Cara Membuat Ayam Goreng Ala Korea

Siapa yang tidak suka ayam goreng? Terlebih lagi jika ayam goreng yang dimaksud adalah versi ala Korea yang terkenal dengan rasa gurih dan renyahnya. Tidak perlu khawatir, karena di sini kami akan berbagi dengan Anda cara membuat ayam goreng ala Korea yang mudah dan sederhana. Dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur Anda, Anda dapat menikmati hidangan yang lezat ini kapan saja. Yuk, simak langkah-langkahnya berikut ini!

Cara Membuat Ayam Goreng Ala Korea yang Gurih dan Pedas

Siapa yang tidak suka dengan rasa gurih dan pedas ayam goreng ala Korea? Seiring dengan popularitas K-pop, hidangan khas Korea ini juga semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. Untuk Anda yang ingin mencoba membuatnya sendiri di rumah, berikut ini adalah resep dan cara membuat ayam goreng ala Korea yang simpel dan tak kalah lezat. Siapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan-bahan:

– 500 gram ayam (pilih bagian paha atau dada)
– 4 siung bawang putih, cincang halus
– 2 sendok makan kecap asin
– 1 sendok makan minyak wijen
– 2 sendok makan saus cabai atau gochujang
– 1 sendok teh gula pasir
– 1 sendok teh lada bubuk
– Minyak goreng secukupnya
– Air secukupnya
– Tepung terigu untuk melapisi ayam
– Bumbu penyedap rasa, garam, dan merica secukupnya

Langkah Membuat:

1. Pertama, bersihkan ayam dan potong sesuai selera. Lalu, lumuri ayam dengan bumbu penyedap rasa, garam, dan merica. Biarkan meresap selama 15-30 menit.

2. Setelah itu, celupkan ayam ke dalam tepung terigu hingga merata dan rapat. Pastikan ayam benar-benar terbalut oleh lapisan tepung.

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Pastikan minyak cukup banyak untuk menggoreng ayam secara keseluruhan. Goreng ayam dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan.

4. Sementara itu, siapkan wajan terpisah untuk membuat saus. Tumis bawang putih dengan sedikit minyak sampai harum. Kemudian, tambahkan saus cabai atau gochujang, kecap asin, gula pasir, lada bubuk, dan air secukupnya. Aduk rata dan biarkan saus mendidih.

Baca juga:  Cara Membuat Sop Buah Brainly

5. Setelah ayam matang dan berwarna keemasan, angkat dan tiriskan. Kemudian, masukkan ayam ke dalam saus yang telah mendidih dan aduk hingga terbalut oleh saus merata.

6. Ayam goreng ala Korea siap disajikan! Nikmati ayam goreng ini selagi hangat, karena rasa pedasnya yang begitu menggoda selera. Anda juga dapat menambahkan taburan wijen atau biji wijen sangrai di atasnya untuk memberikan aroma dan rasa yang lebih kaya.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba resep ayam goreng ala Korea di rumah? Yuk, segera ajak keluarga atau teman-teman Anda untuk menikmati hidangan khas Korea yang lezat ini. Selamat mencoba!

Untuk membuat Ayam Goreng Ala Korea yang lezat, pertama-tama, rendam potongan ayam dalam campuran kecap asin, bawang putih cincang, dan jahe parut selama 30 menit. Setelah itu, gulingkan ayam dalam campuran tepung terigu dan tepung beras yang sudah diberi sedikit soda kue dan air soda. Panaskan minyak dalam jumlah yang cukup dalam penggorengan. Goreng ayam hingga kecokelatan dan matang sempurna. Jangan lupa untuk membaliknya agar merata. Setelah ayam matang, tiriskan dan sajikan dengan saus gochujang atau saus yang anda sukai. Selamat menikmati Ayam Goreng Ala Korea yang renyah di lidah!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Membuat Ayam Goreng Ala Korea

1. Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ayam goreng ala Korea?

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain: ayam potong sesuai selera, tepung terigu, tepung maizena, tepung beras, bumbu penyedap, garam, lada, daun bawang, bawang putih, minyak goreng, dan saus gochujang.

2. Bagaimana cara menyiapkan ayam sebelum digoreng?

Ayam potong diiris menggunakan pisau atau dipotong menjadi bagian kecil sesuai selera. Segarkan potongan ayam dengan membilasnya menggunakan air bersih, kemudian tiriskan. Lumuri ayam dengan bumbu penyedap, garam, dan lada, lalu diamkan selama beberapa menit agar bumbu meresap.

3. Bagaimana langkah-langkah dalam menggoreng ayam ala Korea?

– Campurkan tepung terigu, tepung maizena, dan tepung beras dalam satu wadah, lalu tambahkan sedikit garam dan bawang putih yang telah dihaluskan.
– Gulingkan potongan ayam yang telah dibumbui ke dalam campuran tepung hingga merata.
– Panaskan minyak goreng dalam wajan atau penggorengan dengan api sedang.
– Goreng potongan ayam dalam minyak panas hingga berwarna keemasan dan matang sempurna.
– Angkat ayam dari minyak dan tiriskan untuk menghilangkan kelebihan minyak.

Baca juga:  Cara Mengatasi Masakan Yang Kebanyakan Micin

4. Bagaimana cara membuat saus gochujang untuk ayam goreng ala Korea?

– Campurkan gochujang, bawang putih cincang, gula, kecap ikan, minyak wijen, dan sedikit air dalam wadah.
– Aduk rata semua bahan hingga terbentuk saus yang kental dan tercampur dengan baik.
– Cicipi dan sesuai selera, tambahkan gula atau kecap ikan jika diperlukan.

5. Apa yang bisa dijadikan pelengkap saat menyajikan ayam goreng ala Korea?

Ayam goreng ala Korea biasanya disajikan dengan nasi putih dan kimchi sebagai pelengkap. Anda juga dapat menambahkan daun bawang atau wijen sangrai sebagai hiasan untuk memberikan rasa dan tampilan yang lebih menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *