Cara Membuat Es Doger Pirex

Siapa yang tidak tergila-gila dengan segarnya Es Doger yang khas? Rasanya yang manis, padat, dan lezat membuatnya menjadi minuman favorit banyak orang, terutama di daerah Jawa Barat. Namun, tahukah Anda bahwa Anda bisa membuat Es Doger Pirex yang lezat di rumah sendiri? Nah, tidak perlu khawatir karena di sini saya akan berbagi dengan Anda resep rahasia untuk membuat Es Doger Pirex yang sempurna, yang siap membuat lidah Anda bergoyang! Baca terus untuk mengetahui langkah-langkahnya yang mudah dan nikmati sensasi segarnya di tenggorokan Anda.

Cara Membuat Es Doger Pirex

Es Doger merupakan salah satu minuman ikonis dari Jawa Barat yang memiliki rasa manis dan segar. Kombinasi antara es serut, santan, gula merah, dan aneka macam topping membuat Es Doger digemari oleh banyak orang. Bagi Anda yang ingin menikmati Es Doger dalam porsi besar dan presentasi menarik, Anda dapat mencoba membuat Es Doger dalam pirex. Berikut adalah langkah-langkahnya.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat Es Doger Pirex, Anda membutuhkan beberapa bahan berikut:

  • Es serut secukupnya
  • 400 ml santan kental
  • 100 gram gula merah, serut halus
  • Secubit garam
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • Topping sesuai selera (misalnya kolang kaling, alpukat, cincau, kelapa parut, dan kacang)

Langkah-langkah Membuat

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat Es Doger Pirex:

  • Langkah pertama, siapkan pirex atau wadah kaca yang cukup besar. Pastikan pirex dalam keadaan bersih dan siap untuk digunakan.
  • Dalam pirex tersebut, tambahkan es serut hingga memenuhi setengah pirex.
  • Di dalam panci, masak santan kental, gula merah serutan, garam, dan vanili bubuk. Aduk rata dan masak dengan api kecil hingga gula merah larut dan santan mendidih.
  • Tuangkan campuran santan ke dalam pirex dengan es serut. Pastikan santan merata di atas es serut.
  • Tambahkan topping sesuai selera di atas campuran santan dan es serut. Anda dapat menggunakan kolang kaling, alpukat, cincau, kelapa parut, atau kacang sebagai topping.
  • Sajikan Es Doger Pirex dalam keadaan dingin dan nikmati!
Baca juga:  Cara Buat Puding Telur Karamel

Demikianlah cara mudah membuat Es Doger Pirex yang segar dan lezat. Anda dapat menikmati Es Doger ini bersama keluarga atau teman-teman sebagai hidangan penutup yang menyegarkan. Selamat mencoba!

Membuat Es Doger Pirex tidaklah sulit. Pertama-tama, persiapkan bahan-bahan seperti kelapa parut, gula merah, pandan, daun pandan, santan, kaldu kelapa, dan es serut. Rebus gula merah dengan air hingga menyatu dan beri sedikit pandan. Setelah itu, masukkan kelapa parut dan aduk hingga matang. Langkah berikutnya adalah membuat kuah santan dengan merebus santan, kaldu kelapa, dan daun pandan. Setelah semua bahan matang, masukkan potongan es serut ke dalam pirex dan tuangkan kuah santan serta campuran kelapa parut di atasnya. Es Doger Pirex siap disajikan dan nikmati sensasi segarnya dalam satu gigitan!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Es Doger Pirex

Apa itu es doger pirex?

Es doger pirex adalah minuman segar berbahan dasar kelapa parut, air gula merah, dan berbagai macam bahan tambahan seperti cincau, nangka, ketan hitam, kacang hijau, dll.

Apa perbedaan es doger pirex dengan es doger biasa?

Perbedaan utama antara es doger pirex dan es doger biasa terletak pada wadah penyajiannya. Es doger pirex disajikan dalam piala kaca atau pirex sedangkan es doger biasa biasanya disajikan dalam mangkuk atau gelas.

Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es doger pirex?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es doger pirex antara lain kelapa parut, air gula merah, cincau, nangka, ketan hitam, kacang hijau, sirup merah, susu kental manis, es batu, dan pirex sebagai wadah penyajian.

Bagaimana cara membuat es doger pirex?

1. Pertama, rebus kelapa parut dengan air gula merah hingga air gula merah larut dan kelapa matang.
2. Setelah itu, potong-potong cincau, nangka, ketan hitam, dan kacang hijau sesuai selera.
3. Siapkan pirex dan letakkan cincau, nangka, ketan hitam, dan kacang hijau di dasar pirex.
4. Kemudian, tuangkan air gula merah dengan kelapa ke dalam pirex.
5. Tambahkan sirup merah dan susu kental manis sesuai dengan selera.
6. Terakhir, tambahkan es batu ke dalam pirex dan es doger pirex siap disajikan.

Baca juga:  Cara Praktis Mengolah Daging Kurban Yang Enak, Sehat, dan Awet

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat es doger pirex?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat es doger pirex sekitar 30-45 menit, tergantung pada kecepatan memasak kelapa parut dan persiapan bahan lainnya.

Bagaimana cara penyajian es doger pirex yang baik?

Setelah es doger pirex selesai dibuat, Anda dapat menyajikannya dengan memberikan sentuhan tambahan seperti taburan kacang sangrai atau topping serut es krim. Sajikan es doger pirex dalam keadaan dingin untuk menambah kesegarannya.

Bisakah es doger pirex disimpan?

Es doger pirex sebaiknya langsung disajikan setelah pembuatan karena bahan-bahannya lebih enak ketika masih segar. Jika ingin menyimpan, lebih baik menyimpan bahan-bahan es doger secara terpisah dan menyajikannya saat akan dikonsumsi. Bahan seperti air gula merah dengan kelapa dapat disimpan di dalam kulkas untuk menjaga kebersihannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *