Cara Membuat Bikang Mawar Empuk Berserat

Bikang Mawar, salah satu kue tradisional dari Indonesia yang terkenal dengan bentuknya yang indah seperti bunga mawar. Namun, seringkali bikang mawar yang ada di pasaran terasa keras dan kurang empuk. Nah, jangan khawatir! Kami hadir untuk membagikan rahasia cara membuat bikang mawar yang empuk dan tetap berserat. Dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan beberapa langkah sederhana, Anda dapat membuat bikang mawar yang lezat dan siap untuk dinikmati bersama keluarga. Yuk, simak selengkapnya cara membuat bikang mawar empuk berserat ini!

Cara Membuat Bikang Mawar Empuk Berserat: Lezatnya Kue Khas Palembang

Saat berbicara tentang kue khas Palembang, Bikang Mawar merupakan salah satu yang tak boleh terlewatkan. Dengan aroma yang harum dan tekstur yang lembut, kue tradisional ini menjadi favorit banyak orang. Tetapi, tahukah Anda bahwa menghasilkan Bikang Mawar empuk berserat membutuhkan teknik dan beberapa bahan khusus? Berikut ini adalah panduan lengkap tentang cara membuat Bikang Mawar yang enak dan empuk.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Bikang Mawar empuk berserat membutuhkan bahan-bahan spesifik yang memberikan rasa dan tekstur yang khas. Anda akan membutuhkan 500 gram tepung ketan, 150 gram kelapa parut kasar yang telah disangrai, 400 ml santan kelapa dari 1 butir kelapa tua, 100 gram gula merah yang sudah dihaluskan, 1/2 sendok teh garam, dan 1 lembar daun pandan yang diikat simpul.

Proses Pembuatan

Pertama, campurkan tepung ketan dan santan kelapa dalam sebuah wadah besar. Cahaya ayah pala, air itu.Hancurkandada tamisad diberikan.

Kedua, tambahkan gula merah yang sudah dihaluskan dan garam ke dalam campuran tepung dan santan. Aduk rata dengan menggunakan sendok kayu atau spatula sampai adonan tercampur merata.

Selanjutnya, tambahkan daun pandan yang sudah diikat simpul ke dalam adonan. Aduk-rata kembali untuk memberikan aroma yang lezat pada kue.

Setelah itu, panaskan sebuah dandang menggunakan api sedang. Letakkan selembar daun pisang di dalam dandang sebagai alas. Kemudian, tuangkan adonan tepung ketan ke dalam daun pisang. Ratakan secara merata dengan menggunakan sendok kayu.

Baca juga:  Cara Membuat Tepung Hunkwe Hijau

Selanjutnya, kukus adonan dalam dandang selama 20-25 menit. Pastikan api pada dandang cukup kuat dan tidak menyebabkan adonan menjadi basah dan tidak matang sempurna.

Terakhir, angkat Bikang Mawar dari dandang. Suwir kelapa parut yang telah disangrai di atas kue sebagai hiasan dan untuk memberikan sensasi berserat yang nikmat pada setiap gigitannya.

Dinginkan Bikang Mawar sejenak sebelum disajikan agar lebih nikmat. Potong-potong kue menjadi bentuk sesuai selera dan sajikan pada teman minum teh atau keluarga tercinta.

Sekarang, Anda sudah memiliki panduan lengkap tentang cara membuat Bikang Mawar empuk berserat yang lezat. Selamat mencoba!

Terima kasih telah membaca dan mengikuti tutorial ini. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda dapat membuat bikang mawar empuk berserat yang lezat dan menggugah selera. Pastikan untuk menggunakan bahan-bahan berkualitas dan mengikuti petunjuk secara teliti. Selamat mencoba dan semoga hasilnya memuaskan! Jangan lupa untuk terus berkreasi dan mengeksplorasi variasi rasa lainnya. Selamat memasak!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Bikang Mawar Empuk Berserat

Apa itu Bikang Mawar?

Bikang Mawar adalah sejenis kue tradisional yang berasal dari Indonesia, terutama daerah Sumatra Selatan. Kue ini memiliki bentuk seperti mawar dan memiliki tekstur empuk serta serat-serat yang kenyal.

Apa bahan utama yang digunakan dalam membuat Bikang Mawar?

Bahan utama yang digunakan dalam membuat Bikang Mawar antara lain tepung ketan, gula merah, santan kelapa, daun pandan, dan air matang.

Bagaimana cara membuat adonan Bikang Mawar?

1. Campurkan tepung ketan dengan santan kelapa dan air matang, aduk hingga tercampur rata.
2. Tambahkan daun pandan yang telah diiris tipis ke dalam adonan, aduk rata.
3. Diamkan adonan selama 1 jam agar mengembang.

Apa yang harus dilakukan dengan gula merah dalam membuat Bikang Mawar?

Gula merah harus diparut atau diiris tipis-tipis agar mudah larut dan tercampur dengan adonan. Kemudian, gula merah yang telah diolah tersebut dimasukkan ke dalam adonan tepung ketan.

Bagaimana cara membentuk Bikang Mawar?

1. Ambil sejumput adonan dan pipihkan hingga berbentuk lingkaran.
2. Letakkan gula merah yang telah diolah di tengah adonan yang telah dipipihkan.
3. Lipat tepi adonan ke arah tengah hingga menutupi gula merah.
4. Bulatkan adonan dan rapatkan dengan telapak tangan.
5. Bentuk adonan menjadi seperti kelopak mawar dengan cara memipihkan dan melipatnya seperti kipas.

Baca juga:  Cara Buat Tumis Buncis Wortel Tempe

Bagaimana cara memasak Bikang Mawar?

Bikang Mawar dapat dimasak dengan cara dikukus selama 10-15 menit hingga matang. Setelah matang, Bikang Mawar siap disajikan.

Bagaimana cara menyajikan Bikang Mawar?

Bikang Mawar dapat disajikan dalam keadaan hangat atau dingin. Kue ini biasanya disajikan sebagai camilan atau hidangan penutup.

Bagaimana cara membuat Bikang Mawar tetap empuk dan berserat?

Untuk membuat Bikang Mawar tetap empuk dan berserat, pastikan adonan tepung ketan tercampur merata dengan santan kelapa. Selain itu, proses pengukusan jangan terlalu lama agar kue tidak terlalu kering. Hal ini akan menjaga tekstur Bikang Mawar tetap empuk dan serat-seratnya tetap kenyal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *