Cara Membuat Es Doger Dengan Blender

Anda ingin menikmati segarnya es doger yang lezat di tengah teriknya cuaca? Tak perlu khawatir, karena kali ini saya akan membagikan cara membuat es doger dengan blender yang praktis dan mudah. Rasakan sensasi manisnya kelapa muda, jagung manis, ketan hitam, dan sirup gula merah yang sempurna menyatu dalam sebuah gelas. Mari kita mulai petualangan rasa yang menggoda ini dan buatlah es doger nikmat sendiri di rumah!

Cara Membuat Es Doger Dengan Blender

Siapa yang tidak suka dengan es doger? Makanan yang terkenal di daerah Jawa Barat ini memang memiliki cita rasa yang begitu khas dan lezat. Tren es doger juga semakin berkembang, dan kini kamu tidak perlu lagi pergi ke tempat makan khas Jawa Barat untuk menikmatinya. Dalam artikel ini, kami akan membagikan resep dan cara membuat es doger dengan menggunakan blender, sehingga kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. Yuk, simak selengkapnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan es doger, ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

– 1 buah kelapa muda

– 200 gram ketan hitam, rendam semalaman

– 100 gram tape ketan, rendam semalaman

– 200 gram alpukat, potong kecil-kecil

– 200 gram kelapa parut kasar

– 200 gram gula pasir

– 1 sendok teh daun pandan, ambil airnya

– Es serut secukupnya

Langkah-langkah Pembuatan

1. Siapkan blender dan blender semua bahan ke dalamnya, kecuali es serut. Blender hingga semua bahan tercampur dengan baik.

2. Setelah semua bahan tercampur secara merata, tuangkan adonan ke dalam mangkuk penyajian.

3. Tambahkan es serut di atas adonan hingga menutupi seluruh permukaannya.

4. Es doger siap disajikan dan bisa langsung dinikmati.

Itulah cara membuat es doger dengan menggunakan blender yang dapat kamu coba di rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Es doger merupakan salah satu makanan atau minuman yang cukup populer di Indonesia. Untuk membuat es doger dengan blender, pertama-tama siapkan bahan-bahan seperti kelapa parut, santan kelapa, gula merah, daun pandan, es batu, biji selasih, tape ketan hitam, dan beberapa jenis buah. Pertama-tama, blender kelapa parut dengan santan kelapa hingga halus dan kemudian saring. Kemudian, rebus campuran santan kelapa dan gula merah bersama daun pandan hingga mendidih dan gula merah larut. Setelah itu, dinginkan campuran tersebut. Selanjutnya, blender tape ketan hitam dengan air secukupnya hingga halus dan saring. Sisihkan. Ambil gelas saji dan tata es batu di dasarnya. Tuangkan campuran santan kelapa yang telah dingin. Tambahkan selasih, tape ketan hitam, dan potongan buah-buahan sesuai selera di atas santan kelapa. Terakhir, tambahkan sirup gula kelapa yang telah didinginkan dan es doger siap disajikan. Nikmati es doger yang segar dan lezat ini sebagai hidangan penutup yang sempurna dalam cuaca panas.

Baca juga:  Cara Memasak Ikan Kuah Kuning Asam

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Es Doger Dengan Blender

Apa itu Es Doger?

Es Doger adalah minuman tradisional dari Jawa Barat yang terbuat dari es serut, santan, dan bahan-bahan seperti ketan hitam, alpukat, cincau, dan merah delima.

Apakah Es Doger bisa dibuat dengan blender?

Ya, Es Doger bisa dibuat dengan menggunakan blender untuk mencampur bahan-bahan menjadi satu.

Apa yang diperlukan untuk membuat Es Doger dengan blender?

Untuk membuat Es Doger dengan blender, Anda memerlukan bahan-bahan seperti es serut, santan, gula merah, alpukat, ketan hitam, merah delima, cincau, dan sirup.

Bagaimana cara membuat Es Doger dengan blender?

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat Es Doger dengan blender:
1. Blender gula merah hingga halus.
2. Campurkan santan dan blender lagi hingga rata.
3. Tambahkan sedikit air jika terlalu kental.
4. Blender es serut hingga halus dan letakkan dalam mangkuk.
5. Tambahkan cincau, ketan hitam, alpukat, dan merah delima ke dalam mangkuk.
6. Tuangkan sirup dan campur rata dengan sendok.
7. Tuangkan campuran santan gula merah ke dalam mangkuk es serut.
8. Aduk rata dan Es Doger siap disajikan.

Apa saja variasi bahan yang bisa ditambahkan dalam Es Doger?

Selain cincau, ketan hitam, alpukat, dan merah delima, Anda juga bisa menambahkan biji selasih, durian, nangka, atau bahan lain sesuai selera pada Es Doger.

Berapa lama Es Doger dapat disimpan?

Es Doger dapat disimpan dalam lemari es selama 1-2 hari. Pastikan untuk menutup rapat dalam wadah kedap udara agar Es Doger tetap segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *