Cara Masak Telur Kuah Kuning

Telur adalah salah satu bahan makanan yang sering digunakan dalam berbagai hidangan. Salah satu cara mengolah telur yang tidak kalah menarik adalah dengan membuat Telur Kuah Kuning. Tidak perlu waktu lama dan bahan-bahan yang rumit, hidangan ini dapat dengan mudah dihadirkan di meja makan Anda. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai dan temukan cara masak telur kuah kuning yang lezat!

Cara Masak Telur Kuah Kuning

1. Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses memasak, pastikan memiliki semua bahan yang diperlukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat telur kuah kuning antara lain:

  1. 4 butir telur
  2. 1 buah bawang bombay, cincang halus
  3. 3 siung bawang putih, cincang halus
  4. 2 cm jahe, parut
  5. 2 batang serai, ambil bagian putihnya, memarkan
  6. 2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
  7. 1 liter air kaldu ayam
  8. 1 sendok makan minyak wijen
  9. Garam secukupnya
  10. Lada secukupnya
  11. Daun seledri atau daun bawang, diiris halus untuk taburan

2. Langkah Pertama: Membuat Telur Rebus

Langkah pertama adalah merebus telur hingga matang sempurna. Cara ini bertujuan agar telur dapat dibuat kuning dengan cara dipotong-potong pada saat tahap berikutnya. Rebus telur dalam air mendidih selama kurang lebih 8-12 menit hingga matang. Setelah matang, angkat dan tiriskan telur di bawah air dingin agar telur mudah dikupas. Setelah itu, potong menjadi dua bagian memanjang.

3. Langkah Kedua: Menyiapkan Bumbu Dasar

Saat telur sedang direbus, siapkan bumbu dasar untuk kuah kuning. Panaskan minyak wijen dalam wajan di atas api sedang. Tumis bawang bombay, bawang putih, jahe, serai, dan daun jeruk hingga harum.

4. Langkah Ketiga: Membuat Kuah Kuning

Selanjutnya, tuangkan air kaldu ayam ke dalam wajan yang berisi bumbu tumis. Masak hingga mendidih. Setelah itu, masukkan telur rebus yang sudah dipotong menjadi dua. Tambahkan garam dan lada secukupnya, lalu aduk rata. Biarkan kuah mendidih selama beberapa menit agar bumbu meresap ke dalam telur.

5. Langkah Terakhir: Penyajian

Saat kuah sudah matang, angkat dan tuangkan kuah kuning beserta telur ke dalam mangkuk saji. Taburi dengan irisan daun seledri atau daun bawang. Telur kuah kuning siap disajikan bersama dengan nasi putih hangat sebagai lauk pendamping. Selamat menikmati!

Baca juga:  Cara Membuat Martabak Telur Mie Instan

Selamat mencoba resep telur kuah kuning yang lezat ini! Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti telur, bumbu-bumbu, dan bahan pelengkap lainnya. Kemudian, panaskan minyak dalam wajan dan tumis bumbu hingga harum. Selanjutnya, masukkan telur dan aduk rata hingga tercampur dengan bumbu. Setelah itu, tuangkan air secukupnya dan biarkan kuah telur mendidih. Jangan lupa tambahkan garam dan merica sesuai selera. Setelah kuah mengental, sajikan telur kuah kuning hangat dengan nasi putih dan pelengkap favoritmu. Selamat mencoba dan selamat menikmati!

Pertanyaan dan Jawaban Mengenai Cara Masak Telur Kuah Kuning

Apa itu telur kuah kuning?

Telur kuah kuning adalah hidangan telur yang dimasak dengan campuran kuah kuning yang kaya rasa dengan aroma rempah-rempah.

Apa bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat telur kuah kuning?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat telur kuah kuning antara lain telur, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, serai, daun salam, santan, garam, dan gula.

Bagaimana cara membuat kuah kuning untuk telur kuah kuning?

Untuk membuat kuah kuning, tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Kemudian tambahkan kunyit, jahe, serai, dan daun salam. Aduk rata dan masak hingga matang. Tambahkan santan, garam, dan gula secukupnya. Aduk rata dan biarkan kuah mendidih.

Bagaimana cara memasak telur untuk telur kuah kuning?

Rebus telur hingga matang, lalu kupas kulitnya. Setelah itu, belah telur menjadi dua bagian.

Bagaimana cara menyajikan telur kuah kuning?

Tuangkan kuah kuning ke dalam piring saji. Letakkan telur rebus yang sudah dibelah di atas kuah, dan hidangkan selagi hangat.

Bisakah menambahkan sayuran atau protein lain ke dalam telur kuah kuning?

Tentu saja! Anda bisa menambahkan sayuran seperti kacang panjang atau labu siam yang sudah dipotong-potong ke dalam kuah kuning. Anda juga bisa menambahkan protein seperti ayam atau udang sebagai pelengkap hidangan.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat telur kuah kuning?

Biasanya, waktu yang dibutuhkan untuk membuat telur kuah kuning sekitar 30-45 menit, tergantung pada keahlian dan pengalaman dalam memasak.

Baca juga:  Cara Membuat Martabak Telur Indomie

Apa saja variasi telur kuah kuning yang bisa dicoba?

Anda bisa mencoba variasi telur kuah kuning dengan menambahkan bahan-bahan tambahan seperti kentang, tahu, tempe, atau bahan lain sesuai selera Anda. Anda juga dapat menambahkan rempah-rempah seperti lada atau cabai rawit untuk memberikan rasa pedas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *