Cara Membuat Ayam Goreng Asam Manis Pedas

Makanan yang berkarakteristik asam pedas memiliki cita rasa yang menggoda dan memberikan sensasi yang menantang lidah. Salah satu hidangan yang tak lekang oleh waktu adalah Ayam Goreng Asam Manis Pedas yang menggugah selera. Dengan bumbu yang kaya rasa, campuran manis dan asam yang seimbang, serta kelezatan ayam yang renyah, tak heran jika hidangan ini menjadi favorit banyak orang. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat Ayam Goreng Asam Manis Pedas yang bisa diikuti dengan mudah di dapur Anda sendiri.

Cara Membuat Ayam Goreng Asam Manis Pedas yang Bikin Nagih

Ayam goreng selalu menjadi hidangan yang disukai oleh banyak orang. Rasanya yang renyah di luar dan juicy di dalam membuat makanan ini menjadi favorit banyak orang. Namun, jika Anda ingin mencoba sesuatu yang berbeda, mengapa tidak mencoba membuat Ayam Goreng Asam Manis Pedas? Kombinasi antara rasa asam, manis, dan pedas akan membuat lidah Anda bergoyang!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memasak, pastikan Anda memiliki semua bahan yang dibutuhkan. Beberapa bahan yang Anda butuhkan untuk membuat Ayam Goreng Asam Manis Pedas ini antara lain:

  • 1/2 kg ayam potong sesuai selera
  • 2 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah bawang bombay, iris tipis
  • 2 buah cabai merah besar, iris serong
  • 2 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdm saus cabai
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt kaldu ayam bubuk
  • 2 sdm air asam jawa
  • Minyak untuk menggoreng

Langkah-Langkah Membuat Ayam Goreng Asam Manis Pedas

Setelah mempersiapkan semua bahan, ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat Ayam Goreng Asam Manis Pedas yang lezat:

Langkah 1: Marinasi Ayam

Pertama-tama, marinasi ayam dengan bawang putih, garam, merica bubuk, dan kaldu ayam bubuk. Diamkan selama minimal 30 menit agar bumbu meresap dengan baik.

Langkah 2: Menggoreng Ayam

Panaskan minyak dalam wajan. Goreng ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

Langkah 3: Membuat Saos

Panaskan sedikit minyak dalam wajan. Tumis bawang bombay dan cabai hingga harum. Tambahkan kecap manis, saus tomat, saus cabai, dan air asam jawa. Aduk rata dan masak hingga saos mengental.

Baca juga:  Cara Membuat Martabak Telur Yang Simple

Langkah 4: Menggoreng Kembali Ayam

Masukkan ayam yang telah digoreng ke dalam saos. Aduk rata hingga ayam terbalut dengan saos. Masak selama beberapa menit hingga saos meresap ke dalam ayam.

Setelah itu, Ayam Goreng Asam Manis Pedas siap disajikan! Hidangan ini dapat menjadi menu makan malam yang sempurna untuk keluarga Anda. Selamat mencoba!

Membuat Ayam Goreng Asam Manis Pedas bisa menjadi alternatif yang lezat dan menggugah selera untuk hidangan sehari-hari. Pertama, siapkan bahan-bahan seperti potongan ayam, bawang merah, bawang putih, cabai merah, saus tomat, saus sambal, gula, garam, dan air jeruk nipis. Panaskan minyak dalam wajan dan tumis bawang merah serta bawang putih sampai harum. Tambahkan cabai merah, saus tomat, saus sambal, gula, garam, dan air jeruk nipis. Aduk rata dan masukkan potongan ayam. Goreng ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan. Sajikan Ayam Goreng Asam Manis Pedas ini dengan nasi putih hangat dan hidangkan kepada keluarga tercinta. Selamat mencoba!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Ayam Goreng Asam Manis Pedas

Apa itu Ayam Goreng Asam Manis Pedas?

Ayam Goreng Asam Manis Pedas adalah hidangan ayam yang digoreng dengan bumbu asam manis pedas yang khas. Hidangan ini memiliki rasa yang gurih, asam, manis, dan pedas yang menyatu dengan sempurna.

Apa saja bahan yang diperlukan?

– 500 gram ayam, potong menjadi beberapa bagian
– 2 sendok makan saus tomat
– 1 sendok makan saus sambal
– 2 sendok makan kecap manis
– 1 sendok makan saus tiram
– 2 sendok makan air jeruk nipis
– 3 sendok makan gula merah, serut
– 3 siung bawang putih, cincang halus
– 5 buah cabai merah, iris serong
– Minyak goreng secukupnya
– Garam secukupnya

Bagaimana cara membuat Ayam Goreng Asam Manis Pedas?

1. Lumuri potongan ayam dengan garam dan air jeruk nipis, diamkan selama 15 menit.
2. Panaskan minyak dalam wajan, goreng ayam hingga matang dan berwarna kecokelatan. Tiriskan.
3. Tumis bawang putih hingga harum, tambahkan cabai merah, aduk rata.
4. Masukkan saus tomat, saus sambal, kecap manis, saus tiram, dan gula merah. Aduk hingga gula merah larut.
5. Tambahkan potongan ayam yang sudah digoreng ke dalam wajan, aduk rata dengan bumbu. Masak hingga bumbu meresap dan mengental.
6. Angkat dan hidangkan Ayam Goreng Asam Manis Pedas bersama nasi putih.

Baca juga:  Cara Membuat Es Doger Kelapa Muda

Bagaimana cara mengatur tingkat kepedasan Ayam Goreng Asam Manis Pedas?

Anda dapat menyesuaikan tingkat kepedasan Ayam Goreng Asam Manis Pedas dengan jumlah cabai yang digunakan. Jika Anda ingin lebih pedas, tambahkan lebih banyak cabai merah ke dalam hidangan.

Kapan waktu yang tepat untuk menyajikan Ayam Goreng Asam Manis Pedas?

Ayam Goreng Asam Manis Pedas dapat disajikan sebagai hidangan utama dalam makan siang atau makan malam bersama dengan nasi putih. Hidangan ini juga cocok disajikan saat acara spesial atau saat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman.

Apakah Ayam Goreng Asam Manis Pedas dapat disimpan?

Ya, Anda dapat menyimpan Ayam Goreng Asam Manis Pedas dalam wadah kedap udara di dalam lemari pendingin. Hidangan ini dapat bertahan selama 2-3 hari. Jangan lupa untuk menghangatkan sebelum disajikan kembali.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *