Cara Membuat Bumbu Kering Rendang

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan cita rasa gurih dan pedas khas Masakan Padang yang satu ini, bukan? Ya, rendang! Hidangan daging yang disajikan dengan kuah kental dan aroma rempah yang begitu menggugah selera. Namun, tahukah Anda bahwa Anda juga dapat membuat bumbu kering rendang yang lezat tanpa harus repot memasak dengan kuah? Simaklah pembahasan berikut ini untuk mengetahui cara membuat bumbu kering rendang yang tak kalah enak dan tentunya praktis!

Cara Membuat Bumbu Kering Rendang yang Lezat

Jika Anda pecinta masakan Padang, pasti sudah tidak asing lagi dengan rendang. Rendang merupakan masakan khas Indonesia yang terkenal dengan cita rasa yang kaya dan menggunakan bumbu yang kompleks. Salah satu ciri khas rendang adalah bumbunya yang kering dan aromatik. Tidak perlu khawatir, Anda dapat membuat bumbu kering rendang sendiri di rumah dengan mudah. Berikut adalah cara membuat bumbu kering rendang yang lezat.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan bumbu kering rendang, siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut:

– 10 biji cabai merah keriting
– 8 biji cabai merah besar
– 6 butir bawang merah
– 4 siung bawang putih
– 3 cm jahe
– 3 cm lengkuas
– 2 tangkai serai
– 5 lembar daun jeruk purut
– 3 lembar daun salam
– 3 batang sereh, ambil bagian putihnya saja
– 2 sendok teh ketumbar bubuk
– 1 sendok teh jintan bubuk
– 1 sendok teh merica bubuk
– 1 sendok makan gula merah, sisir halus
– 1 sendok teh garam
– 250 ml santan kental

Langkah-langkah Pembuatan

Setelah semua bahan tersedia, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat bumbu kering rendang yang lezat:

1. Pertama, haluskan cabai merah keriting, cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, jahe, dan lengkuas di dalam blender atau ulek dengan cobek sampai halus dan berbentuk pasta.

2. Siapkan wajan yang besar dan panaskan sedikit minyak di dalamnya. Tumis pasta bumbu yang telah dihaluskan di atas api kecil hingga harum dan matang sempurna.

Baca juga:  Bahan Dan Cara Membuat Kue Akar Kelapa

3. Masukkan serai, daun jeruk, daun salam, dan sereh ke dalam wajan. Aduk rata dan masak selama beberapa menit hingga aroma bumbu semakin pekat.

4. Selanjutnya, tambahkan ketumbar, jintan, merica, gula merah, dan garam. Aduk rata dan masak selama beberapa menit lagi hingga bumbu tercampur dengan baik.

5. Terakhir, masukkan santan kental ke dalam wajan. Aduk rata dengan bumbu dan masak dengan api kecil agar santan tidak pecah. Masak hingga bumbu mengering dan terlihat berminyak.

Penggunaan Bumbu Kering Rendang

Setelah bumbu kering rendang siap, Anda dapat menggunakannya untuk memasak rendang dengan berbagai bahan pilihan, seperti daging sapi, daging ayam, atau empal daging. Proses memasak rendang dengan bumbu kering ini akan menghasilkan masakan yang gurih dan aromatik. Selamat mencoba!

Selamat mencoba cara membuat bumbu kering rendang yang lezat ini! Pertama, sangrai rempah-rempah seperti serai, daun jeruk, cengkeh, kayu manis, dan biji pala hingga harum. Kemudian, haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabai rawit, jahe, dan kunyit. Tumis bumbu halus hingga matang dan tambahkan rempah-rempah yang telah disangrai tadi. Aduk hingga tercampur rata dan beraroma sedap. Terakhir, siram dengan santan dan aduk hingga mendidih. Tambahkan daging yang telah dipotong ke dalam bumbu dan masak hingga rendang kering yang gurih dan enak siap disajikan. Selamat menikmati!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Bumbu Kering Rendang

Apa itu bumbu kering rendang?

Bumbu kering rendang adalah campuran bumbu yang digunakan untuk menghasilkan cita rasa khas pada rendang yang kering dan gurih.

Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu kering rendang?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bumbu kering rendang antara lain: kelapa parut, cabai kering, bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, jahe, kunyit, ketumbar, jintan, kayu manis, garam, gula, dan minyak kelapa.

Bagaimana cara membuat bumbu kering rendang?

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat bumbu kering rendang:
1. Sangrai kelapa parut kering dalam wajan hingga kecokelatan.
2. Haluskan bumbu-bumbu seperti cabai kering, bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, jahe, kunyit, ketumbar, jintan, dan kayu manis.
3. Panaskan minyak kelapa dalam wajan, tumis bumbu halus hingga harum.
4. Masukkan kelapa sangrai ke dalam tumisan bumbu, aduk rata hingga meratakan tekstur bumbu dan kelapa.
5. Tambahkan garam dan gula secukupnya, aduk kembali hingga bumbu tercampur dengan baik.
6. Biarkan bumbu kering rendang dingin sebelum digunakan.

Baca juga:  Cara Membuat Gemblong Tepung Ketan Putih

Bagaimana cara menyimpan bumbu kering rendang?

Bumbu kering rendang dapat disimpan dalam wadah kedap udara di tempat yang sejuk dan kering. Pastikan menyimpannya di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Bumbu kering rendang dapat bertahan hingga beberapa bulan jika disimpan dengan baik.

Apa cara penggunaan bumbu kering rendang?

Untuk menggunakan bumbu kering rendang, tambahkan bumbu kering ini saat memasak daging rendang. Tambahkan bumbu kering rendang sesuai selera dan kebutuhan untuk mendapatkan cita rasa yang diinginkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *