Cara Membuat Es Doger Santan

Siapa yang bisa menolak segarnya es doger santan? Minuman khas Betawi ini merupakan kombinasi sempurna antara es serut, santan, gula merah cair, dan berbagai macam topping lezat yang membuat lidah bergoyang. Tapi tahukah Anda bahwa Anda bisa membuat es doger santan favorit Anda sendiri di rumah? Tidak perlu repot-repot pergi ke toko kelontong, dengan beberapa bahan sederhana dan taburan kreativitas, Anda bisa menikmati es doger santan nikmat ini kapan pun Anda mau. Yuk, simak cara pembuatannya yang mudah dan praktis!

Cara Membuat Es Doger Santan yang Memanjakan Lidah Anda

1. Menyiapkan Bahan-bahan

Siapa yang tidak kenal dengan Es Doger? Minuman dingin yang kaya akan rasa, warna-warni, dan aroma khas Indonesia ini memang menjadi favorit banyak orang. Terbuat dari santan, gula merah, buah nanas, kelapa parut, dan berbagai bahan lainnya, Es Doger santan merupakan minuman yang segar dan cocok dinikmati di segala suasana.

2. Membuat Bubur Merah

Langkah pertama dalam membuat Es Doger santan adalah membuat bubur merah. Untuk membuat bubur ini, kita membutuhkan gula merah, air, dan daun pandan. Didihkan air dan tambahkan gula merah yang sudah dipotong-potong. Setelah gula merah larut dan air mendidih, tambahkan daun pandan untuk memberikan aroma yang sedap. Masaklah hingga gula merah benar-benar larut dan rasanya merata.

3. Menyiapkan Komponen Lainnya

Selagi bubur merah masih panas, kita bisa menyiapkan komponen lainnya. Potong-potong nanas yang sudah matang menjadi ukuran yang kecil. Rendam kelapa parut dengan air hangat selama beberapa menit agar menjadi lebih lembut. Sementara itu, siapkan juga bahan seperti biji selasih, tape ketan hitam, dan sagu mutiara yang sudah direndam sebelumnya.

4. Membuat Es Doger Santan

Saat semua bahan sudah siap, kita bisa mulai membuat Es Doger santan. Ambil satu gelas saji atau mangkuk, lalu tuangkan bubur merah yang sudah dingin ke dalamnya. Tambahkan potongan nanas, kelapa parut, biji selasih, tape ketan hitam, dan sagu mutiara. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur merata.

Baca juga:  Cara Membuat Sambal Pecel Lele Yang Mudah

5. Menambahkan Santan

Setelah itu, tambahkan santan ke dalam Es Doger yang sudah tercampur semua. Pastikan santan yang digunakan masih segar dan kental. Tuangkan santan secara perlahan ke dalam gelas atau mangkuk, dan aduk-aduk kembali agar semua bahan tercampur merata dengan santan.

6. Menambahkan Es Serut

Terakhir, tambahkan es serut ke dalam Es Doger santan untuk memberikan sensasi dingin yang pas. Gunakan mesin es serut atau parutan es untuk menghasilkan tekstur es serut yang halus dan lembut. Taburkan es serut secukupnya di atas Es Doger santan yang sudah terisi semua bahan.

7. Menikmati Es Doger Santan yang Nikmat

Es Doger santan siap dinikmati! Rasakan sensasi kelezatan dan kefrisian dari Es Doger yang terbuat dari santan kental, rasa manis dari gula merah, serta tekstur dari berbagai komponen lainnya. Es Doger santan ini cocok untuk menyegarkan tubuh saat cuaca panas, maupun sebagai hidangan penutup yang menyenangkan setelah makan.

Itulah cara mudah membuat Es Doger santan yang memanjakan lidah Anda. Nikmati minuman ini bersama keluarga dan teman-teman terdekat, dan rasakan kelezatannya yang tiada tara. Selamat mencoba!

Es Doger Santan adalah minuman tradisional yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Cara membuat Es Doger Santan sangatlah mudah. Pertama, siapkan bahan-bahan seperti santan, gula merah, daun pandan, kelapa parut, dan es serut. Kemudian, rebus santan, gula merah, dan daun pandan hingga mendidih dan gula merah larut. Setelah itu, saring santan untuk membuang daun pandan. Selanjutnya, siapkan gelas saji dan tempatkan es serut di dasar gelas. Tambahkan kelapa parut yang telah disangrai di atas es serut. Terakhir, tuangkan santan gula merah ke dalam gelas. Es Doger Santan siap disajikan dan nikmati kesegarannya. Selamat mencoba!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Es Doger Santan

Apa itu Es Doger Santan?

Es Doger Santan adalah minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari santan, gula merah, kelapa parut, dan berbagai macam bahan tambahan seperti tape ketan, alpukat, kolang-kaling, cincau, dan sirup.

Baca juga:  Cara Membuat Ayam Goreng Yang Empuk

Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Es Doger Santan?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Es Doger Santan antara lain:
1. Santan kental
2. Gula merah, parut
3. Kelapa parut, sangrai
4. Tape ketan
5. Alpukat, potong dadu
6. Kolang-kaling
7. Cincau, potong kotak
8. Sirup cocopandan atau sirup merah

Bagaimana cara membuat Es Doger Santan?

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Es Doger Santan:
1. Rebus santan dengan gula merah hingga gula merah larut. Dinginkan.
2. Siapkan gelas atau mangkuk saji.
3. Masukkan kelapa parut sangrai, tape ketan, alpukat, kolang-kaling, dan cincau ke dalam gelas atau mangkuk.
4. Tuangkan santan yang sudah dingin ke dalam gelas atau mangkuk saji.
5. Tambahkan sirup cocopandan atau sirup merah sesuai selera.
6. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
7. Tambahkan es batu sesuai selera.
8. Es Doger Santan siap disajikan.

Apa variasi tambahan bahan yang bisa digunakan dalam Es Doger Santan?

Selain tape ketan, alpukat, kolang-kaling, dan cincau, beberapa variasi tambahan bahan yang bisa digunakan dalam Es Doger Santan antara lain:
1. Nata de coco
2. Mutiara sagu
3. Buah nangka
4. Tape singkong
5. Roti tawar, potong dadu

Apakah Es Doger Santan cocok untuk disajikan dalam acara apa?

Es Doger Santan cocok disajikan dalam acara-acara informal seperti acara keluarga, arisan, atau acara santai bersama teman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *