Cara Memasang Wallpaper Dinding Yang Belum Diplester

Memasang wallpaper dinding dapat menjadi cara yang cepat dan murah untuk mengubah tampilan ruangan Anda. Namun, masalahnya sering muncul ketika dinding yang akan ditempeli belum diplester secara menyeluruh. Jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan membagikan tips dan trik kepada Anda tentang cara memasang wallpaper dinding yang belum diplester dengan hasil yang memukau. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda dapat dengan mudah menciptakan ruangan yang indah dan menarik tanpa harus repot memplester terlebih dahulu. Yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Memasang Wallpaper Dinding yang Belum Diplester

Pilihan Wallpaper yang Tepat

Memilih jenis wallpaper yang tepat sangat penting untuk memastikan pemasangan yang sukses pada dinding yang belum diplester. Pilihlah wallpaper dengan kualitas yang baik dan mudah menempel pada permukaan yang halus. Ada beberapa jenis wallpaper yang dapat digunakan, antara lain vinyl, non-woven, dan paper-backed vinyl. Pastikan juga ukuran wallpaper yang dipilih sesuai dengan ukuran dinding yang akan dihiasi.

Persiapan Dinding yang Belum Diplester

Sebelum memasang wallpaper, pastikan permukaan dinding yang belum diplester dalam kondisi yang baik. Bersihkan dinding dari debu dan kotoran yang mungkin ada. Jika terdapat bekas cat atau noda yang sulit dihapus, sebaiknya gosok secara perlahan menggunakan amplas halus untuk membuat permukaan dinding menjadi lebih halus dan rata.

Primer atau Pengisi Retak Dinding

Jika terdapat retakan atau permukaan yang tidak rata pada dinding yang belum diplester, langkah selanjutnya adalah menggunakan primer atau pengisi retak dinding. Primer atau pengisi retak dinding ini berguna untuk meratakan dan mengisi permukaan yang tidak rata sehingga wallpaper dapat menempel dengan baik. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan primer atau pengisi retak dinding yang digunakan.

Pemasangan Wallpaper dengan Lurik Ganda

Pilih metode pemasangan wallpaper dengan lurik ganda agar hasilnya lebih rapi dan tahan lama. Pertama, potong wallpaper sesuai ukuran dinding dengan menggunakan cutter. Kemudian, olesi permukaan wallpaper dengan lem khusus wallpaper. Rapatkan bagian paling atas wallpaper dengan sudut dinding dan mulai tarik ke bawah dengan hati-hati sambil menempel dengan lembut. Pastikan tidak ada gelembung udara yang terperangkap di dalamnya.

Baca juga:  Cara Menghilangkan Laron Tanpa Mematikan Lampu

Finishing dan Perawatan Wallpaper

Setelah semua wallpaper terpasang dengan rapi, pastikan untuk melakukan finishing dengan menggunakan spatula khusus wallpaper. Gosok permukaan wallpaper secara perlahan dari atas ke bawah untuk menghilangkan gelembung udara dan memastikan wallpaper menempel dengan baik. Jika terdapat sisa lem pada permukaan wallpaper, segera lap dengan kain yang lembut dan basah. Jaga kebersihan wallpaper dengan menghindarkan dari debu dan kotoran yang dapat merusak permukaannya.

Memasang wallpaper dinding yang belum diplester tidaklah sulit jika Anda mengikuti beberapa langkah yang benar. Pertama, pastikan dinding bersih dari kotoran, debu, atau tumpukan cat yang rusak. Kemudian, gunakan primer untuk mengisi permukaan dinding yang tidak rata dan membuat wallpaper melekat dengan sempurna. Setelah itu, potong wallpaper sesuai ukuran dinding dengan hati-hati dan jangan lupa untuk meninggalkan beberapa sentimeter ekstra di setiap sisinya. Setelah itu, aplikasikan lem wallpaper secara merata ke permukaan dinding dan segera tempelkan wallpaper dengan hati-hati, mulai dari bagian atas hingga ke bawah. Gunakan spatula untuk menghaluskan permukaan dan menghilangkan gelembung udara yang mungkin terbentuk. Terakhir, biarkan wallpaper kering sepenuhnya sebelum menghapus bagian yang berlebihan dengan pisau cutter. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat memasang wallpaper dinding yang belum diplester dengan hasil yang memuaskan.

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Memasang Wallpaper Dinding Yang Belum Diplester

1. Apakah mungkin memasang wallpaper langsung di dinding yang belum diplester?

Jawaban: Tidak, dinding yang belum diplester sebaiknya tidak langsung dipasangi wallpaper. Proses pemasangan wallpaper yang baik dan tahan lama membutuhkan permukaan yang rata dan halus, yang dapat dihasilkan dengan pengapuran atau pengacian dinding terlebih dahulu.

2. Bagaimana langkah-langkah untuk memasang wallpaper di dinding yang belum diplester?

Jawaban: Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
– Bersihkan dinding dari debu dan kotoran menggunakan sikat dan penghapus.
– Dekatkan wallpaper yang akan dipasang ke dinding untuk mengukur ukuran yang dibutuhkan.
– Gunting dan potong wallpaper sesuai dengan ukuran yang diukur.
– Oleskan lem wallpaper ke bagian belakang wallpaper dan biarkan sebentar agar lem meresap.
– Tempelkan wallpaper mulai dari bagian atas dinding dan ratakan ke bawah dengan pel.
– Hindari terbentuknya gelembung udara dengan menggunakan penghalus udara.

Baca juga:  Cara Mengatasi Pipa Radiator Bocor

3. Apakah ada cara lain untuk memasang wallpaper di dinding yang belum diplester?

Jawaban: Ya, selain pengapuran atau pengacian, ada metode lain yang dapat digunakan untuk memasang wallpaper di dinding yang belum diplester. Salah satunya adalah dengan menggunakan double tape khusus wallpaper, yang dapat menempel wallpaper dengan mudah dan tidak merusak dinding.

4. Apakah ada keuntungan memplester dinding sebelum memasang wallpaper?

Jawaban: Ya, memplester dinding sebelum memasang wallpaper memiliki beberapa keuntungan, antara lain:
– Dinding yang sudah diplester memiliki permukaan yang rata dan halus sehingga wallpaper dapat menempel dengan baik.
– Plesteran dapat memperkuat dan melindungi dinding, sehingga wallpaper akan lebih tahan lama.
– Dinding yang diplester dapat mengurangi kemungkinan munculnya jamur atau kelembaban pada permukaan wallpaper.

5. Bagaimana cara melakukan pengapuran atau pengacian dinding?

Jawaban: Untuk melakukan pengapuran atau pengacian dinding, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
– Bersihkan dinding dari debu dan kotoran menggunakan sikat dan penghapus.
– Campurkan bubuk kapur dengan air hingga membentuk pasta yang kental.
– Oleskan pasta kapur ke dinding menggunakan kuas secara merata.
– Tunggu hingga lapisan kapur mengering dan mengeras sebelum memasang wallpaper.
– Jika ingin mengacian dinding, tambahkan sedikit semen ke dalam pasta kapur sebelum mengoleskannya ke dinding.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *