Cara Memasak Ikan Kembung Bumbu Kuning Kuah

Siapa yang tidak suka dengan ikan kembung bumbu kuning kuah yang lezat dan menggugah selera? Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan proses memasak yang sederhana, Anda juga bisa menyajikan hidangan istimewa ini di meja makan keluarga. Ikan kembung yang lembut dipadukan dengan kuah kuning yang gurih dan aromatik, membuat siapa pun yang mencicipinya pasti akan terkesan. Yuk, simak cara memasak ikan kembung bumbu kuning kuah yang praktis ini dan nikmati kelezatannya!

Cara Memasak Ikan Kembung Bumbu Kuning Kuah

Siapkan peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat hidangan yang lezat ini. Ikan kembung dengan bumbu kuning kuah adalah salah satu hidangan tradisional Indonesia yang tidak hanya lezat, tetapi juga mudah disiapkan di rumah. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuatnya sendiri:

1. Persiapan ikan kembung

Langkah pertama adalah mempersiapkan ikan kembung yang akan digunakan. Bersihkan dan cuci ikan kembung dengan air bersih, kemudian lumuri dengan perasan jeruk nipis dan garam. Diamkan selama sekitar 10 menit agar ikan menjadi lebih segar dan bersih.

2. Membuat bumbu kuning

Setelah ikan disiapkan, langkah berikutnya adalah membuat bumbu kuning. Campurkan bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, dan garam dalam penggiling atau blender. Haluskan bumbu tersebut hingga membentuk pasta yang homogen.

3. Memasak ikan

Setelah bumbu kuning siap, panaskan minyak dalam wajan. Tumis bumbu kuning hingga harum dan kecokelatan. Setelah itu, masukkan ikan kembung yang sudah dipersiapkan. Goreng ikan hingga kedua sisinya berubah menjadi kecokelatan. Angkat ikan dan tiriskan dari minyak.

4. Membuat kuah kuning

Setelah ikan matang, rebus air dalam panci dan tambahkan bumbu kuning yang telah ditumis. Aduk perlahan hingga bumbu tercampur rata dengan air. Tambahkan daun salam, serai, jahe, dan gula merah ke dalam kuah kuning. Biarkan kuah mendidih dan perlahan masukkan ikan kembung yang sudah digoreng tadi ke dalam kuah. Masak hingga kuah mengental dan bumbu meresap ke dalam ikan. Angkat dari api dan hidangkan dengan nasi putih.

Baca juga:  Cara Goreng Lele Agar Tidak Lengket

Demikianlah cara memasak ikan kembung bumbu kuning kuah yang lezat dan mudah. Resep ini dapat menjadi hidangan favorit keluarga anda dan menjadi pilihan istimewa dalam acara makan bersama. Nikmati dan selamat mencoba!

Sebagai seorang praktisi, saya ingin berbagi cara memasak ikan kembung bumbu kuning kuah yang lezat dan mudah. Pertama, bersihkan ikan kembung dengan baik dan lumuri dengan air jeruk nipis selama beberapa menit untuk menghilangkan bau amisnya. Kemudian, siapkan bumbu kuning dengan menumis bawang merah, bawang putih, lengkuas, dan daun jeruk hingga harum. Tambahkan kunyit, kemiri, garam, dan gula. Setelah itu, masukkan ikan kembung ke dalam bumbu dan tambahkan air secukupnya. Rebus hingga ikan matang dan kuah mengental. Sajikan ikan kembung bumbu kuning kuah bersama nasi hangat dan lalapan segar. Selamat mencoba dan selamat menikmati hidangan lezat ini!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Memasak Ikan Kembung Bumbu Kuning Kuah

1. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ikan kembung bumbu kuning kuah?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat ikan kembung bumbu kuning kuah adalah:
– 2 ekor ikan kembung segar
– 2 lembar daun salam
– 2 batang serai, memarkan
– 4 buah cabai merah, iris tipis
– 3 siung bawang putih, cincang
– 3 cm kunyit, parut halus
– 2 cm jahe, iris tipis
– 1 buah tomat, potong dadu
– 1 sendok makan air asam jawa
– Garam secukupnya
– Gula secukupnya
– Air secukupnya
– Minyak untuk menumis

2. Bagaimana langkah-langkah memasak ikan kembung bumbu kuning kuah?

Berikut langkah-langkah memasak ikan kembung bumbu kuning kuah:
– Bersihkan ikan kembung, lumuri dengan air jeruk nipis, dan diamkan selama 10 menit.
– Panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih, daun salam, serai, cabai merah, kunyit, dan jahe hingga harum.
– Masukkan ikan kembung ke dalam wajan, aduk rata dengan bumbu. Tambahkan air secukupnya, garam, dan gula sesuai selera.
– Masak ikan dengan api kecil hingga matang dan kuah mengental.
– Setelah matang, tambahkan potongan tomat dan air asam jawa. Aduk rata dan masak sebentar hingga tomat sedikit layu.
– Angkat ikan kembung bumbu kuning kuah dari wajan dan sajikan selagi hangat.

Baca juga:  Cara Membuat dan Resep Masakan Sosok Dalle Toraja Khas Sulawesi Selatan

3. Bagaimana cara memilih ikan kembung yang segar?

Untuk memilih ikan kembung yang segar, perhatikan hal berikut:
– Periksa mata ikan, mata harus jernih dan tidak keruh.
– Perhatikan insang, insang ikan harus berwarna merah segar dan tidak bau amis.
– Sentuh bagian daging ikan, harus kenyal dan tidak lengket.
– Periksa kulit ikan, tidak boleh ada noda atau bercak hitam.

4. Apakah ikan kembung cocok untuk dimasak dengan bumbu kuning kuah?

Ikan kembung cocok untuk dimasak dengan bumbu kuning kuah. Tekstur daging ikan kembung yang lembut dan rasanya yang gurih sangat cocok dengan bumbu kuning kuah yang memiliki cita rasa rempah-rempah. Bumbu kuning kuah dapat memberikan aroma dan kelezatan yang khas pada ikan kembung.

5. Apa saja penyajian yang cocok untuk ikan kembung bumbu kuning kuah?

Ikan kembung bumbu kuning kuah dapat disajikan dengan nasi putih hangat sebagai menu utama. Anda juga dapat menambahkan sayuran rebus seperti wortel, kacang panjang, atau rebung untuk menambah variasi dan gizi dalam hidangan ini. Tambahkan sedikit irisan cabai rawit jika Anda menyukai hidangan yang pedas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *