kukus selama sekitar 30 menit hingga matang.
3. Blender ketan kukus hingga halus menggunakan blender atau food processor.
4. Bentuk adonan ketan menjadi bulatan kecil-kecil.
5. Panaskan minyak kelapa dalam wajan.
6. Goreng bulatan ketan hingga menjadi kecokelatan.
7. Tiriskan gemblong yang sudah digoreng dengan gula pasir secara merata.

Apa tips agar gemblong gula putih tetap renyah?

Untuk membuat gemblong gula putih tetap renyah, pastikan menggorengnya dengan minyak yang sudah dipanaskan dengan suhu yang tepat. Pastikan juga meniriskan gemblong dengan baik setelah digoreng agar minyak berlebih dapat terbuang.

Baca juga:  Cara Buat Waffle Azie Kitchen

Bagaimana cara menyimpan gemblong gula putih agar tetap segar?

Untuk menyimpan gemblong gula putih, simpan dalam wadah kedap udara atau plastik ziplock agar tetap terjaga kelezatannya. Simpan di tempat yang kering dan sejuk untuk menjaga gemblong tetap renyah.

Apakah gemblong gula putih mudah dijadikan oleh-oleh?

Ya, gemblong gula putih merupakan salah satu makanan yang mudah dijadikan oleh-oleh. Dengan cara penyimpanan yang tepat, gemblong gula putih dapat tahan hingga beberapa hari dan tetap enak saat disantap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *