Cara Membersihkan File Yang Sulit Dihapus di Android

4 Cara Membersihkan File Yang Sulit Dihapus di Android –Beberapajenis file biasanya akan sulit dihapus. Hal ini bisa disebabkan karena beberapafaktor. Mulai dari file yang corrupt, tidak tersedianya akses untuk menghapus,hingga file yang terindikasi terjangkit virus. Hal ini tentu sangat merepotkan.Terlebih jika filenya cukup banyak. Sementara memori penyimpanannya penuh. Olehsebab itu, anda mesti membersihkan file tersebut secepat mungkin. Caramembersihkannya pun terbilang mudah. anda bisa menggunakan aplikasi tambahan,cara manual, sampai menggunakan fitur bawaan.

Jika file tersebut terus ada dipenyimpanan, dikhawatirkan smartphone akan mengalami lag bahkan tidak mampulagi menyimpan data lebih banyak. Selain itu, anda akan sulit mengefisienkan penggunaanmemori penyimpanan. Dengan melakukan beberapa cara secara runtut, anda pun bisatahu secara pasti penyebab sesungguhnya masalah file yang sulit dihapus. Nah,jika anda penasaran apa saja cara selengkapnya untuk membersihkan filetersebut, berikut ulasan lebih lengkapnya.

Cara Membersihkan File Yang Sulit Dihapus

1. Menggunakan Aplikasi SDCard Cleaner

Biasanya file yang sulit dihapus disebabkan oleh masalah corrupt. Sdcard yang mengalami penurunan peforma membuat beberapa file tidak bisa dihapus. Oleh sebab itu aplikasi SDCard Cleaner bisa menjadi solusi anda. Pertama buka aplikasi kemudian tap tombol start dan tunggu sampai aplikasi melakukan scanning file. Kemudian aplikasi akan menampilkan hasil scanning. Klik ikon tempat sampah untuk menghapus file yang tidak penting. Tekan OK jika nantinya muncul peringatan. Ulangi langkah tersebut sampai semua file terhapus.

2. Menggunakan Fitur Pembersih Bawaan Android

Smartphone tipe terbaru sekarang umumnya dibekali dengan fitur cleaner. Fitur tersebut berfungsi untuk mencari file sampah atau tumpukan cache pada smartphone. Untuk letak fiturnya tergantung merk smartphonenya. Cobalah masuk ke menu Pengaturan kemudian cari Penyimpanan. Disana sudah ada fitur cleaner untuk men-delete berkas yang tidak berguna. Jika smartphone anda versi terbaru, cobalah cari fitur tersebut untuk mengatasi masalah satu ini.

3. Menggunakan PC

Jika tidak memiliki fitur pembersih bawaan, cobalah gunakan PC dan kabel data. Jika data ada di SD Card, cobalah gunakan Card Reader. Terkadang perangkat android tidak memiliki akses untuk menghapus file layaknya PC. Hubungkan smartphone dan cari data yang sulit dihapus. Hapus secara permanen menggunakan laptop. Lakukan sampai semua data yang anda inginkan terhapus. Anda pun bisa melakukan setting penyimpanan dan pembagian folder lebih mudah jika menggunakan bantuan PC.

4. Buat Backup dan Format

Jika cara diatas belum berhasil, maka cobalah buat backupnya terlebih dulu. Pastikan semua data penting anda sudah dibackup. Anda bisa menggunakan aplikasi backup atau melakukan penyimpanan cadangan secara online. Lakukan format memori penyimpanan dari HP atau PC. Setelah penyimpanan ter-format, anda bisa memindahkan backup data penting ke smartphone. File yang sulit dihapus pun akan bersih setelah memori penyimpanan diformat.

Demikian beberapa cara membersihkan file yang sulit dihapus di perangkat android. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *