Cara Membersihkan RAM di Android

Cara Membersihkan RAM di Android – Smartphone Android pada dasarnya sama saja dengan perangkat komputer yang mana tersusun dari berbagai macam hardware atau perangkat keras dengan fungsi yang berbeda-beda. Salah satu hardware pada smartphone Android yang sangat penting adalah RAM atau Random Access Memory, perlu diketahui bahwa RAM memiliki fungsi untuk menyimpan data sementara. RAM pada umumnya diukur dengan satuan MB ataupun GB yang mana semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin cepat pula kinerja smartphone.

Saat ini sebagian besar smartphoneberbasis Android memang telah dibekali dengan RAM yang berkapasitas besar,namun demikian seiring dengan waktu pemakaian, kinerja smartphone Androidterasa semakin lambat. Hal yang satu ini sebenarnya sangatlah wajar karenaseiring dengan waktu, RAM yang ada pada smartphone akan semakin penuh. Selainmenyebabkan kinerja menjadi lambat, RAM yang penuh juga bisa menyebabkanmasalah lainnya yang sangat mengganggu. Anda tak perlu khawatir karena berikutini akan kami ulas beberapa cara untuk membersihkan RAM di Android.

Cara Membersihkan RAM di Android

1. Cek Penggunaan Memori

Cara pertama yang harus Anda lakukan untuk membersihkan RAM pada perangkat Android yakni dengan mengecek penggunaan memori. Untuk melakukannya sangatlah mudah di mana Anda bisa masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih memori maka akan muncul semua aplikasi yang sedang berjalan. Selain itu Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengecek penggunaan memori.

2. Hapus Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Hal kedua yang juga bisa Anda lakukan untuk membersihkan RAM adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak lagi digunakan. Seperti yang Anda ketahui bahwa aplikasi-aplikasi yang sudah tidak pernah digunakan hanya akan memenuhi memori sehingga tentu saja akan bisa mengganggu kinerja Android, alangkah baiknya apabila Anda menghapus aplikasi-aplikasi tersebut.

3. Kurangi Aplikasi Chat

Apabila Anda menggunakan banyak aplikasi chat yang terinstal di Android, maka alangkah baiknya jika Anda mengurangi aplikasi chat tersebut. Hal yang satu ini sangat penting untuk dilakukan karena sebagian aplikasi chat biasanya akan membebani kinerja Android melalui berbagai notifikasi yang muncul, oleh karena itulah Anda sebaiknya hanya menggunakan satu saja aplikasi chat.

4. Matikan Animasi dan Efek Transisi

Cara keempat yang juga bisa Anda lakukan adalah mematikan atau menonaktifkan animasi dan juga efek transisi yang ditampilkan pada layar smartphone Android. Meskipun animasi dan efek transisi akan mampu membuat tampilan layar menjadi lebih menarik dan tidak membosankan, tetapi animasi dan efek transisi akan membebani kinerja RAM yang membuat Android menjadi lambat.

5. Mengurangi Penggunaan Widget

Selain keempat cara yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga bisa mengurangi penggunaan widget yang ada di layar utama. Smartphone Android memang menawarkan berbagai macam pilihan widget yang sangat beragam sehingga membuat Anda tergoda untuk menggunakan banyak widget, padahal penggunaan widget yang terlalu banyak akan bisa memberatkan kinerja RAM.

Bagi Anda yang merasakan kinerja Android menjadi lambat, maka Anda bisa membersihkan RAM dengan beberapa cara di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *