Cara Memasak Ikan Tenggiri Kuah Kuning

Bosan dengan olahan ikan yang itu-itu saja? Yuk, coba masak ikan tenggiri kuah kuning yang lezat dan menggugah selera! Dengan perpaduan bumbu-bumbu khas Indonesia, ikan tenggiri tersebut akan terasa begitu sempurna dengan kuah kuning yang kental dan beraroma sedap. Tidak hanya nikmat untuk disantap, tapi juga cantik dipandang. Jadi, jangan ragu untuk mencoba resep ini dan rasakan sensasi cita rasa yang tiada duanya!

Cara Memasak Ikan Tenggiri Kuah Kuning yang Lezat dan Menggugah Selera

Ikan tenggiri merupakan salah satu jenis ikan yang memiliki rasa yang lezat dan banyak dipilih oleh para pecinta kuliner. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memasak ikan tenggiri adalah dengan membuat kuah kuning yang sedap dan menggugah selera. Berikut ini adalah cara memasak ikan tenggiri kuah kuning yang dapat membuat lidah anda bergoyang.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memasak, pastikan anda sudah menyiapkan seluruh bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ikan tenggiri kuah kuning antara lain:

  • 2 ekor ikan tenggiri segar
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 2 buah bawang merah, haluskan
  • 1 ruas jari kunyit, parut
  • 1 ruas jari jahe, iris tipis
  • 2 batang serai, memarkan
  • 4 lembar daun jeruk, sobek-sobek
  • 2 sdm minyak sayur
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Langkah-langkah Memasak Ikan Tenggiri Kuah Kuning

Setelah semua bahan tersedia, berikut ini adalah langkah-langkah memasak ikan tenggiri kuah kuning yang dapat anda ikuti:

  1. Pertama-tama, cuci bersih ikan tenggiri dan potong-potong sesuai selera. Lumuri ikan dengan garam dan diamkan selama 15 menit.
  2. Panaskan minyak sayur dalam wajan dan tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  3. Tambahkan kunyit parut dan iris tipis jahe ke dalam wajan. Aduk rata sebentar.
  4. Masukkan potongan ikan tenggiri dan aduk hingga rata. Tambahkan sedikit air dan masak selama beberapa menit hingga ikan matang.
  5. Tuang air secukupnya ke dalam wajan. Pastikan ikan tenggiri terendam air. Masukkan serai yang sudah dimemarkan dan daun jeruk. Masak hingga mendidih.
  6. Tambahkan garam secukupnya untuk memberi rasa pada kuah. Aduk rata dan masak hingga ikan tenggiri benar-benar matang.
  7. Setelah matang, angkat ikan tenggiri kuah kuning dari wajan dan sajikan hangat bersama nasi putih.
Baca juga:  Cara Membuat Ayam Goreng Rica-rica

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, anda dapat membuat ikan tenggiri kuah kuning yang lezat dan menggugah selera. Rasa ikan yang khas dan aroma kuah kuning yang harum akan memanjakan lidah anda. Selamat mencoba dan nikmati sajian ikan tenggiri kuah kuning ini bersama keluarga tercinta!

Sebagai seorang praktisi, saya ingin berbagi Cara Memasak Ikan Tenggiri Kuah Kuning yang mudah dan nikmat. Pertama, siapkan bahan-bahan seperti ikan tenggiri segar, bumbu rempah seperti kunyit, jahe, dan bawang merah. Kemudian, haluskan bumbu-bumbu tersebut dan tumis dengan sedikit minyak sampai harum. Setelah itu, masukkan ikan tenggiri yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian ke dalam tumisan bumbu. Tambahkan air secukupnya dan didihkan hingga ikan matang sempurna. Sajikan hangat dengan taburan bawang merah goreng dan daun seledri cincang sebagai hiasan. Selamat menikmati masakan istimewa ini bersama keluarga tercinta!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Memasak Ikan Tenggiri Kuah Kuning

1. Apa yang dibutuhkan untuk membuat ikan tenggiri kuah kuning?

Ikan tenggiri kuah kuning umumnya membutuhkan bahan-bahan seperti ikan tenggiri, bumbu-bumbu seperti kunyit, serai, jahe, bawang merah, bawang putih, dan cabai rawit. Juga membutuhkan air, santan, garam, dan minyak untuk memasak.

2. Apa langkah pertama dalam memasak ikan tenggiri kuah kuning?

Langkah pertama dalam memasak ikan tenggiri kuah kuning adalah menggoreng ikan tenggiri hingga kecokelatan. Setelah itu, angkat ikan dan sisihkan.

3. Bagaimana cara membuat kuah kuning untuk ikan tenggiri?

Untuk membuat kuah kuning, tumis bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, jahe, dan serai hingga harum. Tambahkan kunyit dan cabai rawit yang sudah dihaluskan, aduk rata. Kemudian, tuangkan santan dan air. Masak hingga mendidih dan kuah kuning terbentuk.

4. Bagaimana cara memasak ikan tenggiri dalam kuah kuning?

Setelah kuah kuning terbentuk, masukkan ikan tenggiri yang sudah digoreng ke dalam kuah. Biarkan ikan tenggiri matang dalam kuah kuning tersebut selama beberapa menit. Pastikan ikan tenggiri benar-benar matang dan meresap dengan rasa kuah kuning.

Baca juga:  Cara Buat Kue Untuk Hajatan

5. Bagaimana cara menyajikan ikan tenggiri kuah kuning?

Ikan tenggiri kuah kuning dapat disajikan dengan nasi putih hangat. Anda juga dapat menambahkan sayuran seperti irisan tomat, daun bawang, atau daun seledri sebagai hiasan di atas ikan tenggiri dan kuah kuningnya. Nikmati ikan tenggiri kuah kuning yang lezat dan hangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *